Sponsors Link

11 Ciri-Ciri dan Penyebab Serta Pengertian Hedonisme

Sponsors Link

Berbicara mengenai sebuah pandangan hidup, hedonisme nyatanya tidak hanya menjadi sebuah pandangan hidup masyarakat luas saat ini saja tetapi juga sudah menjadi sebuah gaya hidup. Adapun pengertian dari hedonisme secara umum dan anda juga bisa melihat contoh hedonisme, hedonisme merupakan sebuah pandangan hidup dimana hanya berdasar pada kebahagiaan dan kenikmatan saja dalam menjalani hidup. Dan secara etimologi tentunya anda juga bisa melihat perbedaan konsumerisme dan hedonisme, hedonisme merupakan sebuah dasar diambil dari kata “Hedon” yang merupakan bahasa Yunani dengan arti kesenangan. Dan secara sederhana pula dapat disimpulkan bahwa hedonisme merupakan sebuah tindakan yang menganut paham kesenangan dan kenikmatan termasuk kemewahan di dalamnya.

ads

Penyebab Hedonisme

Dan dalam prinsip menjalankan kehidupan berdasar pada hedonisme berbeda dengan penyebab hedonisme, seorang manusia harus mendedikasikan seluruh hidupnya hanya untuk kenikmatan dan kesenangan serta menjauhi hal- hal yang bersifat menyakitkan dan meresahkan di dunia. Lalu seperti yang anda ketahui pula bahwa kenikmatan dan kesenangan sangat erat hubungannya dengan nafsu akan harta kekayaan, kenikmatan batin, kenikmatan seksual, kebebasan hingga kekuasaan. Hedonisme ini sendiri pun disebabkan oleh beberapa faktor dan berikut penjelasannya :

  • Faktor Internal

Sudah menjadi sifat dasar seorang manusia bahwa manusia itu adalah mahkluk yang tamak dan serakah. Inilah yang menjadi faktor internal dalam diri manusia jika seorang manusia tidak bisa mengendalikan kedua sifat tersebut maka akan cenderung memiliki paham hedonisme dalam hidupnya. Selain itu anda juga bisa melihat perbedaan westernisasi dan hedonisme, faktor internal yang paling tidak bisa dikendalikan adalah perilaku konsumerisme dimana perilaku ini pasti akan mengacu pada hedonisme secara disadari maupun tidak.

  • Faktor Eksternal

Selain faktor internal, ada juga faktor eksternal yaitu faktor dari luar dimana ini lebih berpengaruh daripada faktor internal. Seperti semakin canggihnya dunia teknologi dimana kita bisa menerima berbagai macam informasi dari dunia luar yang menjadi pendorong gaya hidup hedonisme. Selain itu lingkungan sekitar juga merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai, apabila anda goyah terhadap lingkungan sekitar dimana kebanyakan orang lebih memiliki pandangan kearah hedonisme maka anda bisa juga terjerumus dan menjadi hedonis. Itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hedonisme, perlu anda ketahui pula bahwa tidak semua perilaku konsumerisme maupun orang dengan tampilan mewah dan elegan adalah seorang hedonis.

Ciri- Ciri Hedonisme

Ada beberapa ciri- ciri dari hedonisme yang bisa anda pelajari agar anda tau bagaimana seseorang dengan kehidupan hedonisme dalam menjalani hidupnya. Selain itu penting bagi anda mengetahui ciri- ciri hedonisme agar anda tidak menjadi seorang hedonis dan berikut beserta penjelasan singkatnya :

  1. Kenikmatan

Ciri utama dari hedonisme yaitu kenikmatan, seorang hedonis akan melakukan apapun demi kenikmatan dunia. Mereka rela melakukan apapun demi kenikmatan namun tidak mempedulikan bahkan menghindari konsekuensi dari kenikmatan yang mereka peroleh. Cara berpikir para hedonis ini pun semata bertujuan hanya demi kenikmatan saja, dan mereka yang sudah merasakan kenikmatan tidak akan bisa lepas dari kenikmatan tersebut dan semakin tamak untuk mendapatkan kenikmatan lebih. Namun berbeda dengan contoh perubahan struktural, mereka juga menghindari berbagai macam resiko akan adanya kesengsaraan akibat dari kenikmatan yang mereka dapatkan.

  1. Kesenangan

Selain kenikmatan, ciri utama dari hedonisme yaitu kesenangan maupun kegembiraan. Sama dengan kenikmatan, para hedonis akan melakukan apapun demi meraih kesenangan dalam hidupnya. Dalam hal ini pula karena ketamakan, para hedonis tidak akan rela jika kesenangan maupun kegembiraannya di ambil. Untuk itu para hedonis selalu menjaga dan tidak membiarkan siapapun dan apapun mengambil kesenangan maupun kebahagiaan mereka. Sebaliknya, mereka akan selalu melakukan hal agar kesenangan maupun kebahagiaan yang mereka dapatkan selalu bertambah.

Sponsors Link

  1. Egois

Adapun ciri dari hedonisme selanjutnya yaitu egois, dimana ini juga merupakan salah satu sebab ketika seorang individu sudah memiliki pandangan hidup hedonisme. Para hedonis tidak akan memperdulikan kesenangan orang lain berbeda dengan contoh sosiologi gender, justru mereka akan lebih memperhatikan kesenangan diri sendiri. Menurut mereka kesenangan hidup diri sendiri lebih penting daripada kesenangan hidup orang lain, bahkan tidak jarang untuk mendapatkan sebuah kesenangan berbagai hal buruk mereka lakukan kepada orang lain. Kepribadian yang egois dalam diri seseorang dengan paham hedonisme sangatlah berbahaya dan sangat sulit sekali untuk diatasi karena mereka melakukan demi kesenangan dan kenikmatan dunia.

  1. Tidak Pernah Puas

Ketika seorang individu sudah memiliki pandangan hedonisme yang kuat dimana ia lebih cenderung egois demi kesenangan dan kenikmatan, tentu ketamakan pun semakin sulit untuk dikendalikan. Tamak dalam hal kesenangan, bisa menjadi salah satu alasan mengapa para hedonis tidak bisa hidup dalam keadaan tenang ketika dipandang sudah memiliki segalanya. Tentu saja para hedonis ini tidak bisa merasa puas dengan apa yang sudah dimilikinya walaupun semua itu sudah terlalu berlebihan. Mulai dari harta berlimpah, bentuk fisik rupawan, pekerjaan terus meningkat, hingga keluarga yang bahagia, itu semua tidak bisa menjadikan para hedonis puas begitu saja. Tidak jarang para hedonis ini melakukan hal- hal di luar hukum demi meningkatkan semua itu.

ads
  1. Cenderung Konsumtif

Tampaknya harta melimpah masih membuat para hedonis merasa kurang puas akan hidup dan merasa kurang bahagia. Dan untuk itu mereka cenderung hidup konsumtif dimana berbelanja bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan tetapi juga keinginan dan kebahagiaan. Semua barang yang mereka inginkan tentu harus dibeli demi kebahagiaan hidup. Tidak hanya itu bahkan seorang hedonis tak jarang tidak bisa membedakan jenis barang yang menjadi kebutuhan dan keinginan daja. Mereka pun tidak bisa memprioritaskan barang mana yang lebih penting untuk dibeli karena itu pula belanja sudah menjadi sebuah gaya hidup dan hobi bagi para hedonisme.

  1. Diskriminatif

Tak jarang pula seorang hedonis memandang orang dengan sangat berbeda dan merak selalu bertindak diskriminatif terhadap orang. Mereka tidak akan memperlakukan orang disekitarnya dengan adil. Kebanyakan dari para hedonis akan memperlakukan orang dengan baik hanya karena mereka sesama hedonis atau orang dengan status sosial lebih tinggi maupun sama dengan mereka. Sebaliknya, mereka tidak akan memperlakukan orang dengan baik jika status sosial orang tersebut lebih rendah daripada mereka. Tidak hanya itu saja, untuk memanfaatkan orang disekitarnya maka para hedonis juga ada yang memperlakukan orang- orang tertentu di sekitarnya dengan baik karena memiliki kelebihan dan dapat meningkatkan kenikmatan serta kebahagiaan dalam hidup mereka.

  1. Sombong

Ciri berikutnya yang perlu anda ketahui karena ini merupakan ciri dari hedonisme paling umum yaitu sombong. Sebuah pandangan hidup dimana para hedonis memandang bahwa dirinya paling baik, tidak hanya dari segi fisik tetapi juga dari segi harta. Para hedonis pun tidak akan memperlakukan orang disekitarnya tanpa memperhatikan siapa orang disekitarnya. Para hedonis akan selalu memperhatikan setiap orang di sekitarnya untuk mengetahui tingkatan status sosial dan derajat mereka terlebih dahulu. Mereka tidak akan memandang orang dengan tulus karena kesombongannya. Dalam hal ini pula para hedonis hanya akan bersosialisasi dengan orang yang memiliki harta dan tingkat sosial lebih tinggi maupun sama dengannya.

  1. Menghindari Hal Buruk dan Tidak Bertanggung Jawab

Selain melakukan apapun demi kesenangan dan kenikmatan, para hedonis juga akan melakukan apapun untuk menghindari hal buruk. Walaupun mereka melakukan kesalahan fatal dan anda juga bisa melihat faktor yang mempengaruhi kebijakan sosial, para hedonis tidak akan mau bertanggung jawab atas kesalahannya dan mereka lebih cenderung menghindarinya. Tak jarang pula para hedonis ini melakukan tindakan curang demi menghindari hal buruk seperti melakukan fitnah dan tindak curang lainnya. Apapun akan mereka lakukan walaupun mengeluarkan biaya dan menguras harta, ini semua tentunya untuk mempertahankan kesenangan dan kebahagiaan dalam hidup mereka.

  1. Tidak Memiliki Rasa Menyesal

Selain menghindar dari tanggung jawab, demi mempertahankan diri sendiri maka para hedonis juga tidak memiliki rasa penyesalan terhadap apa yang mereka lakukan. Apalagi jika mereka mendapatkan rasa senang dan nikmat setelah melakukan hal tersebut walaupun dengan berbagai macam resiko. Seperti ketika mereka memanfaatkan orang disekitarnya demi kesenangan dan kenikmatan. Tidak akan sedikitpun ada rasa penyesalan dalam diri para hedonis ketika orang- orang disekitarnya telah menjadi korban dari kesenangan dan kenikmatan yang mereka dapatkan.

Sponsors Link

  1. Individualis

Tidak hanya memiliki sifat egois saja bahkan para hedonis ini juga memiliki sifat individualis dimana mereka juga sangat jarang bisa bersosialisasi baik dengan orang disekitarnya. Selain menjadi ciri, individualis ini juga menjadi salah satu dampak dari hedonisme. Seringkali para hedonisme bahkan cenderung tidak memiliki teman dekat karena mereka hanya memanfaatkan orang disekitar mereka saja, dan sifat individualis ini juga membuat mereka menjadi orang- orang cacat sosial.

  1. Kurang Peka

Ciri dari hedonisme selanjutnya yaitu kurang peka terhadap sosial dan ini juga diakibatkan oleh kecenderungan mereka dalam memperoleh kesenangan dan kebahagiaan. Dalam hal ini mereka tidak akan peduli dan tidak bisa peduli dengan orang disekitar mereka, mereka juga cenderung tidak bisa merasakan perasaan orang disekitar mereka. Ketidakpekaan sosial para hedonis ini juga menjadi salah satu akibat dari seringnya tidak mempedulikan kebahagiaan orang lain. Bahkan banyak sekali orang hedonis tidak memiliki rasa simpati dan empati terhadap orang lain.

Itulah ciri- ciri dari hedonisme secara umum yang banyak sekali bisa anda temui di masyarakat, pastikan juga anda membaca informasi di atas dengan cermat agar pesan yang kami sampaikan dapat anda cerna dengan baik. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat membaca.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Monday 01st, July 2019 / 09:17 Oleh :
Kategori : Sosiologi