Sponsors Link

Inilah 7 Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial Ekonomi

Sponsors Link

Kesenjangan sosial adalah adanya ketidaksamaan yang timbul di lingkungan masyarakat dan perbedaan itu terjadi akibat adanya perbedaan status sosial, status ekonomi dan kedudukan dilingkungan masyarakat. Kesenjangan sosial dapat menimbulkan berbagai macam konflik yang sangat mengganggu bagi suatu lingkungan dan untuk mengatasi konflik-konflik sosial yang terjadi, pasti membutuhkan suatu pemimpin lingkungan yang tegas serta bertanggung jawab. Permasalahan sosial di masyarakat memang sangatlah kompleks dan sering membuat suatu lingkungan jadi kacau, hal ini harus dapat diatasi dengan sangat baik oleh pemimpin lingkungan. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi:

ads

1. Meningkatkan Usaha Menengah Mikro(UKM)

UKM adalah suatu usaha yang dilakukan oleh masyarakat dan kini dengan peningkatan jumlah UKM akan membuat kesenjangan sosial ekonomi menjadi berkurang. Ada banyak sekali dampak kesenjangan sosial yang dialami masyarakat dan hal ini membuat kesejahteraan masyarakat menjadi sangat kecil. UKM memerlukan dukungan dari pihak pemerintahan, karena harus bersinergi dengan pihak pemerintah. Salah satu usaha pemerintah untuk mendorong UKM adalah dengan memberikan kredit usaha kurs pada masyarakat dan program ini dijalankan oleh bank BUMN seperti BRI. Dengan meningkatnya UKM akan membuat tingkat kesenjangan sosial menjadi menurun.

2. Pendidikan Layak dan Terjangkau

Pendidikan yang layak memang belum bisa dirasakan semua masyarakat Indonesia, terutama di daerah-daerah pelosok dan pendidikan yang terjangkau menjadi harapan semua masyarakat Indonesia. Dengan tingkat pendidikan yang tidak merata, menimbulkan kesenjangan sosial ekonomi di berbagai daerah dan pemerataan pendidikan menjadi sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Tidak layaknya pendidikan menjadi salah satu contoh kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat dan pemerataan pendidikan harus dilakukan dari berbagai tingkatan, mulai dari SD sampai perguruan tinggi. Biaya pendidikan juga harus terjangkau bagi semua kalangan.

3. Transmigrasi

Banyaknya masyarakat yang melakukan transmigrasi ke suatu wilayah, menyebabkan wilayah tersebut mengalami kesenjangan sosial dan keberagaman pada suatu wilayah yang banyak transmigrasi membuat wilayah menjadi memiliki kesenjangan sosial ekonomi yang tinggi. Kedatangan transmigran menjadikan suatu menjadi padat penduduknya dan tingkat persaingan usaha menjadi sangat ketat. Ada banyak sekali upaya mengatasi ketimpangan sosial yang dilakukan oleh pemerintah dan salah satunya dengan pemerataan tingkat populasi penduduk di berbagai wilayah. Dengan jumlah penduduknya yang merata, maka kesenjangan sosial ekonomi akan dapat diatasi.

4. Tingkatkan Fasilitas

Fasilitas umum dan fasilitas pelayanan umum menjadi sebuah permasalahan yang menimbulkan kesenjangan sosial di masyarakat. Fasilitas umum seperti alat transportasi, jalan dan berbagai fasilitas lainnya memang belum bisa merata dijalankan. Tingkat kesenjangan sosial di Indonesia disebabkan juga oleh tingkat fasilitas yang berbeda di berbagai wilayah dan salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan melakukan peningkatan fasilitas. Fasilitas publik menjadi sebuah hal yang sangat penting, karena dengan tingkat fasilitas yang merata kesenjangan sosial akan terhindarkan dan berbagai bentuk-bentuk ketimpangan sosial dapat tercegah dengan baik.

5. Sosialisasi

Dengan melakukan sosialisasi yang baik, berbagai kesenjangan sosial bisa dicegah dan langkah sosialisasi ini harus dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kestabilan kondisi di suatu wilayah. Tanpa adanya sosialisasi akan banyak sekali masalah yang timbul dan berbagai bentuk-bentuk konflik sosial bisa saja terjadi, karena tak ada pengawasan yang baik. Sosialisasi menjadi cara terbaik dalam menghindarkan kesenjangan sosial di masyarakat, karena dengan sosialisasi yang tepat berbagai konflik sosial bisa terhindarkan dan permasalahan sosial ekonomi menjadi penyimpangan yang banyak terjadi dalam sebuah lingkungan masyarakat.

6. Perbaikan Sistem Peradilan

Sistem peradilan memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah negara dan sistem peradilan menjadi induk dari sistem keamanan negara. Berbagai tindak kejahatan pasti diadili di pengadilan dan pengadilan dijalankan sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan. Peradilan harus bisa berjalan dengan adil dan tidak boleh ada berat sebelah dalam putusan peradilannya. Sistem peradilan yang baik akan mencegah timbulnya kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat dan kesamaan hukum orang kaya dengan miskin menjadi nyata. Dengan sistem peradilan yang baik, maka berbagai faktor ketimpangan sosial dapat diatasi dengan sangat cepat dan tepat.

Sponsors Link

7. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah adalah salah satu upaya yang dilakukan pihak pemerintah untuk menjaga kestabilan lingkungan dan timbulnya kesenjangan sosial di masyarakat. Ada berbagai sikap kritis dalam menghadapi ketimpangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat dan kebijakan yang pro rakyat menjadi hal yang akan menciptakan kedamaian di lingkungan. Lingkungan yang baik, akan menghasilkan manusia-manusia cerdas dan dengan lahirnya banyak manusia cerdas akan membuat sebuah negara menjadi kuat. Salah satu kebijakan pemerintah yang pro rakyat adalah melakukan pemerataan harga BBM di seluruh wilayah Indonesia.

Indonesia memang negara yang sangat luas dan memiliki keragaman budaya yang sangat tinggi. Sumber daya alam Indonesia pun sangatlah banyak dan menjadi salah satu negara yang memiliki populasi manusia terbanyak. Dengan berlimpahnya manusia, tentu banyak sekali kesenjangan sosial ekonomi yang terjadi dan salah cara satu mengatasinya adalah dengan melakukan sosialisasi yang baik oleh pihak pemerintah ke masyarakat.

Itulah ulasan lengkap mengenai cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, May 2019 / 07:32 Oleh :
Kategori : Ekonomi