Sponsors Link

12 Sifat Hakikat Sosiologi Sebagai Ilmu Pengetahuan

Sponsors Link

Sosiologi merupakan sebuah ilmu sosial yang mempelajari mengenai perilaku sosial yang terjadi antara individu dengan individu dan kelompok serta kelompok dengan kelompok. Manusia memang hakikatnya sebagai makhluk sosial yang selalu berkaitan dengan hubungan sosial karena hal tersebut akan mempengaruhi perilaku dari orang orang tersebut. Sebagai sebuah bidang studi, cakupan dari ilmu sosiologi memang sangat luas.

ads

Tokoh pertama yang mengemukakan mengenai Sosiologi adalah Auguste Comte yang merupakan filsuf dari Perancis yang kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi. Jika secara etimologis, sosiologi terdiri dari 2 kata, socious  yang berarti teman dan logis yang berarti perkataan atau pembicaraan. Ada beberapa definisi sosiologi menurut para ahli, antara lain adalah:

  • Menurut WR. Ogbum dan M.F Nimkoff, dijelaskan dalam buku yang berjudul A Handbook of Sociology, sosiologi merupakan sebuah studi yang secara ilmiah pada kehidupan sosial. (baca juga: Ciri-Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi)
  • Menurtu George A Lunberg, dkk,  dalam buku yang berjudul Sociology menyatakan jika Sosiologi merupakan ilmu yang mana mempelajari mengenai tingkah laku sosial yang ada pada individu ataupun kelompok.
  • Menurut Ginsberg, dalam buku yang berjudul The Study of Society menjelaskan jika Sosiologi merupakan studi pada masyarakat yang mana mempelajari mengenai antar aksi serta antar relasi pada manusia dan syarat akibatnya.
  • Menurut Max Weber,  Sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mencoba memahami serta merangkum tindakan-tindakan sosial yang ada beserta sebab dan akibatnya. (baca juga: Faktor Pendorong Mobilitas Sosial)
  • Menurut Cuber, di dalam bukunya yang berjudul Sociology, A Synopsi of  Principles memberikan batasan terkait ilmu sosiologi. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan mengenai timbal balik yang terjadi di antara manusia. (baca juga: Perkembangan Awal Politik Pada Awal Kemerdekaan)
  • Menurut Bierensdehan, dalam buku nya yang berjduul Sociology Ontwikkelingen Methode memberikan batasan terkait yaitu sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari terkait pergaulan hidup. (baca juga: Perkembangan Pegerakan Kebangsaan Indonesia)
  • Menurut Sorokin, ilmu sosiologi mempelajari terkait gejala-gejala sosial kebudayaan yang berasal dari sudut pandang umum, mempelajari sifat esensial dari gejala tersebut, dan hubungan yang terjadi di antara gejala-gejala tersebut.
  • Menurut Dr. P J Bouman, Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan manusia yang ada di dalam lingkungan kelompok. (baca juga: Peran Dunia Internasional Dalam Konflik Indonesia Belanda)
  • Menurut Queen & Repke, dalam buku nya yang berjudul Living in the Social World. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai kehidupan kelompok. (baca juga: Peninggalan Sejarah Hindu Budha)
  • Menurut Prof, Groenman, Sosiologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai tindakan manusia di dalam usaha nya untuk menyesuaikan diri di dalam sebuah ikatan. Penyesuaian tersebut meliputi sesama manusia, lingkungan geografi, serta kebudayaan yang ada di sekelilingnya. (baca juga: Alat Komunikasi Zaman Sekarang)
  • Menurut Ibnu Chaldun, Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai masyarakat dalam bentuknya yang beragam, watak, serta ciri cirinya kepada trap-trap bentuk serta hukum yang menguasai dari perkembangannya.
  • Menurut Spencer, Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari terkait tumbuh bangun sert kewajiban yang ada di masyarakat.
  • Menurut Roucek & Warren, Sosiologi merupakan ilmu yang mana mempelajari terkait hubungan yang terjadi antara manusia dengan kelompoknya. (baca juga: Faktor Pendorong Urbanisasi)

Artikel terkait:

Sehingga dapat disimpulkan jika sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari mengena cara bermasyarakat. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai sifat hakikat sosiologi, dalam proses ilmu pengetahuan sebagai berikut:

Sponsors Link

1. Sosiologi Bersifat Empiris

Sosiologi bersifat empiris yang artinya merupakan sebuah ilmu dengan dasar dari hasil observasi serta penalaran yang dilakukan pada berbagai kenyataan sosial yang ada di masyarakat dan hasil observasi tersebut hanya bersifat spekulasi. Sehingga dapat dikatakan jika sosiologi bukan ilmu yang hanya berdasar pada pemikiran pemikiran individu namun lebih berdasar pada hasil pengamatan yang memang sesuai dengan akal sehat atau kenyataan yang ada. (baca juga: Cara Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk)

Dikarenakan sesuai dengan penalaran dan pengamatan, maka ilmu sosiologi adalah kenyataan yang dapat dirasakan pancaindera manusia melalui sebuah pengamatan serta rasional yang memang didasarkan pada nalar. Sehingga sosiologi bukanlah sebuah ilmu yang mana berlawanan dengan akal dan kenyataan, sehingga dapat dikatakan ilmu yang faktual. (baca juga: Peninggalan Zaman Logam)

2. Sosiologi Bersifat Teoritis

ads

Yang berarti sosiologi adalah ilmu yang berusaha untuk selalu mendapatkan sebuah kesimpulan yang mana berdasarkan pada hasil pengamatan serta penalaran sehingga dapat menyusun kerangkan dan menghasilkan sebuah teori keilmuan. Kesimpulan yang didapat merupakan kerangka dari unsur yang masuk akal dan nyata sehingga tujuannya dapat menjelaskan mengenai sebab akibat yang nantinya dapat menghasilkan sebuah teori. (baca juga: Sejarah Perkembangan Sosiologi)

Teori yang dihasilkan tersebut merupakan perwujudan dari 2 variabel yang memang sudah diuji kebenarannya. Sehingga teori yang ada di dalam ilmu sosiologi bukanlah sesuatu yang tidak jelas darimana asal usulnya, namun berdasarkan dari fakta yang ada. (baca juga: Pengertian Piramida Penduduk)

3. Sosiologi Bersifat Kumulatif

Yang berarti sosiologi adalah ilmu yang mana teori-teori nya merupakan pengembangan teori-teori lama yang sudah ada sebelumnya. Sehingga teori sosiologi adalah hasil perbaikan, perluasan, perhalusan serta perdalaman dari teori lama. Misalnya saja mengenai teori hukum yang sering dikaitkan dengan interaksi sosial dikarenakan saat menjalani sebuah kehidupan sosial, tentunya individu tidak diperbolehkan untuk melanggar hukum yang ada. (baca juga: Pembagian Wilayah Waktu)

4. Sosiologi Bersifat Nonetis

Yang berarti sosiologi tidak mempermasalahkan mengenai baik ataupun buruknya fakta yang ada namun lebih mementingkan mengenai penjelasan fakta-fakta tersebut apa adanya dan secara analitis. Di dalam penerapannya, ilmu pengetahuan terbagi menjadi 2 yaitu ilmu murni dan ilmu terapan. (baca juga: Pemberontakan PKI Madiun)

Bentuk Hakikat-Hakikat Dalam Sosiologi 

Dapat dikatakan jika hakikat sosiologi merupakan inti sari atau dasar serta kebenaran yang ada dari ilmu sosiologi. Berdasarkan pemahaman tersebut maka ilmu sosiologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mana mempelajari terkait masyarakat serta lebih menekankan pada interaksi yang ada, berikut ini beberapa bentuk sifat dari hakikat sosiologi:

1. Sosiologi Adalah Ilmu Sosial

Sosiologi adalah ilmu sosial, bukanlah ilmu tentang alam ataupun kerohanian. Sehingga akan terlihat sekali perbedaan dari kedua ilmu tersebut pada isinya. Sosiologi lebih menjelaskan kepada hal-hal yang terkait dengan kemasyarakatan, berbeda dengan ilmu biologi misalnya yang lebih menjelaskan terkait tumbuhan, astronomi yang menjelaskan ruang angkasa, dan ilmu ilmu lainnya. (baca juga: Peran Keluarga Dalam Proses Sosialisasi)

3. Sosiologi Masuk Kedalam Ilmu Pengetahuan Yang Kategoris

Sosiologi bukanlah ilmu normatif, yang mana di dalam ilmu sosiologi ada batasan-batasan pada pembahasan mengenai apa yang sedang terjadi bukan kepada hal yang akan terjadi dan juga bukan sesuatu hal yang harusnya terjaid. Sosiologi adalah ilmu yang bebas pada nilai dan tidak mempertimbangkan mengenai baik ataupun buruknya fakta yang ada. (baca juga: Fungsi dan Peran Yayasan)

4. Sosiologi Merupakan Ilmu Pengetahuan Yang Murni

Sponsors Link

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang murni (pure science) bukanlah sebuah ilmu pengetahuan terapan (applied science) yang berarti jika sifat hakikat sosiologi adalah suatu ilmu yang memiliki tujuan agar dapat mengembangkan serta meningkatkan mutu tanpa harus dipergunakan di dalam lingkungan masyarakat. (baca juga: Kabinet Pada Masa Demokrasi Liberal)

Ilmu pengetahuan yang murni merupakan ilmu pengetahuan yang memang dirtujukan agar dapat mengembangkan serta membentuk ilmu pengetahuan dengan abstrak yang dapat mempertinggi mutu tanpa harus digunakan langsung di dalam kehidupan. Berbeda dengan ilmu pengetahuan terapan yang mana memiliki tujuan untuk bisa diterapkan serta digunakan di dalam kehidupan. (baca juga: Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor)

5. Sosiologi Adalah Ilmu Pengetahuan Abstrak

Yang berarti jika ilmu sosiologi melakukan sebuah pengamatan yang mana pada bentuk serta  pola yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat bukanlah wujud yang konkret. (baca juga: Jenis Pengendalian Sosial)

6. Memiliki Tujuan Menghasilan Pengertian dan Pola Umum di Masyarakat

Sosiologi memiliki tujuan agar dapat menghasilkan pengertian dan pola umum yang terjadi di dalam masyarakat. Yang berarti sosiologi melakukan sebuah penelitian serta pencarian kepada berbagai macam prinsip serta hukum umum yang didasarkan pada interaksi yang terjadi serta aspek yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. (baca juga: Faktor Pendorong Mobilitas Sosial)

Artikel lainnya:

7. Sosiologi Adalah Ilmu Yang Rasional

Sosiologi merupakan ilmu yang rasional serta terkait dengan metode-metode yang digunakan. Yang berarti ilmu sosiologi merupakan ilmu yang tidak berlawanan dengan kenyataan dan akal sehat yang ada. Dan di dalam penelitiannya, sosiologi menggunakan metode sosiologi. (baca juga: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam)

8. Sosiologi Merupakan Ilmu Pengetahuan Umum

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang umum, bukan merupakan ilmu pengetahuan khusus. Yang berarti jika ilmu sosiologi mempelajari hal-hal umum yang terjadi di sebuah objek studi yaitu masyarakat. Gejala-gejala umum ini mempelajari pada hal yang lebih ditekankan pada interaksi yang terjadi.

Nah itu tadi penjelasan mengenai sifat hakikat sosiologi yang dapat anda ketahui. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Dan bisa anda ketahui apa dari sifat dari beberapa hakikat sosiologi tersebut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, September 2017 / 08:12 Oleh :
Kategori : Sosiologi