Sponsors Link

Macam Macam Bentuk Kegiatan Perdagangan di Indonesia

Sponsors Link

Kegiatan perdagangan atau perniagaan merupakan kegiatan tukar menukar jasa atau barang atau bahkan keduanya berdasarkan kesepatan bersama dan bukan karena pemaksaan. Kegiatan perdagangan merupakan salah satu kegiatan ekonomi penting dengan mengukur besar tingkat sebuah negara dan nantinya kita bisa mengetahui seberapa makmur sebuah negara. Secara umum, bentuk kegiatan perdagangan juga terbagi menjadi dua yakni perdagangan antar daerah atau antar pulau dan juga perdagangan antar negara dan disini peran pasar dalam perekonomian sangatlah penting. Berikut ini akan kami jelaskan apa saja macam bentuk kegiatan perdagangan yang sangat penting untuk diketahui.

ads

1. Kegiatan Perdagangan Antar Daerah atau Antar Pulau

Macam bentuk kegiatan perdagangan yang pertama adalah kegiatan perdagangan antar daerah atau antar pulau. Semakin berkembangnya teknologi sekarang ini, maka tidak heran jika kegiatan perdagangan juga ikut berkembang. Sebagai contoh, barang barang yang berasal dari Pulau Jawa bisa berada di Pulau Irian atau produk dari kota kota di Pulau Sumatra yang bisa berada di Pulau Sulawesi begitu juga sebaliknya.

Tujuan dari perdagangan antardaerah atau antar pulau tersebut tentunya adalah untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dengan harga jual. Harapan yang ingin diwujudkan dari perdagangan ke luar daerah adalah untuk memperoleh keuntungan yang lebih banyak lagi dan menjadi salah satu upaya Indonesia menjadi negara maju.

Sedangkan manfaat kedua dari perdagangan antar daerah atau antar pulau adalah untuk memperluas jangkauan pasar. Semakin luas jangkauan perdagangan, maka juga akan semakin banyak konsumen yang didapat sehingga bisa memperbanyak keuntungan yang bisa diperoleh.

Perdagangan antar daerah atau antar pulau ini tidak terjadi begitu saja, sebab setidaknya ada 2 faktor pendorong penyebab terjadinya perdagangan antara daerah tersebut, yakni:

  • Perbedaan produksi yang dimiliki: Karena perbedaan faktor produksi yang dimiliki khususnya produksi alam, maka inilah yang menjadi salah satu alasan dari perdagangan antar daerah. Contohnya, daerah pesisir pantai yang ingin hasil produksinya bisa sampai ke pelosok dan begitu juga di daerah pelosok pegunungan yang ingin hasil produksi seperti sayur dan buah sampai ke tangan penduduk pesisir. Untuk itulah kegiatan perdagangan dibutuhkan sehingga hasil produksi bisa saling memenuhi kebutuhan.
  • Perbedaan tingkat harga: Perbedaan tingkat harga juga menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan antar daerah. Sebagai contoh Kota Pekalongan dengan hasil batik yang ingin mendapat keuntungan sehingga akan memasarkannya ke daerah lain di Indonesia yang menjadi salah satu cara mengatasi kesenjangan sosial ekonomi.
Sponsors Link

2. Kegiatan Perdagangan Antar Negara

Kegiatan perdagangan antar negara adalah aktivitas transaksi masyarakat sebuah negara dengan masyarakat dari negara lainnya. Sedangkan aktivitas perdagangan antar negara dibedakan menjadi dua yakni ekspor dan juga impor.

Eskpor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri dan pelaku kegiatan ekspor disebut dengan eksportir. Tujuan dari mengekspor barang ataupun jasa adalah untuk memperoleh keuntungan. Barang atau jasa yang dijual tersebut akan dibayar memakai mata uang asing yang kemudian akan ditukar dengan Rupiah. Mata uang asing tersebut secara otomatis akan disimpan pemerintah sebagai devisa negara yang bisa dipakai untuk mengimpor barang.

Sedangkan impor adalah kegiatan membeli barang dan jasa dari luar negeri dan pelakunya disebut dengan importir. Proses transaksi impor terjadi pada saat importir membayar barang yang sudah dibeli dari luar negeri memakai mata uang asing.

Selain bertujuan untuk memperoleh keuntungan, perdagangan antar negara ini juga bertujuan untuk memperoleh barang yang tidak diproduksi di dalam negeri, menjalin persahabatan antara negara dan juga untuk transfer teknologi modern.

Beberapa faktor pendorong yang menyebabkan perdagangan antar negara terjadi adalah untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa di dalam negeri, meningkatkan pendapatan negara dan juga menguasai perbedaan kemampuan penguasaan teknologi dalam mengolah sumber daya alam dan ada begitu banyak contoh barang ekspor dan impor yang ada sekarang ini.

Demikian ulasan singkat yang bisa kami berikan kali ini tentang macam bentuk kegiatan perdagangan yang sangat berguna khususnya jika suatu saat nanti anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses untuk mengekspor barang antar pulau atau ke luar negeri. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, July 2019 / 06:47 Oleh :
Kategori : Ekonomi