Sponsors Link

Inilah 5 Cara Kehidupan Manusia Liang Bua Pada Masanya Dan Cara Bertahan Hidupnya

Sponsors Link

Manusia Liang bua adalah penemuan kerangka yang menyerupai manusia atau homilin di sebuah gua dan penemuan ini terjadi pada masa lalu. Gua tersebut terletak di Flores Nusa Tenggara Timur. Penemuan manusia liang bua menceritakan sejarah pada jaman dahulu yang menandakan adanya sebuah pelapisan kebudayaan yang terjadi akibat letusan gunung berapi. Goa liang bua pada bagian bawahnya terbangun dari lapisan tufa yang dihasilkan dari letusan gunung berapi dan belum ada data yang real mengenai dari mana tufa itu berasal. Berikut ini adalah beberapa cara kehidupan manusia liang bua pada masanya:

ads

1. Kehidupan Pra-aksara

Manusia liang bua dipercaya hidup pada jaman pra-aksara dan ada sedikit data yang didapat dari para peneliti di lokasi gua. Penelitian awal yang dilakukan oleh Th. Verhoeven menemukan adanya fragmen manusia dan pada penelitian ini ditemukan adanya tulang iga, gerabah dan juga alat serpih dari manusia liang bua. Kemudian pada penelitian 1965 ditemukan juga 7 kerangka manusia di liang bua dan hal ini memperkuat adanya dugaan kehidupan pada masa lampau. Kini manusia liang bua termasuk dalam jenis-jenis manusia purba yang pernah hidup di masa lalu, jauh dari era modern seperti sekarang.

2. Hidup Pada Masa Mesolitik

Guru besar Universitas Gajah Mada yaitu Teuku Jacob yang juga seorang peneliti sejarah mengatakan bahwa manusia liang bua bila dilihat secara struktural hidup pada zaman mesolitik dan hal ini diperkuat dengan adanya ciri Australomelanesid atau bentuk tengkoraknya yang memanjang. Hal ini memperkuat bahwa pada jaman dahulu ada proses interaksi sosial yang dilakukan antar sesama manusia liang bua.

3. Hidup Berdampingan Dengan Gajah Purba

Pada tahun 2003 diadakan sebuah proyek penggalian besar yang terjadi akibat adanya kerjasama antara Indonesia dengan Australia dan pada penelitian kali ini ditemukan kerangka manusia. Ada sekitar 6 kerangka yang ditemukan dan penemuan kali ini memiliki aspek morfologis serta bentuk postur yang sama dengan penelitian sebelumnya. Ditemukan juga kerangka tubuh gajah purba dan kerangka tubuh komodo. Hal ini memperkuat adanya ciri-ciri gerakan sosial yang terjadi pada masa lalu antara manusia dan binatang.

4. Manusia Liang Bua Termasuk Homo Sapiens

Berdasarkan hasil penelitian yang terjadi dalam waktu yang panjang dominasi karakter arkaik sangatlah kuat dan hal ini menandakan bahwa manusia liang bua termasuk dalam variasi homo sapiens yang hidup pada jaman dahulu. Hal ini menandakan adanya proses terjadinya interaksi sosial pada jaman dahulu yang dilakukan manusia liang bua.

5. Cara Bertahan Hidup

Berdasarkan penggolongannya yang termasuk dalam homo sapiens, maka cara bertahan hidup manusia liang bua diperkirakan dengan cara berburu dan mencari makanan yang dihasilkan dari alam secara langsung. Manusia liang bua dapat berdampingan dengan hewan purba dan untuk mempertahankan hidupnya manusia liang bua sangat mengandalkan berbagai hal dari alam. Beberapa syarat terjadinya aktivitas sosial terlihat dari kehidupan manusia liang purba yang bisa hidup berdampingan dengan berbagai hewan purba.

Sekian ulasan mengenai cara kehidupan manusia liang bua pada masanya dan semoga artikelnya memberikan informasi penting bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Tuesday 02nd, April 2019 / 05:21 Oleh :
Kategori : Sejarah