Sponsors Link

Inilah Cara Persebaran Meganthropus Paleojavanicus dan Ciri-cirinya yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Meganthropus paleojavanicus adalah manusia purba yang umurnya sangat tua dan menjadi salah satu manusia purba yang pernah tinggal di Indonesia. Meganthropus paleojavanicus merupakan manusia purba yang ukurannya sangat besar dan berbagai fosil manusia purba ini berhasil ditemukan pada tahun 1936. Manusia purba jenis ini pertama kali ditemukan oleh Gustav Heinrich Ralph von Koenigswald dan lokasi penemuannya adalah di Sangiran Jawa Tengah. Van Koenigswald adalah seseorang yang berasal dari Belanda dan sengaja datang ke Indonesia untuk melakukan berbagai penelitian mengenai peninggalan manusia purba.

ads
  • Cara Persebaran Meganthropus Paleojavanicus

Daerah Sanggiran Jawa Tengah adalah daerah ditemukannya beberapa fosil manusia purba yang ukurannya sangat besar dan meganthropus paleojavanicus dianggap sebagai manusia purba tertua di Indonesia yang fosilnya berhasil ditemukan. Van Koenigswald adalah orang yang paling berjasa dalam penemuan orang purba ini dan Van Koenigswald adalah manusia hebat yang berasal dari Belanda. Bagian tubuh manusia purba yang pertama kali ditemukan adalah rahang bagian bawah dan rahang bagian atas. Manusia purba jenis ini juga sering disebut sebagai manusia purba raksasa yang berasal dari Jawa dan fosil selanjutnya yang ditemukan adalah bagian rahang bawah oleh Marks. Manusia purba ini termasuk salah satu jenis-jenis manusia purba yang ada di Indonesia dan fosilnya di temukan di Indonesia.

  • Ciri-Ciri Meganthropus Paleojavanicus

1. Tak Punya Dagu

Berbeda dengan manusia pada umumnya, meganthropus paleojavanicus tidak memiliki dagu pada bagian mukanya dan memiliki bagian mulut yang sangat menonjol. Tak hanya itu manusia purba jenis ini juga memiliki bentuk hidung yang melebar dan dengan bentuk hidung unik membuat manusia purba jenis ini sangat berbeda dengan manusia purba jenis lain. Pada jaman dulu proses interaksi sosial yang terjadi antar manusia purba berjalan dengan sangat tradisional dan manusia purba jenis ini juga sangat menjunjung tinggi adat istiadat yang berlaku.

2. Hidup Berkelompok

Manusia purba jenis ini juga memiliki kebiasaan hidup berkelompok dan proses terjadinya interaksi sosial berjalan dengan sangat natural. Budaya gotong royong masih sangat kental dan proses mempertahankan hidupnya sangat bergantung pada alam. Makanan yang berasal dari tumbuhan hutan menjadi makanan yang dikonsumsi oleh manusia purba jenis ini dan dengan kebiasaan tradisionalnya membuat manusia purba ini memiliki banyak kelebihan.

3. Bentuk Muka Unik

Manusia purba meganthropus paleojavanicus memiliki tulang ubun-ubun yang pendek dan pada bagian belakang kepalanya sangatlah menonjol. Pada bagian kening memiliki tonjolan yang sangat unik dan bentuk tulang pipinya sangatlah tebal. Berbagai ciri manusia purba jenis ini sangatlah unik dan membuat banyak kelebihan dibanding dengan manusia purba jenis lainnya. Ada berbagai ciri-ciri gerakan sosial yang terlihat dari bentuk tubuh manusia purba meganthropus paleojavanicus dan semua cara hidupnya sudah pasti dengan cara tradisional.

4. Bentuk Tubuh

Manusia purba jenis meganthropus paleojavanicus memiliki bentuk tubuh yang sangat besar dan postur tubuhnya sangatlah tegap. Semua perkembangan wilayah Indonesia membuat manusia purba kehidupannya terancam dan manusia jenis ini termasuk dalam manusia purba tertua Indonesia. Manusia purba ini juga memiliki bentuk gigi dan rahang yang sangat besar serta kuat.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara persebaran meganthropus paleojavanicus dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:36 Oleh :
Kategori : Sejarah