Sponsors Link

3 Ciri-Ciri Fakta Sosial Menurut Emile Durkheim

Sponsors Link

Emile Durkheim merupakan salah satu tokoh sosiologi asal Prancis yang pernah menjelaskan mengenai cara kerja yang berupa fakta sosial sejak abad ke-19. Beliau juga pernah mengemukakan lebih lanjut mengenai ciri-ciri fakta sosial. Emile Durkheim memang merupakan tokoh pertama yang mengawali kajian mengenai fakta sosial. Contoh penelitian sosial ini merupakan penelitian yang cukup penting karena dianggap dapat digunakan untuk mengamati kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Untuk memahami mengenai ciri-ciri fakta sosial, simak penjelasan mengenai pengertian fakta sosial ini terlebih dahulu.

ads

Fakta sosial merupakan segala aktifitas yang dilakukan oleh masyarakat dan menyebabkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Menurut tokoh sosiologi yaitu Emile Durkheim, fakta sosial merupakan cara pandang seseorang atau individu dalam bertindak melalui proses berpikir yang berdasarkan sikap koersif sebagai pola dalam kehidupan bermasyarakat. Durkheim menganggap bahwa fakta sosial merupakan obyek atau benda yang berasal dari akibat kegiatan manusia yang bisa terjadi secara tidak disengaja. Berikut adalah ciri-ciri fakta sosial menurut Emile Durkheim:

1. General atau umum

Maksudnya adalah fakta sosial tidak bersifat berlaku hanya untuk perseorangan, melainkan berlaku untuk seluruh masyarakat. Selain itu, fakta sosial juga terpisah dari doktrin-doktrin, baik doktrin filosofis maupun doktrin praktis. Hal ini secara implisit menyatakan bahwa fakta sosial terjadi secara natural atau alamiah.

Contoh dari fakta sosial memiliki sifat yang umum yaitu setiap manusia pasti menginginkan kehidupan yang lebih baik bagi dirinya dan keluarganya terlebih dahulu sehingga cenderung lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan dirinya dan keluarganya terlebih dahulu.

2. Constraining atau memaksa

Maksudnya adalah fakta sosial bersifat memaksa, berarti mengandung sangsi atau mengandung hukuman berupa koersi/paksaan atau pengucilan bagi siapa pun yang melanggar. Fakta sosial memang terkadang tidak sesuai dengan keinginan manusia, namun kondisi ini tidak dapat dihindari. Durkheim menyatakan bahwa untuk mengenali fakta sosial, dapat dilihat terlebih dahulu aturan atau hukum yang berlaku, serta apakah suatu tindakan tertentu dianggap membahayakan atau mengancam bagi sebagian besar masyarakat.

Manusia mau tidak mau akan merasa harus memenuhi fakta sosial. Contohnya adalah ketika lingkungan membuat seorang tidak memiliki uang atau bahan atau jasa untuk membeli makanan, sementara keluarganya sangat membutuhkan, maka ia bisa terpikir untuk mencuri bahan makanan dari pasar. Meskipun ia tahu hal tersebut salah, namun keadaan fakta sosial di sekitarnya memaksanya untuk melakukan hal tersebut. Tentunya perbuatan ini merupakan perbuatan yang salah dan mengandung sangsi.

3. External atau eksternal

Maksudnya adalah fakta sosial berada di luar eksistensi individu, dan berada terpisah dari keberadaan individu di luar jangkauan dan keinginan. Keberadaan fakta sosial telah ada sejak lama, karena terjadi di luar kehendak individu. Contohnya adalah keadaan kebersihan lingkungan rumah, yang sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar diri kita dan di luar rumah kita.

Fakta sosial juga bukan merupakan sesuatu yang dapat diprediksi terlebih dahulu. Tidak dapat dipungkiri bahwa fakta sosial merupakan sesuatu yang terbentuk dari keadaan mayoritas masyarakat, karena sesuatu yang dominan ini merupakan sesuatu yang terlihat ketika kita melihat keseluruhan masyarakat.

Jenis Fakta Sosial

Menurut Durkheim, ada dua jenis fakta sosial, yaitu fakta sosial material dan fakta sosial non material:

  • Fakta sosial material

Fakta sosial material merupakan fakta sosial yang dapat diamati, diobservasi, dan diteliti secara langsung. Contoh dari fakta sosial material yaitu undang-undang yang berlaku dan fasilitas infrastruktur di suatu daerah.

  • Fakta sosial non material

Fakta sosial non material yaitu fakta sosial yang dianggap tidak nyata karena tidak bisa untuk diamati dan diobservasi secara langsung. Contoh dari fakta sosial non material yaitu jenis-jenis norma sosial tidak tertulis yang berlaku di kehidupan masyarakat.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri fakta sosial menurut Emile Durkheim. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 30th, September 2018 / 07:12 Oleh :
Kategori : Sosiologi