Sponsors Link

Inilah 7 Ciri-ciri Diferensiasi Agama Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Diferensiasi Agama adalah suatu penggolongan anggota masyarakat yang didasarkan pada kepercayaan atau agama yang dianutnya dan ada beberapa agama yang dikenal luas di Indonesia yaitu Kristen, Katolik, Budha, Hindu serta Islam. Diferensiasi agama terbentuk dengan cara yang horizontal, karena semua dianggap sama rata dan tak ada salah satu agama yang tingkatannya lebih tinggi. Ada banyak ciri dari sebuah diferensiasi agama dan berikut ini adalah beberapa ciri ciri diferensiasi agama:

ads

1. Ada Yang Dianggap Sakral

Dalam kehidupan beragama tentu ada berbagai hal yang dianggap sakral dan hal ini biasanya melebihi kehidupan duniawi seseorang. Kini ada banyak jenis diferensiasi sosial yang berkembang di masyarakat Indonesia dan masyarakat yang berkumpul biasanya menimbulkan sebuah rasa penghormatan dan kekaguman terhadap sesuatu yang dianggap sakral.

2. Melaksanakan Ritual Yang Sama

Salah satu ciri terjadinya diferensiasi agama di masyarakat bisa terlihat dari adanya sebuah ritual yang dilakukan secara bersama-sama dan banyak contoh diferensiasi sosial yang terjadi seperti melakukan aktivitas keagamaan secara bersama-sama. Melakukan kegiatan yang sama menjadi sebuah hal yang masuk dalam ciri timbulnya diferensiasi di bidang agama.

3. Beda Agama

Dengan perbedaan agama yang dianut masyarakat tentu hal ini menimbulkan sebuah sudut pandang pemikiran yang berbeda tentang berbagai hal dan hal ini menjadi salah satu ciri-ciri diferensiasi sosial yang sering terjadi. Perbedaan agama yang ada di Indonesia menjadi ciri adanya diferensiasi agama yang terjadi di Indonesia.

4. Miliki Cara Ritual

Dari beberapa agama yang ada di Indonesia, semua agamanya memiliki cara atau ritual keagamaan yang berbeda-beda dan hal ini menjadi contoh masalah sosial akibat dari perbedaan, namun dengan adanya sebuah ritual yang dilakukan menjadikan hal ini sebagai ciri diferensiasi agama. Indonesia kini sudah terlihat masyarakatnya memiliki jiwa toleransi yang tinggi.

5. Berkumpul Pada Suatu Waktu

Aliran agama apapun yang ada di Indonesia biasanya memiliki satu waktu yang dianggap pas untuk melakukan ibadah dan hal ini menjadi ciri dari diferensiasi agama yang terjadi. Salah satu faktor perubahan sosial yang terjadi di masyarakat adalah timbulnya jiwa toleransi yang terus berkembang dan waktu untuk berkumpul ini biasanya digunakan untuk menambah kadar keimanan penganutnya.

6. Miliki Tempat Ibadah

Agama apapun pasti memiliki tempat ibadah yang digunakan dan tempat dibadah ini biasanya digunakan sebagai tempat melakukan ritual keagamaan serta melakukan silaturahmi. Sudah banyak bentuk penyimpangan sosial yang berkaitan dengan perbedaan agama terjadi di Indonesia dan dengan adanya tempat ibadah memudahkan umat agama untuk melakukan ritual keagamaannya.

7. Miliki Sebuah Larangan Tersendiri

Setiap agama pastinya memiliki sebuah hal yang tidak boleh dilakukan dan hal ini menjadikan masyarakat memiliki batasan tersendiri dalam melakukan sebuah tindakan. Hal ini menjadikan contoh pranata agama yang timbul di masyarakat dan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Larangan setiap agama pastinya berbeda-beda dan biasanya larangan ini menjadi pondasi dasar, agar tak melakukan sebuah hal yang merugikan banyak orang.

Demikian ulasan mengenai ciri ciri diferensiasi agama dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 15th, March 2019 / 08:36 Oleh :
Kategori : Pendidikan