Sponsors Link

5 Ciri Ciri Kasta di India yang Penting Dipahami

Sponsors Link

Kasta atau sering di sebut merupakan sistem pembagian dalam masyarakat. Kasta sebenarnya berasal dari bahasa Spanyol dan bahasa Portugis yaitu “casta” yang merupakan pembagian dalam masyarakat. Kasta ini terjadi dalam masyarakat India yang mayoritas menganut agama Hindu. Pembagian kelas ini memang terjadi sejak nenek moyang masyarakat India, sehingga hingga sekarang masih dipegang teguh. Meskipun India sendiri memiliki mahkamah Agung yang ingin mengapus sistem kasta ini kenyataanya belum sepenuhnya berhasil. Jika, terus dilakukan akan menghadapi dampak masalah sosial.

ads

Tradisi yang dibawa sejak turun temurun memang sulit untuk ditinggalkan. Sudah termasuk dalam unsur-unsur budaya yang sulit ditinggalkan. Terlebih menganut sistem kepercayaan dalam masyarakat. Ia akan senantiasa memegang teguh sebagai salah satu identitas bangsanya. Tidak mengherankan masyarakat India begitu teguh pada dirinya tetap menjalankan sistem kasta ini. Meskipun sebenarnya sistem kasta ini membuat sebagian orang menderita karena klasifikasi itu. Kesetaraan dalam kaitan ini tidak sepenuhnya dipegang oleh masyarakat. Selai itu, sistem kasta juga dianggap kuno dan tidak mencerminkan masyarakat modern saat ini. Kita tidak bisa menyalahkan masyarakat India. Sebab soal tradisi bangsa kita masih banyak yang tetap dipegang teguh oleh masyarakat. Tradisi yang sebenarnya pengaruh Hindu Budha di Indonesia. Walaupun berbagai pihak yang menolaknya tetapi tetap dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Walaupun memang tidak memiliki dampak positif dan negatif perubahan sosial.

Dalam masyarakat India mengenal 4 pembagian dalam kasta. Empat pembagian ini sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Adapun empat pembagian kasta dalam masyarakat India sebagai berikut;

  1. Brahmana

Kasta brahmana ini merupakan kasta tertinggi dalam masyarakat India atau dalam agama Hindu. Kasta ini juga disebut sebagai mulut doa? Mengapa memiliki sebutan demikian, karena orang-orang yang berada di golongan ini adalah para pemuka agama atau pendeta. Mereka memiliki kewenangan untuk mendoakan atau memimpin doa. Orang yang berada di kasta ini memiliki kedudukan terhormat dan tidak sembarang orang dapat bertemu atau menyentuhnya.

  1. Kesatria

Kasta kesatria ini merupakan golongan kedua dalam pembagian masyarakat India. Orang yang berada dalam kasta ini merupakan keturunan ningrat, yang berupa raja, patih, dan para plajurit. Selain itu, para orang yang berperan dalam pemerintahan. Kasta yang kedua ini meskipun tidak memiliki kedudukan tertinggi namun memiliki peran yang penting. Salah satu perannya adalah menjalankan program pemerintahan, termasuk menjaga golongan kasta Brahmana.

  1. Waisya

Kasta dalam masyarakat India ketiga ini di dalamnya di huni oleh golongan pengusaha, pedangan, dan petani. Golongan kasta ketiga ini termasuk orang yang memeras keringat untuk menyediakan perbekalan atau kebutuhan ekonomi bagi seluruh kasta. Golongan ini dapat dibilang sebagai terpenting, sebab berperan dalam sektor ekonomi. Meskipun memiliki kedudukan kasta yang terbilang rendah.

  1. Sudra

Kasta sudra merupakan kasta yang memiliki kedudukan renah. Sebab Ia termasuk orang yang bekerja sebagai pelayan dan buruh. Kasta ini sering dianggap rendah oleh kasta lainnya. Sebab tidak peran penting untuk seluruh kasta.

Hanya sebagai pelayan biasa yang tugasnya tentu untuk melayani. Selain kasta Sudra terdapat kasta terendah dalam masyarakat India. Kasta ini memiliki kedudukan terendah dan sering dianggap sebelah mata oleh kasta-kasta lainnya. Adapun kasta itu adalah;

  1. Paria
Sponsors Link

Kasta yang tidak diinginkan oleh seluruh kasta di atas. Golongan yang termasuk dalam kasta ini adapat pengemis, gelandangan, dan pekerja kasar. Kasta paria ini merupakan kaum tertindah dalam sistem kasta masyarakat Hindu. Tidak mengherankan banyak orang yang tidak menginginkan dan bahkan mencemoohnya. Sebenarnya hal ini dapat menyebabkan dampak masalah sosial.

Ciri-Ciri Sistem Kasta India

Sistem kasta yang berkembang di India yang begitu fenomenal dan telah menjadi tradisi. Memiliki berbagai ciri-ciri yang wajib untukn diketahui. Adapun ciri itu sebagai berikut;

  1. Keanggotaanya kasta berdasarkan keturunan

Pembagian akan kasta dalam masyarakat India berdasarkan keturunan. Tidak ada masyarakat yang bisa naik level kastanya, misalnya Ia terlahir dari seorang pedangan. Anak pedang seterusnya akan dianggap sebagai kasta waisya. Kasta ketiga yang memang di dalamnya terdapat golongan masyarakat sebagai pedagang, petani, dan peternak. Anak tersebu tidak akan bisa menduduki kasta Kesatria apalagi Brahmana.

  1. Hubungan yang terbatas
Sponsors Link

Kasta yang memang menunjukkan pembagian. Dalam kehidupan sosial begitu berdampak. Seorang yang memiliki kasta Kesatria akan lebih menahan diri bersosial dengan orang yang berkasta sudra. Ada semacam pembatas yang memang mengharuskan mereka berlaku demikian. Padahal kehidupan sosial merupakan contoh masyarakat multikultural. Begitu juga dengan golongan kasta Sudra tidak bisa sembarangan bertemu ataupun bersosial dengan kasta Kesatria.

  1. Kasta yang rendah di kendalikan kasta yang tinggi

Ciri kasta India kedua ini umum terjadi. Golongan kasta Sudara misalnya akan cenderung dikendalikan oleh kasta Kesatria dan Waisya. Sebagai golongan rendah tidak bisa berbuat apa-apa. Terlebih menggugat atau melakukan protes, krena mereka telah terikat oleh kasta tersebut.

  1. Keunggulann yang diwariskan seumur hidup

Tidak ada golongan kesatria misalnya akan tiba-tiba pindah ke golongan waisya terlebih sudra. Mereka akan tetap menjadi golongan kesatria misalnya dalam janga waktu yang tidak terbatas. Artinya ada semacam jaminan untuk tetap berada dalam kasta tersebut.

  1. Perkawinan endogami

Endogami merupakan suatu perkawinan yang dilakukan satu etnis, suku, golongan, atau kerabat dalam golongan yang sama. Dalam kasta masyarakat India perkawinan ini masih dipegang teguh. Mereka yang kasta kesatria hanya boleh menikah dengan golongan kesatria. Tidak akan terjadi yang namanya pernikahan dengan golongan waisya terlebih sudra. Berbeda dengan kondisi penduduk Indonesia yang bebas melakukan pernikahan dengan berbagai suku, rasa, golongan, dan aliran.

Itulah beberapa pembahasan tentang adanya kasta yang terdapat dalam negara di India yang bisa anda ketahui dan lebih mudah anda pahami.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 08th, June 2018 / 07:09 Oleh :
Kategori : Pendidikan