Sponsors Link

4 Ciri-ciri Stratifikasi Sosial Terbuka Dalam Kehidupan Masyarakat

Sponsors Link

Individu memiliki status dan peran masing-masing sebagai anggota masyarakat. Status dan peran itu terkadang membuat individu berbeda dengan individu lainnya sehingga munculah lapisan dalam masyarakat (baca juga: contoh pelapisan sosial). Lapisan masyarakat atau dalam sosiologi dikenal dengan istilah stratifikasi sosial adalah pengelompokkan masyarakat berdasarkan ukuran tertentu kedalam susunan secara bertingkat. Ukuran-ukuran tertentu yang dijadikan pedoman dalam mengelompokkan masyarakat kedalam contoh kelas sosial meliputi :

ads
  • Kekayaan: masyarakat akan dikelompokkan berdasarkan kepemilikkan harta benda. Semakin banyak harta benda yang dimiliki, semakin individu tersebut berada di kelas sosial teratas;
  • Kehormatan: masyarakat melalui ukuran ini dikelompokkan berdasar gelar kebangsawanan yang dimilikinya;
  • Ilmu pengetahuan: masyarakat pada umumnya menggunakan ukuran tingkat pendidikan yang telah ditempuh seseorang untuk menentukan kategori kelas sosial;
  • Kekuasaan: orang yang memiliki kekuasaan atau kedudukan lebih luas atau tinggi dalam ukuran ini akan menempati kelas sosial teratas. (baca juga: faktor pembentuk stratifikasi sosial)

Gerak masyarakat yang selalu dinamis seringkali membuat peran dan status individu mengalami perubahan. Berkaitan dengan adanya perubahan tersebut, maka terdapat dua sifat stratifikasi sosial, yaitu stratifikasi sosial tertutup (closed social stratification) dan stratifikasi sosial terbuka (open social stratification). Stratifikasi sosial tertutup memiliki ciri utama berupa adanya batasan kemungkinan berpindahnya seseorang dari kelas sosial satu ke kelas sosial lainnya, baik secara vertikal ke atas maupun ke bawah. Adapun stratifikasi sosial terbuka memiliki ciri sebaliknya yaitu memungkinkan seseorang berpindah dari lapisan sosial satu ke lapisan sosial lainnya. Secara lebih rinci, ciri-ciri stratifikasi sosial dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Adanya peluang perpindahan kelas sosial bagi seseorang

Berbeda dengan stratifikasi sosial tertutup yang memiliki batas perpindahan kelas, sifat-sifat stratifikasi sosial terbuka memungkinkan individu untuk beralih kelas sosial sosial sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Contoh pak Agus seorang guru SMP yang melanjutkan kembali studinya menjadi jenjang S2. Seusai lulus, ia beralih profesi menjadi dosen. Kasus ini menunjukkan pak Agus yang tadinya mengenyam pendidikan S1 telah naik kelas sosial secara pendidikan menjadi S2 dan lebih disegani karena profesi barunya oleh masyarakat.

  • Keanggotaan kelas sosial dinamis atau tidak berlaku seumur hidup

Seseorang yang telah berada di kelas sosial tertentu tidak terikat seumur hidup dalam kelas sosial tersebut. Contoh  pak Adi terlahir pada golongan keluarga ekonomi kelas bawah dan membuatnya bekerja sebagai kuli bangunan, namun kinerja pak Adi yang bagus membuat bosnya memberikan kepercayaan kepada pak Adi untuk ikut mengelola toko bangunan milik bosnya. Kasus ini menunjukkan bahwa meski pak Adi terlahir dari keluarga ekonomi kelas bawah, pak Adi masih memiliki peluang untuk pindah kelas sosial selama ia masih hidup

  • Interaksi antara kelas sosial satu dengan lainnya lebih bersifat bebas

Stratifikasi terbuka tidak terlalu mengutamakan penghormatan antar kelas sosial. Contoh seorang pengusaha menikah dengan stafnya. Kasus seperti ini sah-sah saja pada masyarakat yang menganut sistem stratifikasi sosial terbuka berbeda halnya dengan masyarakat yang menganut sistem stratifikasi tertutup. Kelas-kelas sosial pada stratifikasi tertutup sangat memperhatikan pretisenya, sehingga sesorang yang berada di kelas sosial teratas harus menikah dengan mereka yang berada pada kelas sosial atas juga.

  • Umumnya berlaku di lingkungan masyarakat modern

Masyarakat modern terbuka dengan adanya perubahan karena usaha seseorang sangat dihargai keberadaannya. Hal ini berbeda pada masyarakat tradisional yang lebih mempercayai segala sesuatu yang ada di lingkungannya bersifat tetap. Contoh Ari seorang anak tukang becak yang berhasil menjadi pimpinan bank. Semua staf bank hormat pada Ari tanpa mempertimbangkan latar belakang keluarga Ari. Kasus seperti ini tidak akan ditemukan pada masyarakat feodal karena tanpa usahapun seorang anak raja atau sultan akan tetap berada di kelas sosial atas karena sudah bersifat permanen dan terikat tradisi.

Lima ciri-ciri stratifikasi sosial terbuka di atas telah dijelaskan secara rinci berserta contohnya pada artikel kali ini. Semoga dapat menjadi referensi untuk memahami keberadaan stratifikasi sosial tersebut dalam masyarakat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 10th, July 2018 / 04:17 Oleh :
Kategori : Sosiologi