Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Norma Sosial Berdasarkan Fungsinya dalam Masyarakat

Sponsors Link

Norma sosial merupakan suatu konsep atau istilah yang tidak asing lagi dalam ilmu sosial atau ilmu sosiologi, dimana norma sosial sangat berguna dan berpengaruh dalam perkembangan kehidupan masyarakat. Mempelajari norma sosial memang penting, karena kodrat  manusia sendiri sebagai seorang makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan serta bergantung satu sama lain dalam upaya memenuhi segala kebutuhan hidupnya bahkan juga untuk bertahan hidup.

ads

Selain itu, norma sendiri merupakan suatu hal yang terbentuk dari adanya interaksi manusia dengan lingkungannya, dimana biasanya lebih mengarah terhadap pola perilaku atau kelakuan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu, norma sosial berguna untuk mengatur pola perilaku masyarakat agar terhindar daru perilaku yang tidak diharapkan ada di dalam masyarakat tersebut. Selain kegunaannya, norma sosial juga memiliki beberapa ciri-ciri umum. Apa saja ciri-ciri norma sosial dalam suatu lingkungan masyarakat? Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai norma sosial beserta ciri-ciri norma sosial.

Pengertian Norma Sosial

Secara umum norma merupakan suatu pedoman pola perilaku dalam berlangsungnya suatu kehidupan masyarakat. Norma juga diartikan sebagai suatu pedoman atau patokan perilaku yang telah dibenarkan dan dianggap pantas untuk diterapkan dalam berlangsungnya hubungan sosial serta proses interaksi sosial oleh masyarakat. Biasanya norma juga tidak bisa dilepaskan dari adanya suatu nilai sosial, karena keduanya saling berkaitan satu sama lain dan memiliki peran nilai dan norma dalam proses sosialisasi ,walaupun pada dasarnya keduanya berbeda.  Dimana perbedaan keduanya terletak pada adanya sanksi baik hukuman maupun penghargaan bagi mereka yang mematuhi atau melanggar norma yang berlaku, tetapi tidak berlaku dalam nilai sosial.

Norma sosial biasanya juga bersifat memaksa, sehingga seluruh anggota masyarakat mau tidak mau harus mematuhi atau menyesuaikan diri dengan norma-norma yang diberlakukan dalam lingkungannya sejak lama. Norma memang terbentuk secara tidak sengaja atau tidak disadari, namun bersama dengan perkembangannya norma sosial akhirnya dapat dibentuk dan disusun secara sadar oleh masyarakat yang bersangkutan. Norma sosial menyangkut atau berhubungan dengan adanya tata tertib, aturan, contoh pola perilaku yang benar atau petunjuk standar perilaku yang dianggap pantas didalam berlangsungnya kehidupan masyarakat.

Selain pengertian dan penjelasan mengenai norma sosial diatas, beberapa ahli juga memberikan pendapatnya mengenai apa yang disebut sebagai norma. Berikut beberapa diantaranya:

  • John J. Macionis – norma merupakan suatu aturan dan harapan masyarakat dalam upaya untuk memadukan perilaku-perilaku para anggota masyarakat itu sendiri.
  • Robert Mz. Lawang – norma merupakan suatu gambaran mengenai apa yang diharapkan, dianggap baik, serta dianggap penting dan pantas oleh masyarakat, sehingga perlu dihargai sebagaimana mestinya oleh masyarakat yang bersangkutan.
  • Hans Kelsen – norma merupakan suatu perintah yang bersifat tidak personal dan anonim atau tidak diketahui siapa yang membuatnya.
  • Soerjono Soekanto – norma merupakan suatu perangkat yang berguna bagi berlangsungnya hubungan antar masyarakat dengan baik.
  • Iswono Hadi Wijoyo – norma merupakan suatu peraturan atau petunjuk hidup mengenai perbuatan-perbuatan yang boleh dijalan dan yang perlu dihindari.
  • Antony Gidden – norma merupakan suatu prinsip atau aturan yang konkret dimana harus diperhatikan oleh masyarakat yang bersangkutan.

Itulah beberapa pengertian serta penjelasan mengenai norma sosial, dimana dapat disimpulkan bahwa nilai sosial merupakan suatu hal yang dianggap benar dan penting untuk kelangsungan kehidupan masyarakat yang digunakan sebagai suatu patokan atau arah pola tingkah laku bagi para anggota masyarakat itu sendiri. Norma sosial juga memiliki beberapa ciri-ciri umum sebagai kehadirannya didalam kehidupan masyarakat, berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai ciri-ciri norma sosial.

Sponsors Link

Ciri-Ciri Norma Sosial

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa norma sosial pada dasarnya dibentuk secara tidak sadar oleh masyarakat dan juga bersifat memaksa serta terdapat sanksi baik berupa hukuman maupun penghargaan, norma sosial juga memiliki ciri-ciri secara umum sebagai sesuatu yang dianggap penting kehadirannya dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat. Berikut ini beberapa ciri-ciri norma sosial diantaranya:

  1. Norma Sosial Tidak Tertulis

Ciri-ciri norma sosial pertama secara umum adalah bahwa norma sosial pada umumnya tidak tertulis atau lisan, maka norma sosial hanya diingat, dipahami, serta diserap dan dipraktekkan oleh para anggota masyarakat dalam menjalin hubungan sosial atau interaksi sosial dalam lingkungannya. Hal ini juga disebabkan karena norma sosial sendiri pada dasarnya terbentuk secara tidak sengaja, oleh sebab itu wajar jika norma sosial tidak tertulis namun secara langsung dan didasari akan dipatuhi atau diterapkan dalam berlangsungnya kehidupan masyarakat.

Sebagai contoh seperti adat istiadat, tata pergaulan, kebiasaan, pola perilaku yang benar, dan lain sebagainya. Namun ada pula bentuk norma sosial yang tertulis seperti norma hukum, dimana tata tertib atau aturan yang ada didalamnya bersifat tertulis. Selain itu, kaidah-kaidah didalamnya juga telah disepakati oleh masyarakat dan memberikan sanksi yang mengikat bagi seluruh anggota masyarakat.

  1. Norma Sosial Merupakan Hasil Kesepakatan Bersama
ads

Dikarenakan fungsi norma sosial sendiri yang digunakan sebagai suatu patokan atau untuk mengarahkan perilaku para anggota masyarakat ke arah yang dianggap baik dan sesuai, maka norma sosial terbentuk atas dasar kesepakatan bersama seluruh warga masyarakat. Oleh sebab itu, norma sosial yang berlaku dalam suatu lingkungan masyarakat belum tentu berlaku pula dalam lingkungan masyarakat yang lainnya.

Hal ini disebabkan karena norma sosial yang disepakati oleh suatu lingkungan masyarakat tertentu kemudian akan mengarah atau merujuk pada kebudayaan masyarakat itu sendiri yang berhubungan dengan tata perilaku atau kelakuan serta aturan-aturan dalam pergaulan yang berlaku bagi seluruh anggota masyarakat yang bersangkutan. Terlebih lagi bukan hal yang aneh atau baru jika setiap lingkungan masyarakat memiliki kebudayaan mereka sendiri atau kebudayaan yang berbeda-beda,  kondisi ini juga didukung dengan peran nilai sosial didalamnya.

  1. Norma Sosial Bersifat Mengikat

Norma sosial sebagai suatu hasil kesepakatan bersama memiliki sifat mengikat selain sifat memaksa. Artinya bahwa seluruh aturan sosial yang berguna dalam mengarahkan pola perilaku para anggota masyarakat yang bersangkutan serta merupakan sesuatu yang diinginkan bersama harus ditaati dan dilaksanakan dengan sepenuh hati oleh seluruh anggota masyarakat tersebut. Tidak hanya ditaati tetapi juga harus didukung, dikembangkan, dan dijaga keberlangsungannya secara bersama-sama oleh masyarakat yang bersangkutan.

Kondisi tersebut juga bertujuan agar norma sosial yang dibentuk dapat dipahami dan diserap oleh setiap anggota masyarakat dengan baik, sehingga kehidupan masyarakat dapat berjalan sesuai dengan apa yang masyarakat itu sendiri harapkan, seperti terhindar dari berbagai bentuk-bentuk konflik sosial maupun contoh masalah sosial dalam masyarakat.

  1. Norma Sosial Memiliki Sanksi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa norma sosial memiliki sanksi yang berlaku didalamnya, dimana ciri-ciri ini juga merupakan salah satu perbedaan norma dan nilai sosial. Norma sosial memiliki sanksi berarti bahwa setiap pelanggar norma akan mendapatkan sanksi yang tegas sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama. Hal ini juga didorong dengan adanya sifat memaksa didalam norma sosial, artinya bahwa norma sosial memaksa setiap individu didalam suatu lingkungan masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan yang diharapkan atau sesuai dengan kehendak bersama.

Namun tidak hanya sanksi bagi para pelanggar, bagi mereka yang dapat menjalankan norma sosial dengan baik dan benar juga dapat mendapatkan penghargaan seperti pujian, dihormati, dijadikan contoh, dan lain sebagainya. Ini berarti pula bahwa nilai sosial yang berlaku dalam setiap lingkungan masyarakat memiliki daya ikat norma yang kuat.

  1. Norma Sosial Bersifat Fleksibel

Sebagai suatu aturan yang lahir atau terbentuk dari adanya proses hubungan atau interaksi sosial di dalam masyarakat, norma sosial dapat mengalami perubahan sesuai dengan keinginan atau harapan serta kebutuhan dari para anggota masyarakat itu sendiri yang juga dapat berubah-ubah menyesuaikan dengan perubahan waktu. Oleh sebab itu, norma sosial memiliki sifat yang fleksibel atau tidak bersifat statis yang artinya dapat mengalami perubahan.

Norma sosial akan menyesuaikan dengan adanya perubahan sosial, dimana juga ketika keinginan dari masyarakat berubah makan norma sosial akan menyesuaikan didalamnya. Walaupun tidak mengalami perubahan secara menyeluruh namun pasti tetap akan ada yang berubah didalam norma sosial tersebut.

Sponsors Link

Itulah beberapa ciri-ciri norma sosial secara umum yang hadir didalam berlangsungnya kehidupan masyarakat, yang juga membedakan dari ciri-ciri nilai sosial. Dari pengertian dan ciri-ciri norma sosial tersebut pula dapat ditarik suatu fungsi dari norma sosial sendiri bagi kehidupan masyarakat. dimana ada beberapa fungsi norma sosial yang kehadiran memang sangat berguna bagi berlangsungnya kehidupan masyarakat yang sesuai dengan keinginan serta harapan para anggota masyarakat itu sendiri.

Fungsi Norma Sosial

Ada beberapa fungsi dari terbentuknya suatu norma sosial oleh masyarakat, beberapa diantaranya seperti:

  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu penentu untuk menilai perilaku atau pola tingkah laku seseorang didalam hubungannya dengan lingkungan masyarakat yang bersangkutan.
  • Norma sosial mendorong individu, kelompok, maupun masyarakat untuk mencapai suatu nilai sosial bersama karena norma sosial sendiri merupakan suatu kumpulan aturan atau sanksi.
  • Norma sosial berfungsi sebagai suatu patokan dasar yang dipahami dan ditaati oleh para anggota masyarakat mengenai pola tingkah laku atau perilaku yang baik dan benar.
  • Norma sosial tumbuh dan berkembang dalam masyarakat sebagai suatu unsur yang mengikat dan berfungsi untuk mengendalikan perilaku para anggota masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri norma sosial yang hadir dalam kehidupan masyarakat. Yang mana dapat disimpulkan bahwa tanpa norma sosial maka kehidupan masyarakat dapat menjadi tidak teratur karena tidak ada yang mengikat didalamnya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 30th, April 2018 / 09:35 Oleh :
Kategori : Sosiologi