Sponsors Link

16 Ciri-ciri Modernisasi yang Berjalan Baik pada Negara

Sponsors Link

Modernisasi adalah sebuah proses yang tidak dapat dihindari oleh sebuah negara. Untuk dapat bertahan dari derasnya arus perubahan sebagai penyebab modernisasi, negara harus dapat menjalankan proses modernisasi dengan baik. Proses modernisasi merupakan sebuah proses memajukan masyarakat dengan mengubah sistem tradisional menjadi sistem yang lebih modern dan lebih maju. Proses modernisasi menunjukkan bahwa suatu negara siap untuk berhadapan dan berkompetisi dengan negara lain.

ads

Negara yang menjalankan proses modernisasi adalah negara yang sudah siap menjadi sebuah negara yang maju dan memenuhi syarat modernisasi. Saat ini, sudah banyak negara yang menjalankan proses modernisasi. Misalnya adalah contoh modernisasi Indonesia. Proses modernisasi ini tidak akan pernah selesai karena perubahan terus terjadi dan teknologi terus semakin berkembang. Namun, kita dapat melihat ciri-ciri modernisasi yang dialami oleh sebuah negara. Berikut ciri-ciri modernisasi yang berjalan baik pada suatu negara.

  1. Terdapat interaksi sosial yang lebih maju menggunakan teknologi, sehingga tidak terbatas pada waktu dan jarak seperti contoh modernisasi dalam masyarakat.
  2. Penggunaan teknologi dalam berbagai bidang di dalam kehidupan bernegara.
  3. Kemajuan daerah, perlahan meninggalkan kehidupan tradisional, seperti yang terjadi pada proses urbanisasi. Penting untuk kita memperhatikan dampak positif dan negatif urbanisasi.
  4. Adanya peningkatan pendapatan bagi masyarakat secara umum.
  5. Terciptanya hubungan antar warga dalam masyarakat akibat terbentuknya wewenang dan lembaga kemasyarakatan.
  6. Terbentuknya kekuasaan akibat diperlukannya birokrasi yang jelas.
  7. Tingkat organisasi tinggi sehingga terbentuk sikap disiplin dan menghargai waktu bagi masyarakat.
  8. Perencanaan sosial dilaksanakan secara sentralisasi.
  9. Memiliki sistem administrasi yang baik sehingga terbentuk sistem birokrasi yang baik.
  10. Masyarakat memiliki cara berpikir ilmiah dalam mengatasi masalah dan tidak lagi terikat pada peraturan adat.
  11. Masyarakat menjadi pihak yang diprioritaskan dengan disenangkan melalui penggunaan media massa.
  12. Masyarakat memiliki sikap yang terbuka dan siap menerima hal baru.
  13. Masyarakat berani untuk menyatakan pendapat dan bersikap demokratis.
  14. Terciptanya kesatuan di dalam masyarakat meski terdapat banyak perbedaan sehingga mengurangi sistem lapisan pada masyarakat.
  15. Masyarakat bergerak lebih leluasa dan senang untuk berpindah daerah.
  16. Masyarakat peduli akan adanya prestasi sehingga lebih kompetitif.

Itulah beberapa ciri-ciri modernisasi. Ciri-ciri modernisasi ini menunjukkan dampak modernisasi bahwa masyarakat menjadi lebih terbuka dan terus siap menerima adanya perubahan. Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam proses modernisasi yang dijalani negara, perubahan pasti akan terus terjadi mengikuti standar global. Jika masyarakat sulit menerima perubahan yang terjadi, negara tidak memenuhi ciri-ciri modernisasi. Dampak modernisasi tidak akan bisa dirasakan oleh masyarakat. Ciri-ciri modernisasi menunjukkan juga bahwa modernisasi berusaha membawa perubahan yang lebih baik untuk masyarakat dan negara.

Negara diminta untuk terus menyejahterakan masyarakat dengan memberikan kemajuan untuk memenuhi keinginan masyarakat. Masyarakat pun didorong untuk terus berpikir kreatif dan menggunakan kemajuan teknologi demi memajukan negara. Kita sebagai masyarakat Indonesia dituntut untuk terus mendukung terpenuhinya ciri-ciri modernisasi. Kita harus mulai dari membuka diri kita terhadap pengenalan unsur-unsur global yang tersedia. Dengan begitu, kita dapat membantu negara Indonesia menjadi negara yang lebih baik dan dipandang oleh negara lain.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 19th, June 2019 / 04:34 Oleh :
Kategori : Sosiologi