Sponsors Link

3 Tokoh-tokoh Sejarah Pada Masa Buddha di Indonesia

Sponsors Link

Letak wilayah Indonesia yang strategis membuat Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak di jadikan jalur pelayaran dari India ke China dan dari China ke India. Dengan banyaknya pelayar India dan China yang melalui Indonesia, maka banyak pengaruh mulai dari kebudayaan hingga agama yang berasal dari India dan China. Para pedagang yang berlayar tersebut tidak hanya melakukan perdagangan, mereka juga mempunyai tujuan untuk menyebarkan agama yang mereka anut yaitu Buddha. Saat itu agama yang sedang cukup kuat di Indonesia yaitu Hindu, akan tetapi pada agama hindu di kenal istilah kasta sedangkan pada buddha tidak ada pengenalan istilah kasta. Hal itu menyebabkan penyebaran agama buddha dilakukan secara merata karena tidak ada perbedaan kasta pada agama buddha.

ads

Baca juga :

Kerajaan-kerajaan Buddha di Indonesia

Agama budha masuk ke Indonesia lebih awal dari pada agama Hindu. Hal itu terbukti dari penemuan barang-barang peninggalan budha yang ditemukan di Sempaga, Sulawesi Selatan. Akan tetapi persebaran agama hindu lebih berkembang dari pada buddha hal ini dapa terlihat dari banyaknya kerajaan hindu dari pada kerajaan budha di Indonesia. Kerajaan buddha yang ada di Indonesia yaitu kerajaan sriwijaya, kerajaan melayu, kerajaan mataram kuno, kerajaan singasari, dan kerajaan majapahit. Berikut ini penjelasan singkat beberapa kerajaan buddha yang ada di Indonesia.

Baca juga:

Asal-Usul Kerajaan Sriwijaya dan Mataram Kuno

Kerajaan sriwijaya merupakan kerajaan yang bercorak buddha. Hingga saat ini belum diketahui siapa dan kapan awal berdirinya kerajaan sriwijaya. Akan tetapi berdasarkan prasasti yang ditemukn, kerajaan sriwijaya di prediksikan berdiri pada sekitar abad ke-7 dan berpusat di Palembang, Sumatera Selatan. Adapun raja pertama pada kerajaan sriwijaya yaitu Sri Jayanegara. Masa kejayaan kerajaan sriwijaya yaitu saat dipimpin oleh Raja Balaputradewa pada abad ke-9. Kerajaan sriwijaya dikatakan kerajaan nusantara pertama sebab wilayah dari kerajaan sriwijaya berada hampir di seluruh nusantara diantaranya daerah-daerah yang ada di Sumatera, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan juga Semenanjung Melayu. (Baca juga : Peran lembaga pendidikan )

Prasasti canggal merupakan bukti dari sejarah kerajaan mataram kuno. Prasasti canggal berisi tentang sejarah berdirinya lingga di Jawa di desa Kunjarakunja dan diperintahi raja Sanjaya. Raja pertama pada kerajaan mataram yaitu raja Sanna, kemudian beliau digantikan oleh Sanjaya yaitu anak dari raja Sanna. Pada masa pimpinan raja Sanjaya beliau berhasil menaklukan wilayah Jawa Barat, Jawa Timur dan juga Bali. Setelah raja sanjaya meninggal, dinasti yang memimpin mataram adalah Dinasti Sanjaya dan Dinasti Syailendra. Kedua dinasti tersebut beraliran beda dinasti sanjaya beragama hindu dan dinasti syailendra beragama buddha. Dinasti Syailendra memerintah pada wilayah Jawa Tengah bagian selatan. (Baca juga : Faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia )

Sponsors Link

Peristiwa-Peristiwa Tokoh Pada Sejarah Buddha

Kerajaan-kerajaan buddha yang ada di Indonesia tentunya tidak dapat lepas dari adanya tokoh-tokoh yang sata itu memerintah kerajaan tersebut. Adapun tokoh-tokoh sejarah buddha tersebut tersebut tertulis pada berbagai peninggalan dari masa buddha seperti prasasti, dll. Tokoh sejarah pada masa buddha yang sangat terkenal diantaranya yaitu Balaputradewa, Ratu Sima, Sakyakirti, Syailendra, dan Kertanegara, sebagai berikut:

1. Balaputradewa

BalaputradewaBalaputradewa adalah seorang raja yang memerintah pada masa kejayaan kerajaan sriwijaya. Berdasarkan prasasti Nalanda, Balaputradewa adalah cucu dari Dharanindra. Sedangkan ayah Balaputradewa yaitu Samaragrawira dan ibunya yaitu Dewi Tara.

Berdasarkan prasasti nalanda, Balaputradewa bersahabat dengan Dewapaladewa hal ini dibuktikan dengan adanya wihara di Benggala. Inilah, beberapa peristiwa yang dialami dari tokoh Balaputradewa dalam masa Buddha sebagai berikut:

  • Pada sekitar tahun 850M, Balaputradewa mulai memerintah pada kerajaan Sriwijaya hal ini diterima baik oleh seluruh keluarga istana karena Balaputradewa merupakan anak dari Dewi Tara yang merupakan anggota dari keluarga Sriwijaya.
  • Pemerintahan Balaputradewa diperkirakan berpusat di Palembang. Saat Balaputra dewa memerintah sebagai Raja, kerajaan Sriwijaya mengalami pada kejayaan.
  • Balaputradewa merupakan sosok yang sangat memperhatikan ilmu pengetahuan agama Buddha. (Baca juga : upaya pemerintah dalam mengatasi pengangguran )

Baca juga :

ads

2. Ratu Shima

Ratu ShimaRatu shima merupakan ratu yang memerintah di kerajaan Kalingga.  Ratu Shima lahir pada tahun 611 M, dan pada tahun 628M ia menikah dengan Kartikeyasingha. Kartikeyasingha merupakan anak dari seorang Raja Kalingga yang memerintah pada tahun 632M hingga 648M. Lalu mulai 648M hingga 674M Kartikeyasingha memerintah menjadi Raja Kalingga. Raja Kartikeyasingha dan Ratu Shima mempunyai 2 orang anak yang bernama Parwati dan Narayana. Inilah beberapa peristiwa yang terjadi dan dialami oleh Ratu Shima dalam masa Buddha sebagai berikut:

  • Pada tahun 674M Ratu shima mengambil alih posisi dari Kartikeyasingha sebagai raja hal ini karena pada tahun 674M Kartikeyasingha wafat. (Baca juga: Syarat terjadinya interaksi sosial)
  • Sri Maharani Mahissasuramardini Satyaputikeswara merupakan gelar ratu Shima, beliau memerintah menjadi raja mulai tahun 674M hingga 695M. (Baca juga: Penyebab terjadinya konflik)

Masa pemerintahan Ratu Shima merupakan masa kejayaan untu Kerajaan Kalingga. Hal ini membuat Ratu Shima menjadi seseorang yang sangat di homarti dan banyak dikagumi oleh banyak orang. Pada masa pemerintahan Ratu Shima merupakan masa kejayaan semua kebudayaan. Di Hyang merupakan wilayah yang berada di sekitar kerajaan Ratu Shima, dimana tempat itu merupakan tempat bersatunya antara Hindu dan Buddha. Ratu Shima dikenal sebagi sosok yang anggun, berwibawa, dan terkenal akan ketegasannya dalam memerintah kerajaan. Semua kalangan sangat mencintai dan menghormati Ratu Shima karena kebaikannya. Hingga berita tentang Ratu Shima terdengar sampai ke Raja Ta-che di China.

Baca juga :

3. Kertanegara

KertanegaraKertanegara merupakan seorang raja yang berasal dari keturunan raja-raja yang pernah memerintah di Singhasari. Kertanegara merupakan anak dari raja keempat Singhasari yaitu Wisnuwardhana dengan Jayawardhani. Kertanegara merupakan cicit dari Tunggul Ametung dan Ken Dedes. Raja Kertanegara merupakan seorang raja yang membawa kerajaan singosari menuju masa kejayaannya. Inilah beberapa peristiwa yang dialami oleh Kertanegara dalam masa Buddha sebagai berikut:

  • Kertanegara merupakan seorang raja yang mempunyai ambisi untuk menyatukan semua wilayah di Nusantara. (Baca juga : unsur-unsur budaya )
  • Pada prasasti Mula Malurung pada tahun 1255M menjelaskan bahwa kertanegara sebelum menjadi raja pernah diangka menjadi yuwaraja di Kadiri.
  • Selain itu ia merupakan raja muda yang memerintah dengan bimbingan ayahnya. (Baca juga: Pengertian perubahan kebudayaan)

Nah itulah beberapa tokoh-tokoh sejarah pada masa buddha yang dapat kerajaan yang dipimpinnya menuju kejayaan. Kita selaku generasi muda haruslah mengikuti semua sikap baik para tokoh tersebut agar dapat memajukan negara. Sekian pembahasan kali ini, semangat dan sukses selalu. Semoga bermanfaat dan dapat memberi motivasi dalam pembelajaran.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 31st, August 2017 / 05:09 Oleh :
Kategori : Sejarah