Sponsors Link

5 Contoh Pendekatan Sosiologi Pasar Dengan Sistem Sosial

Sponsors Link

Bagi sebagian besar pembaca di sini tentu sudah tidak asing lagi dengan kata pasar dan juga sistem sosial. Pasar adalah tempat berinteraksi antara para penjual dengan para pembeli. Dimana penjual ingin mendapatkan uang dengan cara menjual barang yang ia miliki. Inilah ciri-ciri negara maju di bidang ekonomi yang belum di miliki Indonesia.

ads

Sedangkan pembeli ingin mendapatkan barang dengan cara menukarkan uang yang mereka miliki tadi. Sehingga bisa di bilang ada kesinambungan antar pembeli dan penjual yang tidak bisa di pisahkan begitu saja. Bahkan pasar sendiri bisa di bilang sebagai tempat penggerak ekonomi di semua daerah yang ada di Indonesia. Sebab semua transaksi jual beli ada di tempat ini.

Contoh Pendekatan Sosiologi Pasar Dengan Sistem Sosial

Sedangkan sistem sosial adalah sebuah sistem yang ada di masyarakat dan di gunakan untuk mengatur kehidupan bersosial antar masyarakat. Sosiologi pasar dengan sistem sosial sangatlah berkaitan. Adapun contoh pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial adalah sebagai berikut ini.

1.Pendekatan dengan jaringan sosial

Jaringan sosial di sini bukanlah sebuah media sosial yang biasanya di gunakan sebagai tempat berkomunikasi pada gadget. Namun yang di maksud pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial menggunakan jaringan sosial adalah hubungan sosial yang di bangun antara pembeli dengan penjual. Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan ekonomi.

Dengan adanya hubungan sosial ini maka para penjual bisa menjual barang mereka dengan lebih mudah. Bahkan jika jaringan sosial yang di miliki oleh penjual luas maka barang yang ia miliki juga semakin banyak yang membeli. Sebab yang mengetahui tentang barang tersebut semakin luas juga. Beberapa upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran yang patut di apresiasi.

2. Pendekatan melalui adaptasi

Pendekatan sosiologi pasar dalam sistem sosial juga bisa menggunakan cara adaptasi. Dimana para penjual maupun pembeli baru akan mulai mencoba untuk beradaptasi di lingkungan yang mereka tempati tersebut. Sehingga tetap sama-sama untung tanpa ada yang di rugikan. Perbedaan pasar modern dan pasar tradisional yang harus Anda ketahui.

3. Pendekatan melalui pencapaian

Contoh pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial selanjutnya adalah dengan menggunakan cara pencapaian. Dimana tingkat produksi dan konsumsi yang paling di butuhkan dalam pendekatan ini. Sehingga jika permintaan pasar semakin banyak maka tingkat produksi juga akan meningkat. Inilah kegiatan ekonomi di Indonesia yang menarik untuk di pelajari.

4. Pendekatan melalui permainan

Pendekatan melalui permainan ini memerlukan keseimbangan atau kesinambungan antara logika yang Anda miliki dengan realitas yang ada di pasar. Dimana dalam proses permainan di kenal dua tipe yaitu zero sum dan non zero sum. Bentuk-bentuk perubahan sosial di masyarakat yang harus selalu di ikuti perkembangannya.

5. Pendekatan melalui konflik

Dan contoh pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial yang selanjutnya adalah pendekatan melalui konflik. Biasanya konflik ini terjadi karena jumlah barang yang ada di pasar tidak sesuai dengan permintaan konsumen sehingga timbullah konflik. Inilah ciri-ciri kapitalisme yang ada di masyarakat.

Beberapa contoh pendekatan sosiologi pasar dengan sistem sosial di atas pasti terjadi di masyarakat.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Friday 11th, January 2019 / 07:14 Oleh :
Kategori : Ekonomi