Sponsors Link

5 Ciri-Ciri Utama Negara Industri Baru yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Negara Industri Baru atau juga dikenal dengan sebutan NIC, singkatan dari Newly Industrialized Country, merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan negara-negara dengan tingkat perkembangan ekonomi yang berada diantara negara berkembang dan negara maju. Negara industri baru juga dikenal sebagai ekonomi industrialisasi atau juga negara berkembang yang maju, yang menjadi salah satu ciri-ciri utama suatu negara industri baru. Lalu apa saja ciri-ciri negara industri baru yang lainnya?

ads

Sebelum membahas mengenai ciri-ciri negara industri baru, perlu dipahami terlebih dahulu apa yang disebut dengan istilah negara industri baru. Newly Industrialized Country atau negara industri baru diartikan sebagai negara-negara berkembang yang pada awalnya memiliki struktur ekonomi atau struktur perekonomian yang didominasi oleh sektor pertanian mulai berkembang dan berubah menuju pada struktur perekonomian yang lebih didominasi oleh sektor industri.

Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil ekspor di sektor industri jika dibandingkan dengan hasil ekspor di sektor pertanian. Namun walaupun terjadi peningkatan yang signifikan terhadap hasil ekspor di sektor industri, negara-negara yang termasuk dalam negara industri baru belum bisa menyaingi perekonomian di sektor industri negara-negara maju. Oleh sebab itu, negara industri baru biasa dipahami dalam posisi diantara negara berkembang dan negara maju.

Ciri-Ciri Negara Industri Baru

Istilah negara industri baru sendiri pada awalnya hanya digunakan untuk menyebut empat negara yang berkembang pesat pada tahun 1980 hingga 1990 di Asia, atau yang dikenal dengan sebutan Macan Asia. Keempat negara tersebut adalah Korea Selatan, Taiwan, Singapura, dan Hong Kong, yang mana sekarang negara-negara tersebut sudah tergolong sebagai salah satu contoh negara maju. Sedangkan untuk saat ini, istilah negara industri baru digunakan untuk menyebut negara-negara didunia dengan tingkat perekonomian di bidang industri terus meningkat atau maju secara pesat, sebagai contoh seperti China, Brasil, Mexico, Afrika Selatan, dan negara-negara lainnya.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa negara industri baru merupakan negara-negara yang sistem perekonomiannya berpindah dari berbasis pertanian dan masuk menjadi sistem perekonomian perkotaan yang lebih terindustrialisasi. Lalu apa saja ciri-ciri dari suatu negara industri baru, berikut ini beberapa ciri-ciri negara industri baru secara umum:

  • Berada diantara negara berkembang dan negara maju

Ciri-ciri negara industri baru yang pertama adalah adanya suatu kondisi ekonomi yang berada diantara negara berkembang dan negara maju. Artinya bahwa negara tersebut memiliki tingkat perekonomian yang lebih baik dari negara berkembang namun masih tertinggal jika dibandingkan dengan negara maju, sehingga posisi perekonomiannya dikatakan berada diantara negara berkembang dan negara maju.

Kondisi tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam hal produk domestik bruto per kapita, pendapatan perkapita, sarana dan infrastruktur, serta indeks pengembangan manusia atau HDI yang lebih baik dibandingkan dengan negara berkembang. Walaupun pada kenyataannya masih belum bisa mengimbangi atau bahkan bersaing dengan kondisi perekonomian dan pendapatan para negara maju.

  • Memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi

Negara industri baru juga cenderung memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, bahkan memungkinkan dapat lebih besar atau tinggi dibanding dengan negara maju yang lebih cenderung stagnan. Oleh sebab itu, pertumbuhan ekonomi negara industri baru melampaui pertumbuhan ekonomi negara-negara berkembang dan terus mengejar ketertinggalannya terhadap perekonomian dan pendapatan negara maju.

  • Memiliki sistem perekonomian berorientasi ekspor
Sponsors Link

Seperti yang telah di jelaskan diatas, bahwa salah satu bukti perubahan sistem perekonomian menuju industrialisasi adalah dengan adanya peningkatan pada hasil ekspor di sektor industri. Oleh sebab itu salah satu ciri dari negara industri baru adalah memiliki sistem perekonomian atau aktivitas ekonomi yang lebih cenderung berorientasi ekspor yang juga menjadi salah satu ciri-ciri negara maju.

Terlebih lagi, pertumbuhan ekonomi suatu negara industri juga didasarkan pada aktivitas ekspornya ke negara maju, terutama menyangkut hasil industri manufaktur seperti pakaian, elektronik, produk-produk makanan, dan lain sebagainya.

  • Adanya transisi atau perpindahan dari ekonomi berbasis pertanian menuju ekonomi berbasis industri

Ciri yang satu ini juga telah dijelaskan sebelumnya, bahwa suatu negara industri baru akan mengalami suatu perpindahan aktivitas ekonomi yang awalnya didominasi oleh sektor pertanian menuju sektor industri. Yang mana, peningkatan industri manufaktur membuat suatu negara industri baru berkurang ketergantungan nya pada sektor pertanian, jadi kegiatan perekonomian nya menjadi lebih beragam. Kondisi tersebut juga dapat membantu meningkatkan lapangan pekerjaan baru sehingga dapat membantu dalam upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran.

  • Memiliki tingkat urbanisasi yang tinggi
Sponsors Link

Meningkatnya angka urbanisasi pada negara industri baru disebabkan karena adanya peningkatan industri manufaktur di perkotaan sebagai suatu pusat industri yang menghasilkan munculnya berbagai lapangan pekerjaan baru. Yang mana peningkatan lapangan pekerjaan baru di kota menjadi salah satu faktor pendorong urbanisasi.

Oleh sebab itu, angka urbanisasi atau perpindahan penduduk dari desa ke kota menjadi meningkat semakin tinggi, karena penduduk desa akan memutuskan untuk berpindah ke kota untuk mengadu nasib dalam upaya mencari pekerjaan. Yang mana kondisi tersebut di dukung dengan berbagai macam kegiatan ekonomi di bidang industri yang terus bermunculan sebagai suatu negara industri baru.

Demikian beberapa penjelasan mengenai ciri-ciri negara industri baru, dimana dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri utama suatu negara industri baru adalah adanya suatu transisi dari ekonomi berbasis pertanian menuju ekonomi berbasis industri. Yang mana dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil ekspor di sektor industri, dan dengan peningkatan ekspor hasil industri ke negara maju sebagai suatu usaha negara berkembang untuk menjadi negara maju. Oleh sebab itu disimpulkan juga bahwa suatu negara industri baru memiliki posisi diantar negara berkembang dan negara maju. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 12th, April 2018 / 04:39 Oleh :
Kategori : Ekonomi