Sponsors Link

7 Ciri Ciri Modernisasi yang Mudah Dikenali Saat Ini

Sponsors Link

Mengenai modernisasi, kita harus ingat dengan perkataan yang disampaikan oleh salah satu panglima TNI kita, Marsekal Hadi Tjahjanto, mengenai meningkatnya arus modernisasi yang akan memberikan efek negatif pada masyarakat Indonesia. Sang panglima mengingatkan hal tersebut kepada para prajurit TNI Indonesia, agar lebih memperkuat persatuan, toleransi dan kerukunan diantara individu masing-masing.

ads

Disamping itu,arus modernisasi juga dapat memberikan syarat modernisasi efek positif kepada masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang masih hidup dengan cara tradisional, agar mengalami perubahan ke arah yang lebih modern dan maju. Seperti pengertian dari Modernisasi itu sendiri, yang berarti terjadinya perkembangan ilmu teknologi serta pengetahuan yang juga semakin berkembang. Perubahan ini tentunya dirasakan langsung oleh masyarakat kita, di berbagai pelosok Indonesia.

Modernisasi Menurut Para Ahli

Pengertian modernisasi ini, ternyata banyak ditelaah juga oleh para ahli. Beberapa dari mereka mendefiniskan modernisasi dalam sudut pandang yang berbeda, namun intinya tetap sama. Berikut ini beberapa pendapat para ahli tentang modernisasi:

  • Menurut Widjojo Nitisastro

Seorang ahli yang bernama Widjojo Nitisastro, mengatakan, modernisasi ini merupakan sebuah proses tranformasi secara total dari kehidupan bersama yang masih tradisional atau pra modern dalam teknologi, ke arah pola-pola lainya yang lebih ekonomis serta strategis.

  • Menurut Wilbert E Moore

Menurut Wilbert, modernisasi ini merupakan transformasi yang terjadi secara total dalam kehidupan bersama setiap masyarakat, menuju kepada pola yang lebih ekonomis serta strategis, yang menjadi ciri dari Negara barat yang stabil.

  • Menurut Soerjono Soekanto

Satu lagi, pengertian modernisasi menurut Soerjono soekanto adalah suatu bentuk perubahan sosial yang terjadi dan dilakukan dengan terarah, didasarkan pada suatu rencana yang disebut sosial planning. Oleh sebab itu, modernisasi yang terjadi tidak bisa sekaligus, tapi secara fungsi bahasa daerah bertahap mulai masuk ke kehidupan masyarakat di suatu Negara.

Modernisasi dan Modern

Masyarakat awam akan memaknai proses modernisasi secara singkat, yaitu berubah menjadi modern. Kata modern ini indentik dalam peristiwa modernisasi, karena modern terjadi di berbagai bidang, seperti IPTEK, ekonomi, industri, perdagangan dan bidang kehidupan lainya. Proses perubahan menjadi modern tersebut membutuhkan waktu yang panjang, hingga akhirnya akan mewujudkan masyarakat yang memang hidup dengan modern.

Hingga saat ini, modernisasi juga banyak dianggap sebagian kalangan masyarakat, sebagai sesuatu hal yang memberikan dampak negatif bagi masyarakat lainya. Hal tersebut dibenarkan, karena sepertinya modernisasi hanya terjadi pada hal-hal yang bersifat duniawi. Namun, masyarakat sebaiknya tidak terlebih dulu menganggap modernisasi sebagai hal yang negatif dengan mengetahui arti modern yang sebenarnya, yaitu:

  • Modern Berarti Maju

Modern adalah suatu hal yang menjadikan sesuatu lebih maju atau mengalami kemajuan, secara rasional kemajuan ini telah terjadi di berbagai bidang dan terbukti meningkatkan taraf hidup masyarakat secara merata

  • Modern Berarti Kemanusiaan

Menjadi modern tidak selalu akan berperilaku negatif, namun sebaliknya, akan tercipta hubungan kemanusiaan yang lebih bermakna dan lebih tinggi peradabanya dalam pergaulan faktor pembentukan kepribadian individu hidup masyarakat pada khusunya dan manusia pada umumnya.

Sponsors Link

Dampak Negatif Modernisasi di Berbagai Bidang

Kehadiran modernisasi di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk, sepertinya akan menghadirkan dampak positif maupun negatif. Sikap masyarakat kita terhadap dampak positif dari modernisasi, tentunya harus dikembangkan agar Negara kita dapat terus maju dan sejajar dengan Negara lain dalam perkembangan IPTEK dan Sumber daya manusianya.

Adapun dampak negatif dari modernisasi, rupanya masih menjadi hal yang diperdebatkan di Negara kita, sebab dikhawatirkan akan mengakibatkan hal-hal seperti berikut ini:

  • Meningkatnya ketergantungan ekonomi nasional, terhadap sumber utama dari modal capital kita yang mayoritas dikuasai Negara-negara maju yang lainya
  • Runtuhnya norma-norma sosio cultural lokal Indonesia, yang sudah lama menjadi tradisi dan mendarah daging, juga dijadikan sebagai pilar utama terjadinya interaksi antar kelompok sosial, baik dalam hal komersial maupun ekonomi.
  • Pergeseran nilai adat ke nilai-nilai baru yang belum tentu bisa diterima oleh masyarakat Indonesia
  • Eksploitasi secara berlebih terhadap sumber daya alam lokal kita, yang disebabkan adanya pertumbuhan ekonomi internasional
  • Tingginya pola konsumsi masyarakat, jika negaranya sedang mengalami kemajuan. Peningkatan gaya hidup dan konsumsi sumber daya alam yang kurang terkendali

Solusi Untuk Mengatasi Dampak Negatif Modernisasi

ads

Menghadirkan serta menerapkan kearifan lokal yang sudah dimiliki sebelumnya oleh masyarakat kita di setiap daerah di Indonesia. Kearifan lokal seperti budaya gotong royong, rasa simpati, toleransi serta empati yang tinggi kepada sesam masyarakat, harus dibangkitkan kembali, seperti persamaan antara imigrasi dan emigrasi saat zaman dulu.

Senantiasa lebih meningkatkan iman dan taqwa kita, dengan terus memperkuat keyakinan kita terhadap agama yang dianut, serta jangan lupa untuk saling membantu dan mengarahkan ke jalan yang benar, antar sesame umat beragama.

Selalu bersikap jujur dan belajar untuk menghargai pendapat orang lain, juga bersama-sama berusaha untuk meningkatkan mutu politik di Negara kesatuan republic Indonesia ini. Tidak lupa untuk terus menjaga persatuan agar tidak diklaim Negara lain

Dalam dunia pendidikan, senantiasa mendidik generasi penerus kita, agar melihat tontonan yang sewajarnya dan menghindari tontonan yang kurang mendukung untuk pendidikanya

Ciri-Ciri Modernisasi

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa modernisasi ini dapat terjadi dan dialami suatu kelompok masyarakat di sebuah Negara, secara bertahap dan merata. Karena arus modernisasi masuk secara bertahap, maka masyarakat akan mudah untuk mengenali ciri-ciri dari modernisasi itu sendiri, karena modernisasi merupakan modal kehidupan. Selengkapnya, berikut ini ciri-ciri dari modernisasi :

  • Kebutuhan Materi dan Persaingan Kebutuhan Manusia

Hal ini sangat terlihat jelas, dimana kebutuhan masyarakat saat ini semakin meningkat. Persaingan akan pemenuhan kebutuhan itu juga semakin banyak dan beragam. Sebagai contoh produksi smartphone yang beragam dan bersaing, namun mendapatkan market yang merata.

  • Adanya Kemajuan Teknologi

Modernisasi tentunya mendorong terjadinya  industrialisasi (pertanian dan agraris menjadi industri) , sekulerisasi (nilai agama menjadi non agama), individualisasi, akulturasi ( budaya lokal bertemu budaya asing) dan diferensiasi (perbedaan produk dan jasa lebih menarik).

  • Modernisasi Membawa Kemudahan

Modernisasi memberikan efek positif untuk kehidupan masyarakat, salah satunya dapat memudahkan aktifitas masyarakat saat ini. kemudahan ini terjadi di berbagai bidang, dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat itu sendiri.

  • Keinginan Masyarakat dapat Terpenuhi

Saat ini, berbagai kebutuhan dan keinginan masyarakat, sepertinya tidak begitu sulit untuk didapatkan. Mulai dari kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan pelengkap lainya, kini sudah tersedia di lokasi yang mudah dijangkau.

Sponsors Link

  • Modernisasi memunculkan teori kehidupan yang baru

Arus modernisasi yang membawa perubahan dalam berbagai bidang, dapat memunculkan teori-teori baru. Hal ini tentunya harus disadari betul oleh masyarakat kita.

  • Perubahan Mekanisme pada Masyarakat

Masyarakat mulai  mengalami perubahan dalam berprinsip, seperti dalam lingkup ekonomi. Orientasi mereka menjadi lebih cenderung ada hal yang bersifat kebendaan secara berlebih. Seperti, kalangan muda saat ini yang cenderung membeli barang-barang negara yang menganut demokrasi proletar branded dan mewah.

  • Perhatian Religius yang Teralihkan

Seseorang terkadang menjadi teralihkan fokus kegiatan religinya pada kesibukan kerja dan mengumpulkan kekayaan. Padahal, kepercayaan terhadap agama dapat mengantarkan hidup mereka jauh lebih damai dan tenang.

Modernisasi memang tidak bisa kita hindari, karena semakin kesini arusnya semakin kuat dan terlihat jelas. Untuk bisa menghadapi Modernisasi, sebagai warga Negara Indonesia kita sebaiknya banyak melakukan hal-hal positif untuk menerima sisi positif dari modernisasi, seperti terus belajar untuk memperoleh ilmu sebanyak mungkin, agar bisa menjadi bekal kita dalam mengahadapi arus modernisasi seperti sekarang ini. kita juga harus bijak untuk menerima modernisasi dengan melihat ciri-ciri modernisasi, agar kita dapat menghindari efek negatifnya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Thursday 03rd, May 2018 / 06:25 Oleh :
Kategori : Sosiologi