Sponsors Link

Inilah 6 Cara dan Proses Pemberdayaan Masyarakat

Sponsors Link

Pemberdayaan masyarakat adalah suatu usaha untuk membuat masyarakat berperan aktif dalam kehidupan sosial dan masyarakat yang memberdayakan akan mendapatkan banyak keuntungan. Kemajuan suatu wilayah atau daerah juga sangat ditentukan dengan peran masyarakatnya dan semakin aktif masyarakatnya, maka lingkungan akan semakin maju. Ada berbagai bidang kehidupan yang dapat maju dengan adanya pemberdayaan masyarakat seperti kemajuan di bidang pendidikan dan bidang ekonomi.

ads

Cara Pemberdayaan Masyarakat

1. Pengembangan

Salah satu cara pemberdayaan masyarakat adalah dengan melakukan pengembangan dalam berbagai bidang dan dengan perkembangan masyarakat, maka tujuan pembangunan sosial budaya akan dengan mudah tercapai. Dengan perkembangan masyarakat yang berjalan dengan baik, akan membuat kondisi kehidupan masyarakat menjadi lebih stabil dan kondusif. Dengan perkembangan masyarakat yang baik, maka kehidupan ekonomi masyarakat akan lebih berkembang dan mengalami peningkatan.

2. Pengorganisasian

Masyarakat yang terorganisir dengan baik, akan memperkecil terjadinya sebuah masalah dan berbagai penyebab terjadinya konflik akan tercegah dengan sangat baik. Melakukan organisir masyarakat bukanlah sebuah hal mudah, karena masyarakat terdiri dari berbagai macam pemikiran dan harus dipaksa mengikuti sebuah sistem organisasi yang dijalankan. Kondisi masyarakat akan terkendali dengan baik, bila adanya sebuah pencegahan konflik yang dilakukan.

3. Perubahan Perilaku

Untuk memberdayakan masyarakat juga bisa dilakukan dengan merubah perilaku masyarakat yang sifatnya negatif menjadi positif, namun hal ini sangatlah sulit untuk diwujudkan dan bentuk hubungan sosial masyarakat akan terjalin dengan baik, jika adanya sebuah perilaku positif di masyarakat. Mengubah perilaku suatu masyarakat memang prosesnya sangatlah panjang dan memerlukan waktu yang lumayan lama.

Proses Pemberdayaan Masyarakat

Proses pemberdayaan masyarakat terdiri dari berbagai tahapan atau fase dan langkah-langkah dalam proses pemberdayaan akan berjalan dengan 3 langkah penting:

1. Kepekaan

Tingkat kepekaan masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan berbagai bidang dan dengan kepekaan masyarakatnya yang tinggi, perkembangan berbagai bidang akan bisa diikuti masyarakat. Perkembangan teknologi menjadi salah satu dampak globalisasi yang terjadi di Indonesia dan proses interaksi sosial akan bisa berjalan dengan baik, jika ada kepekaan masyarakat mengenai berbagai hal. Dengan kepekaan yang tinggi, maka akan banyak masyarakat yang berperan aktif di lingkungan sosial masyarakat dan peran aktif masyarakat menjadi hal penting bagi sebuah negara.

2. Pelatihan

Proses pemberdayaan masyarakat juga dapat dilakukan dengan melakukan sebuah pelatihan keterampilan dan pelatihan ini dilakukan untuk memenuhi semua kendala yang terjadi. Dengan adanya pelatihan akan membuat kehidupan sosial masyarakat berjalan dengan baik dan hal ini juga menjadi contoh pembangunan sosial budaya yang dilakukan di sebuah lingkungan. Dengan pelatihan diharapkan akan muncul masyarakat yang produktif dan kreatif.

3. Kerjasama

Proses pemberdayaan masyarakat juga dilakukan untuk membentuk sebuah lingkungan yang baik dan dengan lingkungan yang baik, akan ada bentuk kerjasama yang terjadi antar sesama masyarakat. Kerjasama antar masyarakat menjadi sebuah hal penting yang harus terjadi dan dengan kerjasama kehidupan sosial masyarakat yang positif akan terbentuk.

Sekian ulasan lengkap mengenai cara dan proses pemberdayaan masyarakat dan semoga artikelnya dapat memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 03:16 Oleh :
Kategori : Pendidikan