Sponsors Link

Inilah 3 Ciri-Ciri Kejahatan Korporasi Yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Kejahatan korporasi adalah sebuah bentuk kejahatan yang mulai timbul berkat semakin berkembangnya dunia perekonomian dan teknologi. Kejahatan seperti ini memang sudah terjadi sejak jaman dahulu, namun dengan adanya perkembangan jaman yang pesat permasalahan kejahatan korporasi semakin komplek serta rumit untuk dihentikan. Kejahatan korporasi sudah berlangsung lama di Indonesia, namun aturan hukum yang berlaku di Indonesia belum bisa menjangkau semua permasalahan sejak dulu dan salah satu contoh kejahatan korporasi yang sedang populer adalah kejahatan dunia maya, baru belakangan ini ada aturan hukum yang jelas mengenai kejahatan cyber crime. Ada beberapa ciri bahwa suatu kejahatan termasuk dalam kejahatan korporasi dan ciri-cirinya bisa dikenali dengan berbagai kondisi. Berikut ini adalah ciri-ciri kejahatan korporasi :

ads

1. Ciri Kejahatan Korporasi Di Bidang Ekonomi

Kejahatan yang merugikan perekonomian biasanya terjadi dengan jumlah yang sangat besar dan kejahatan ini lebih berbahaya dibanding dengan kejahatan konvensional, karena jumlah kerugian yang dihasilkan sangatlah jauh berbeda. Banyak dampak masalah sosial yang dihasilkan dengan kejahatan korporasi dan bisa juga langsung berdampak pada ketahanan suatu negara. Banyak yang berpendapat bahwa kejahatan ini juga disebut sebagai kejahatan white collar crime atau kejahatan kerah putih dan penyebab white collar crime salah satunya adalah faktor ekonomi. Contoh kejahatan korporasi di bidang ekonomi seperti korupsi dan suap. Kedua kasus ini menjadi kasus yang banyak terjadi di Indonesia dan penangganan kasusnya kini sedang diperbaiki dengan baik. Banyak kasus korupsi yang sudah berhasil diungkap oleh komisi pemberantasan korupsi atau kpk.

2. Ciri Kejahatan Korporasi Di Bidang Kesehatan

Salah satu ciri kejahatan korporasi yang sering terjadi berdampak pada bidang kesehatan dan tak hanya itu, banyak juga yang berdampak hingga kematian. Kejahatan korporasi seperti ini tentu menjadi salah satu penyimpangan yang luar biasa dan penyebab perilaku penyimpangan seperti ini biasanya, karena ada sebuah hal yang diperebutkan atau diperjuangkan. Banyak sekali upaya manusia memenuhi kebutuhan dan hal ini seringkali membuat manusia memiliki sikap nekad dengan melanggar berbagai ketentuan hukum untuk melakukan sebuah kejahatan. Contoh kejahatan korporasi di bidang kesehatan adalah kasus pengancaman terhadap pihak penegak hukum dan hal ini seringkali terjadi pada penegak hukum di Indonesia. Petugas kpk seringkali mendapatkan teror dari orang yang tak dikenal dan salah satu kasus yang terkenal adalah kasus penyiraman air keras kepada Novel Baswedan.

3. Ciri Kejahatan Korporasi Di Bidang Sosial

Ciri kejahatan korporasi juga bisa terlihat dari bidang sosial dan hal ini seringkali membuat kepercayaan masyarakat terhadap perilaku bisnis menjadi berkurang, bahkan bisa saja menghilang. Kejahatan korporasi menjadi kejahatan yang sangat berbahaya dan salah satu bidang yang sangat dirugikan adalah bidang sosial. Ada banyak yang berpengaruh terhadap kebutuhan masyarakat Indonesia dan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia adalah kebutuhan hidup yang tinggi.

Hal ini menjadi salah satu masalah negara berkembang yang seringkali terjadi dan dampak kepadatan penduduk Indonesia berpengaruh terhadap mudah berkembangnya suatu sistem kejahatan korporasi. Contoh kejahatan korporasi di bidang sosial adalah dengan banyaknya berita hoax yang sengaja di buat untuk memberikan berita bohong terhadap masyarakat dan hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Demikian ulasan lengkap mengenai ciri-ciri kejahatan korporasi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Wednesday 20th, March 2019 / 02:38 Oleh :
Kategori : Pendidikan