Sponsors Link

5 Ciri Ciri Lembaga Keluarga Penjelasan Terlengkap dan Paling Jelas

Sponsors Link

Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita mengenal beberapa jenis lembaga sosial, dan salah satunya adalah lembaga keluarga. Keluarga merupakan salah satu lingkungan sosial yang paling dekat dengan kehidupan manusia. Dimana peran keluarga dalam proses sosialisasi sangat penting. Dari keluarga inilah manusia pertama kali mendapatkan pengaruh dan perlakuan sosial. Keluarga terdiri dari para anggota keluarga. Inilah yang dinamakan dengan lembaga keluarga.

ads

Pengertian Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga itu sendiri adalah unit sosial yang paling kecil di dalam lingkungan masyarakat. Secara global, anggota keluarga meliputi ayah, ibu, dan anak. Hubungan di dalam keluarga dibangun atas dasar hubungan antar anggota keluarga. Dan setiap anggota keluarga pada dasarnya memiliki fungsi dan peranan masing-masing dalam keluarga tersebut.

Ciri Ciri Lembaga Keluarga

Lembaga keluarga memiliki fungsi dan ciri-ciri tersendiri. Adapun ciri ciri lembaga keluarga akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Adanya hubungan darah / ikatan perkawinan / adopsi

Seperti yang diketahui bersama, keluarga adalah sebuah ikatan yang dibentuk dari berbagai cara. Pertama adalah adanya ikatan darah. Misalnya kakak dan adik yang menempati satu lembaga keluarga yang sama karena memiliki ikatan darah. Kedua, bisa terbentuk dari ikatan perkawinan sebagai salah satu proses terbentuknya lembaga keluarga. Misalnya suami dan istri yang berkedudukan sebagai keluarga, walaupun belum memiliki keturunan. Ketiga, karena proses adopsi. Misalnya sepasang suami istri yang mengangkat anak.

  1. Anggota keluarga hidup dalam satu atap

Ciri ciri lembaga keluarga yang berikutnya adalah anggota keluarga yang hidup dalam satu atap atau dalam satu rumah tangga. Idealnya, keluarga memang hidup di satu rumah. Orang tua dan anak hidup saling berdampingan dalam satu lingkungan sosial yang baik dengan contoh media sosialisasi keluarga yang tepat.

  1. Anggota keluarga yang memiliki peranan tersendiri

Ciri ciri lembaga keluarga berikutnya adalah adanya komunikasi dan interaksi dalam satu lingkup sosial dalam keluarga, sehingga masing-masing anggota keluarga memiliki peranan masing-masing. Misalnya ayah yang berperan untuk mencari nafkah. Anak-anak yang memiliki peran untuk bersekolah atau menuntut ilmu. Itu juga merupakan salah satu contoh pranata keluarga.

  1. Adanya fungsi reproduksi

Ciri ciri lembaga keluarga berikutnya adalah adanya fungsi reproduksi. Dimana di dalam lingkup keliuarga terdapat sebuah sistem untuk meneruskan keturunan dari suami dan istri tersebut supaya keberlangsungan keluarga tetap terjaga hingga ke masa depan.

  1. Adanya potensi untuk mendapatkan ketenteraman

Ciri selanjutnya dari lembaga keluarga adalah adanya kesempatan untuk mendapatkan ketenteraman dari lingkungan yang ada. Dimana ciri pranata keluarga adalah membuat setiap anggota keluarga akan mendapatkan perlindungan yang baik, baik dalam hal fisik dan juga psikologis.

Fungsi Lembaga Keluarga

Adapun fungsi dari lembaga keluarga antara lain sebagai berikut.

  • Fungsi pengendalian sosial
  • Fungsi religius
  • Fungsi rekreatif
  • Fungsi edukasi
  • Fungsi sosial
  • Fungsi afeksional
  • Fungsi ekonomi
  • Fungsi protektif
  • Fungsi biologis

Demikianlah ciri ciri lembaga keluarga yang perlu diketahui. Lembaga keluarga adalah lembaga pertama yang bisa mencegah segala bentuk penyimpangan sosial di masyarakat. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan referensi yang bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 14th, November 2018 / 03:11 Oleh :
Kategori : Pendidikan