Sponsors Link

4 Bentuk-Bentuk Disintegrasi Sosial Dalam Suatu Bangsa

Sponsors Link

Disintegrasi secara umum merupakan sebuah kondisi ketidakharmonisan, ketidakutuhan, perpecahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Secara sosiologi disintegrasi disebutkan sebuah proses terpecah belahnya keadaanya dari kesatuan yang berada di masyarakat. Kita mengetahui bahwa hilang kesatuan dalam masyarakat akan menimbulkan dampak yang buruk pada kehidupan masyarakat itu sendiri.

ads

Interaksi sosial tidak akan berjalan sebagaimana semestinya. Sehingga, timbul berbagai ketegangan antar invidu atau kelompok. Disintegrasi sangat merugikan bagi suatu bangsa. Sebab perpecahan ini akan menimbulkan kegoyakan persatuan. Kondisi Penduduk Indonesia yang berlum sepenuhnya stabil secara sosial juga menjadi penyumbang adanya perpecahan tersebut.

Penyebab Disintegrasi Sosial

Segala sesuatu tidak terpungkiri memiliki penyebab terjadinya. Selaras dengan disintegrasi sebagai dalah satu bentuk ketidakharmonisan yang memiliki penyebab sebagai berikut;

  1. Tidak adanya persamaan persepsi antar anggota masyarakat mengenai suatu yang dianut atau norma-norma yang berkembang.
  2. Norma-noma sebagai pengendali masyarakat tidak befungsi sebagaimana mestinya.
  3. Tidak ada sangsi tegas terhadap masyarakat yang melanggar akan norma-norma
  4. Masyarakat bertindak telah berlainan akan norma-norma kebaikan yang ada
  5. Timbulnya suatu pertetangan norma dari berbagai invidu atau kelompok dalam masyarakat.

Gejala adanya disintegrasi sosial

Berikut gejala yang timbul di masyarakat akan adanya Disintegrasi sosial:

  1. Perbedaan pandangan dalam masyarakat mengenai tujuan yang disepakati sejak awal
  2. Adanya masyarakat yang melanggar norma-norma
  3. Adanya persaingan yang tidak sehat yang terjadi dalam masyarakat
  4. Tidak berfungsinya norma-norma dalam masyarakat

Bentuk-bentuk disintegrasi sosial

  • Pergolakan Daerah

Pergolakan ini merupakan suatu bentuk ketidakharmonisan yang terjadi di daerah tertentu, yang termasuk dalam  bentuk konflik sosial.Wujud dari pergolakan ini ditandai dengan adanya tindakan kekerasan yang terjadi kepada masyarakat. Masyarakat yang dimaksud merupakan masyarakat pribumi. Sifat dari pergolakan ini mengarah pada tindakan kejahatan manusia yang dilakukan antar golongan atau kelompk tertentu. Tindakan yang tentu membahayakan sebab akan berdampak pada keamanan secara nasional suatu bangsa. Bisa jadi akan merambat pada daerah-daerah lain sekitarnya.

Penyebab adanya pergolakan sosial meliputi;

  1. Perbedaan idiologi
  2. Pemegang kekuasaan yang semena-mena
  3. Pertentangan sosial yang berkepanjangan
  4. Adanya faktor kepentingan tertentu yang mengerakkan

Contoh dari pergolakan ini dapat dilihat dari kasus berikut;

Dalam sebuah masyarakat misalnya ingin mengadakan sebuah acara kerja bakti secara rutin setiap minggu. Tujuan diadakan kerjabakti ini untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Setiap anggota keluarga harus ikut kerjabakti tersebut setiap minggu. Namun, ada salah satu masyarakat yang tidak setuju. Karena tidak setuju inilah salah satu anggota mencela beberapa masyarakat lain dan melakukan pemberontakan. Tindakan ini membua kegaduhan di masyarakat dan menimbulkan perpecahan atau disebut sebagai disintegrasi sosial. Sekaligus ini merupakan contoh perilaku antisosial.

Sponsors Link

  • Demontrasi

Demontrasi merupakan hal wajar yang terjadi di setiap masyarakat. Tindakan ini dilakukan sebagai bentuk ketidaksetujuaan akan berbagai kebijakan yang diambil oleh lembaga tertentu. Demontrasi ini di Indonesia sering dilakukan mahasiswa, perserikan buruh dan guru. Tentu tidak ada salahnya melakukan demontrasi dan tidak mengarah pada tindakan yang melanggar hukum. Karena negara kita menganut asas kebabasan berpendapat. Meskipun demikian, tindakan demontrasi sering berakhir pada kerusuhan. Pelemparan batu kepada petugas kepolisian, melakukan perusakan, bahkan menghilangkan nyawa kelompok lain. Melalui tindakan inilah yang sejujurnya membentuk disintegrasi sosial. Menimbulkan kekacauan dan perpecahan antar masyarakat.

Penyebab adanya demontrasi;

  1. Sistem yang menyimpang
  2. Sistem yang tidak sesuai dengan pilihan
  3. Perubahan sistem konstitusi

Akibat Demontasi bagi masyarakat dan bangsa meliputi;

  1. Menghambar modernisasi dan pembangunan daerah
  2. Keamanan yang tidak stabil
  3. Timbulnya kejahatan ekonomi dan politik
ads
  • Tindakan kriminal

Tindakan kriminal tidak asing bagi masyarakat kita. Hampir setiap hari ada pemberitaan menganai tindakan kriminal tersebut. Mirisnya tindakan kriminal ini tidak saja menghilangkan harta benda, tetapi juga terkadang menghilangkan nyawa orang lain. Padahal sudah ada undang-udangan yang mengatur dan telah banyak para pelaku yang dijebloskan ke penjara. Namun, tidak ada efek jera yang terjadi. Tindakan kriminal ini merupakan sebuah tindakan yang melanggar norma-norma yang ada di masyarakat dan bentuk-bentuk ketimpangan social.  Kita ketahui bahwa melanggar norma-norma merupakan sebuah penyebab dari adanya disintegrasi sosial. Kriminal akan menimbulkan kegaduhan dan kecemasan di masyarakat sosial. Tidak jarang muncul adanya sikap saling curiga dan saling tidak percaya. Hal inilah yang merupakan salah satu indikasi adanya disintegrasi.

Contohnya: kriminal yang berbentuk pencopetan, perampokan, dan pembunuhan.

Penyebab adanya kriminalisasi

  1. Kepadatan pendudukan
  2. Strata sosial
  3. Persaingan budaya
  4. Pertentangan budaya
  5. Mental yang masih labil
  • Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja tergolong pada bentuk disintegrasi sosial dan Bentuk Penyimpangan Sosial. Mengapa demikian? kenakalan remaja yang berada di masyarakat secara tidak langsung akan menimbulkan berbagai perpecahan. Perpecahan ini tidak saja terjadi antar remaja itu sendiri, tetapi juga masyarakat. Masyarakat merasa di rugikan adanya kenakalan remaja. Misalnya, balapan liar, minum-minuman keras, narkoba dan seks bebas. Kenakalan yang terjadi pada remaja merupakan bentuk dari penyimpangan dan pelanggaran akan norma-norma di masyarakat. Hal ini diakibatkan adanya perubahan sosial cepat di masyarakat. selain itu ada faktor penyebab kenakalan remaja yang meliputi;

  1. Faktor dari eksternal
  2. Keluarga
  3. Sekolah
  4. Pergaulan atau teman
  5. Faktor internal
  6. Usia
  7. Jenis kelamin

Itulah beberapa ulasan adanya bentuk-bentuk dalam bentuk disintegrasi sosial yang bisa anda ketahui, bagaimana bentuk-bentuknya.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 07th, June 2018 / 07:42 Oleh :
Kategori : Sosiologi