Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Hambatan Perdagangan Internasional Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebelum anda mempelajari lebih dalam mengenai perdagangan internasional anda bisa melihat jenis-jenis migrasi nasional dan internasional, anda perlu mengetahui tentang dasar dan definisi dari perdagangan internasional terlebih dahulu. Secara ekonomi, perdagangan internasional atau biasa disebut dengan internasional trade merupakan sebuah interaksi yang terjadi antar negara melalui kegiatan jual- beli barang maupun jasa dengan kesepakatan dari pihak terkait. Sebenarnya menelisik dari sejarah yang ada, perdagangan internasional tidak hanya terjadi pada era ini tetapi sudah terjadi mulai dari zaman kerajaan- kerajaan terdahulu.

ads

Namun lebih berkembang di masa ini apalagi banyak sekali jasa jual- beli antar negara dengan sistem canggih. Adapun definisi dari perdagangan internasional secara umum yaitu sebagai salah satu kegiatan tukar- menukar barang maupun jasa atas kesepakatan bersama. Tentunya perdagangan internasional ada bukan karena terjadi begitu saja berbeda dengan perbedaan migrasi nasional dan migrasi internasional, ada banyak sekali alasan mengapa hingga saat ini banyak sekali negara melakukan perdagangan internasional. Hal ini karena tidak semua negara bisa menciptakan sebuah produk dengan kecanggihan maupun sesuai dengan kebutuhannya, untuk itu dilakukanlah perdagangan internasional. Dengan adanya perdagangan internasional pula, suatu negara dapat mensejahterakan rakyatnya dan menambah devisa negara.

Masyarakat di negara dengan keterbatasan barang maupun jasa bisa mendapatkan barang maupun jasa sesuai dengan kebutuhan maupun keinginannya dari berbagai negara. Adapun tujuan dari perdagangan internasional dalam dunia ekonomi yaitu meningkatkan GDP (Gross Domestic Product). GDP sendiri merupakan total dari keseluruhan nilai produksi barang maupun jasa di dalam negara selama setahun penuh. Efek dari perdagangan internasional tentunya sangat besar terlebih tidak hanya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam bidang ekonomi saja tetapi juga dalam bidang lain seperti sosial, bahkan politik. Perdagangan internasional ini juga memiliki banyak sekali dampak positif bagi suatu negara seperti berikut ini.

  • Dampak Positif Dari Perdagangan Internasional

Dampak positif dari perdagangan internasional tentunya sangat banyak berbeda dengan perbedaan migrasi internasional dan migrasi nasional, sebelum anda mengetahui lebih jelas mengenai perdagangan internasional hingga perkembangannya maka ada baiknya untuk mengetahui apa saja dampak positif pada perdagangan internasional. Selain dapat mensejahterakan bangsa di suatu negara, berikut merupakan dampak yang terjadi apabila suatu negara melakukan kegiatan perdagangan internasional.

  1. Dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam suatu negara.
  2. Mempererat hubungan antara negara- negara terkait.
  3. Menaikkan devisa negara.
  4. Adanya kerjasama antar negara terkait.
  5. Mengembangkan kegiatan ekspor dan impor suatu negara.
  6. Mempercepat pertumbuhan ekonomi.
  7. Memperluas penggunaan teknologi dan sumber daya.
  8. Pergerakan sumber daya.

Di atas merupakan dampak positif dari perdagangan internasional, perdagangan internasional sendiri tidak bisa langsung dilakukan begitu saja. Sebuah negara yang ingin melakukan perdagangan internasional tentunya harus memiliki dasar dan memenuhi persyaratan pada perundang- undangan perdagangan internasional. Perdagangan yang dilakukan pun sifatnya harus legal. Sebuah negara yang melakukan perdagangan ilegal dengan negara lain maka akan terkena sanksi yang tegas. Dan salah satu persyaratan utama bagi sebuah negara yang ingin melakukan perdagangan internasional antar negara yaitu negara tersebut harus merdeka yaitu tidak sedang dijajah.

Perdagangan internasional pun tidak hanya dilakukan oleh negara tetapi juga bisa dilakukan oleh individu berbeda dengan sarana-sarana hubungan internasional antar negara, apalagi saat ini zaman semakin maju. Masyarakat bisa melakukan sebuah perdagangan internasional menggunakan jasa kurir maupun aplikasi. Mereka tidak hanya bisa menjual barang saja, mereka juga bisa menjual saham ataupun membeli saham perusahaan di negara lain. Dan itu merupakan seputar dampak positif dari perdagangan internasional. Sayangnya walaupun saat ini sudah canggih, masih saja ada hambatan dalam melakukan perdagangan internasional.

  • Hambatan Perdagangan Internasional

Tidak semulus perkiraan anda apalagi perdagangan internasional ini merupakan kegiatan antar negara bukan hanya antar individu saja. Banyak sekali hambatan- hambatan terjadi ketika suatu negara melakukan perdagangan internasional. Dan berikut merupakan beberapa hambatan perdagangan internasional yang perlu anda ketahui terlebih dahulu.

Sponsors Link

  1. Perbedaan mata uang pada setiap negara
  2. Keadaan kualitas produk dalam perdagangan internasional
  3. Resiko terhadap pembayaran
  4. Nilai tukar mata uang
  5. Keamanan negara
  6. Regulasi ekonomi

Hambatan- hambatan pada perdagangan internasional di atas tentunya sangat meresahkan tidak hanya satu negara tetapi negara- negara terkait. Dari hambatan di atas anda juga bisa melihat sebab terjadinya perdagangan internasional antar negara, hambatan paling sering dialami oleh negara- negara yang ingin melakukan perdagangan internasional yaitu nilai mata uang yang berbeda dan kualitas produk antar negara tentunya memiliki kriteria berbeda. Untuk nilai mata  uang memang berbeda- beda ini tergantung dari kurs mata uang berdasarkan nilai mata uang tertinggi suatu negara.

Tak jarang perbedaan nilai mata uang menjadi perdebatan banyak pihak ketika melakukan perdagangan internasional. Karena ini pula bahkan suatu negara sangat jarang melakukan perdagangan internasional sehingga negara tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya mengenai produk tertentu yang menjadi kebutuhan mereka. Yang kedua yaitu kualitas barang berbeda dengan faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional di Indonesia, banyak sekali negara ingin mendapatkan barang dengan jenis serta kualitas terbaik dari negara lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Kualitas tidak hanya dilihat dari merek produk saja tetapi juga dilihat dari jenis bahan baku serta kandungan produk.

Selain itu sangat wajib bagi suatu negara memperhatikan kemasan produk mereka. Barang maupun produk yang dijual harus bisa sampai ke negara tujuan dengan kondisi baik. walaupun begitu tentu kualifikasi dari baik tidaknya produk ini tergantung dari negara penerima, inilah mengapa pengemasan sangat penting. Seperti yang anda ketahui di atas, walaupun banyak sekali hambatan dalam melakukan perdagangan internasional anda tidak perlu khawatir.

ads
  • Cara Mengatasi Hambatan Perdagangan Internasional

Ada berbagai cara untuk mengatasi hambatan perdagangan internasional di atas, cara- cara ini sangat ampuh dan banyak dilakukan oleh negara- negara maju maupun berkembang. Mengingat perdagangan internasional sangat penting, perlu anda ketahui pula bahwa perdagangan internasional ini juga salah satu tolak ukur apakah negara tersebut sudah mampu berkembang dan maju atau belum.

  • Merevolusi Informasi Dan Transportasi

Langkah pertama yang dilakukan pemerintah saat ini untuk menangani hambatan perdagangan internasional yaitu dengan merevolusi informasi serta transportasi agar lebih baik lagi. Informasi yang faktual mengenai perdagangan internasional serta transportasi yang baik akan mempermudah suatu negara untuk melakukan transaksi dalam perdagangan internasional.

  • Memperkenalkan Produk Negeri

Selain itu anda juga bisa melihat Bentuk-Bentuk Kerjasama Internasional dan Contohnya, penting sekali untuk memperkenalkan produk lokal dengan baik kepada turis- turis ataupun ke berbagai negara luar. Ini bertujuan selain mempromosikan agar produk laris juga mempermudah dalam melakukan perdagangan internasional di luar negeri.

  • Liberalisasi Ekonomi

Liberalisasi ekonomi dengan membebaskan produk maupun jasa yang masuk maupun keluar dalam perdagangan internasional. Namun, bebas disini berarti produk merupakan produk yang aman dan tidak bersifat ilegal seperti obat- obatan terlarang, senjata, minuman keras, dan lain- lain.

  • Memanfaatkan Informasi Perdagangan Internasional

Pemerintah selalu menghimbau kepada masyarakat dalam tindakan ekspor dan impor untuk lebih teliti lagi. Tentu ini memiliki maksud dan tujuan, pemerintah akan mempermudah kegiatan perdagangan internasional apabila masyarakat mampu memanfaatkan informasi mengenai perdagangan internasional dengan baik.

  • Mengunjungi Negara Asal Produk

Untuk mengatasi hambatan perdagangan internasional dimana harga barang bisa menjadi sangat mahal karena jasa pengiriman, maka perdagangan internasional dapat dilakukan dengan melakukannya langsung di negara asal.

  • Membaca Aplikasi Dagang Luar Negeri

Sudah banyak sekali aplikasi dagang luar negeri dimana mereka menyajikan berbagai produk andalan dari berbagai negara, untuk mengatasi hambatan yang ada maka bisa dengan mudah melakukan perdagangan internasional melalui aplikasi.

  • Melakukan Perdagangan Internasional dengan Negara satu Organisasi

Hambatan perdagangan internasional yang bisa diatasi dengan mudah yaitu mengenai hambatan dalam bertransaksi dimana penjual dipersulit karena hubungan antar negara yang tidak baik. Untuk itu akan lebih mudah melakukan perdagangan internasional dengan negara yang memiliki hubungan baik seperti negara dalam satu organisasi internasional.

  • Memahami Transaksi Luar Negeri

Banyak sekali kasus penghambat dalam melakukan hubungan internasional terjadi akibat ketidakpahaman mengenai cara bertransaksi di negara asal barang terproduksi. Untuk mengatasi kesulitan tersebut maka pelaku perdagangan internasional harus memahami cara transaksi di luar negeri terlebih dahulu.

Sponsors Link

  • Melakukan Pemeriksaan Produk yang Akan Dibeli

Sangat penting bagi suatu negara untuk melakukan pemeriksaan barang terkait dengan perdagangan internasional. Barang harus memiliki izin dan legal untuk dimasukkan ke dalam negara penerima. Untuk mengatasi hambatan yang terjadi maka setiap negara memiliki peraturan terhadap perilaku ekspor dan impor yang hampir sama.

  • Memastikan Keamanan Produk

Sebelum produk dijual dalam perdagangan internasional maka perlu adanya kepastian dari berbagai pihak termasuk pemerintah. Jika tidak ada kepastian maka ini dapat menghambat perdagangan internasional.

  • Melakukan Hubungan Baik Antar Negara

Agar produk maupun jasa mudah masuk ke dalam negeri dari luar negeri, maka suatu negara bisa melakukan hubungan baik dengan negara pemilik produk maupun jasa. Ini agar perdagangan internasional yang terjadi memiliki kesempatan yang mudah dijalankan oleh kedua belah pihak.

  • Membantu Negara Lain Memasarkan Produk

Untuk mempermudah dan mengatasi hambatan dalam perdagangan internasional serta mendapatkan harga lebih murah, maka suatu negara bisa membantu negara lain untuk memasarkan produknya di dalam negeri. Ini dapat dilakukan dengan mempermudah masuknya iklan- iklan produk luar negeri di televisi lokal.

Itulah cara mengatasi hambatan- hambatan dalam perdagangan internasional yang bisa kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 11:41 Oleh :
Kategori : Ekonomi