Sponsors Link

10 Cara Mengatasi Rasisme Paling Jelas dan Terlengkap

Sponsors Link

Rasisme adalah keyakinan bahwa suatu ras lebih tinggi derajatnya dari pada ras lainnya, sehingga mereka merasa mempunyai hak untuk mengatur dan melecehkan ras lain tersebut. Rasisme ini sudah mengakar di dalam diri bangsa Indonesia karena sudah ditanam oleh bangsa Belanda selama 35o tahun ketika menjajah bangsa ini.

ads

Politik devide et impera atau politik adu domba adalah salah satu cara yang sukses dilakukan oleh Belanda untuk memecah belah bangsa besar ini. Dengan membuat suatu suku merasa lebih superior, maka dapat dipastikan bangsa ini akan terus terpecah-pecah dan Belanda pun akan lebih aman menjajah kita karena bangsa kita cukup repot mengurusi masalah internal ingin menjadi suku yang lebih superior.

Cara Mengatasi Rasisme

Sekarang saatnya generasi muda menghapus rasisme dari muka bumi. Dengan bersatu tentu bangsa Indonesia akan lebih kuat melawan gempuran dari luar sehingga kelak menjadi bangsa yang mandiri dan sehat. Ada beberapa cara mengatasi rasisme, berikut langkah-langkahnya:

  1. Mempelajari contoh persaingan kebudayaan suku lain akan membuka wawasan sehingga akan timbul rasa suka dan akhirnya akan melahirkan rasa toleransi yang tinggi kepada ras lain.
  2. Jangan membatasi pertemanan dengan satu ras saja. Berteman dengan ras lain akan memperkaya pengetahuan dan kebudayaan kita.
  3. Jangan berprasangka buruk terhadap ras lain. Apapun yang mereka lakukan, tentu mempunyai tujuan tertentu dan juga mempunyai arti tersendiri bagi daerah asalnya. Selama hal tersebut tidak menyakiti orang lain, kita harus belajar mengerti dan menghormatinya.
  4. Jika anda terlibat diskusi atau obrolan dengan teman yang berbeda dari faktor akulturasi budaya, hindari kata-kata yang berbau rasis, seperti eh batak atau dasar cina, walau anda hanya menganggapnya bercanda. Karena hal ini akan menjadi bibit-bibit perselisihan yang berujung pada cara mengatasi konflik antar ras antar teman.
  5. Jika disekitar anda ada masalah rasis, ajak bicara orang-orang yang terlibat secara damai. Beri pengertian tentang bahaya rasisme.
  6. Memahami cara pandang orang lain adalah salah satu cara untuk mengatasi rasisme. Kita harus sadar bahwa setiap orang punya cara pandang yang berbeda dan pasti merasa bahwa cara pandang kita adalah yang paling benar. Oleh karena itu kita harus memahaminya dengan memberi masukan yang logis agar orang lain bisa menerimanya.
  7. Masalah rasisme yang terjadi di Indonesia tidak boleh ditutup-tutupi. Anda bisa membicarakannya dengan teman-teman anda dengan tujuan agar jenis-jenis masalah sosial tersebut tidak boleh terjadi dampak kesenjangan sosial bagi anda.
  8. Banyaklah membaca buku agar wawasan bertambah dan membuka pandangan kita terhadap cara berpikir, kebudayaan dan keyakinan orang lain.
  9. Jika ada orang yang melakukan da anda, katakan bahwa anda tidak menyukainya secara santun dan berikan alasan yang masuk akal pada orasisme keparang tersebut agar dia tidak mengulanginya kembali.
  10. Jika orang-orang tersebut tetap melakukan rasisme, tunjukkan pada mereka bahwa anda punya kelebihan dibandingkan mereka namun tetap santun, berpikiran terbuka dan selama tidak merugikan orang lain jalani saja kehidupan seperti biasanya.

Demikian sepuluh cara mengatasi rasisme yang bisa dilakukan untuk mencegah berkembangnya rasisme kearah yang lebih buruk. Saling menghormati dan mempunyai rasa toleransi tinggi adalah kunci menghilangkan rasisme.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 04th, November 2018 / 07:43 Oleh :
Kategori : Sosiologi