Sponsors Link

5 Cara Memperingati Hari Pahlawan Di Indonesia

Sponsors Link

Hari pahlawan adalah hari untuk memperingati perjuangan para pahlawan dalam pertempuran yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945 dan setiap tanggal 10 November selalu ada tanda merah yang menandakan hari pahlawan. Penetapan hari pahlawan ini tercatat dalam Keppres No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 dan hari pahlawan selalu diperingati dengan sangat meriah di berbagai wilayah di Indonesia. Mengenang jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia menjadi tujuan utama adanya hari pahlawan dan dengan perjuangan para pahlawanlah kemerdekaan Indonesia bisa diraih. Pada setiap wilayah perayaan hari pahlawan selalu dirayakan dengan berbeda-beda dan perayaan selalu dilaksanakan dengan cara-cara yang unik. Berikut ini adalah cara memperingati hari pahlawan:

ads

1. Ziarah

Ziarah ke makam para pahlawan adalah salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan dan dengan ziarah ke makam para pahlawan anda bisa mendoakan para pahlawan. Dengan mendoakan para pahlawan yang telah gugur, akan ada manfaat hubungan sosial yang terjadi antar sesama peziarah dan anda akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki nasionalisme sama tingginya. Taman Makam Pahlawan Kalibata adalah salah satu makan pahlawan yang ada di Indonesia dan pada saat hari pahlawan, selalu banyak masyarakat yang berdoa dengan membawa karangan bunga.

2. Membaca Buku

Membaca buku sejarah adalah sebuah hal yang menyenangkan dan sejarah para pahlawan adalah salah satu sejarah penting yang dimiliki Indonesia. Dengan membaca buku perjuangan pahlawan, anda akan mengetahui berbagai proses interaksi sosial yang terjadi pada jaman dahulu dan buku sejarah bisa didapat di berbagai tempat. Buku biografi para pahlawan menjadi jenis buku yang banyak dicari masyarakat pada momen perayaan hari pahlawan dan dengan mengetahui asal usul seorang pahlawan, anda bisa lebih menghargai jasa-jasa perjuangan para pahlawan.

3. Menonton Film

Pada saat hari pahlawan tiba, menonton film bertema pahlawan menjadi sebuah hal yang sangat seru untuk dilakukan dan kisah-kisah perjuangan para pahlawan, bisa terlihat dari tampilan filmnya. Film pahlawan biasanya digambarkan persis seperti kejadian aslinya dan untuk film pahlawan biasanya hanya sedikit rekayasa yang dilakukan. Dengan menonton film, anda akan mengetahui unsur-unsur hubungan sosialyang terjadi pada jaman dahulu dan anda juga bisa mengetahui berbagai strategi yang dijalankan para pahlawan untuk memperjuangkan kemerdekaan.

4. Pergi Ke Museum

Museum adalah salah satu tempat yang menyimpan berbagai hal yang berkaitan dengan sejarah dan pada saat anda berkunjung ke museum, anda akan mengetahui berbagai contoh lingkungan sosial yang pernah ada pada masa pahlawan. Berbagai peninggalan jejak sejarah biasanya disimpan di museum dan pada saat hari pahlawan tiba, museum biasanya dibuka dengan harga tiket yang murah atau tiketnya gratis. Pergi ke museum menjadi sebuah hal positif yang dapat membangkitkan rasa nasionalisme seseorang.

5. Mengadakan Teatrikal

Teatrikal adalah salah satu cara perayaan untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan dan dengan teatrikal anda menunjukkan rasa nasionalisme yang baik. Berbagai ciri-ciri hubungan sosial akan terlihat dalam teatrikal, karena dengan cara ini berbagai tokoh akan diperankan dengan wujud yang hampir sama dan dengan berdandan seperti pahlawan yang lengkap dengan senjata-senjatanya.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara memperingati hari pahlawan dan semoga artikelnya memberikan banyak manfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Saturday 11th, May 2019 / 06:06 Oleh :
Kategori : Pendidikan