Sponsors Link

20 Perbedaan Negara Maju dan Negara Berkembang

Sponsors Link

Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita mendengar istilah negara maju dan negara berkembang. Suatu negara dikatakan negara maju harus memenuhi kriteria dari negara maju begitupun negara berkembang. Tingkat kesejahteraan dari suatu negara sangat berpengaruh terhadap perkembangan negara tersebut.

ads

Biasanya suatu negara maju dapat dilihat dari perekonomin negara yang tinggi, dan sebaliknya jika suatu negara mempunya perekonomian yang rendah negara tersebut biasanya merupakan negara berkembang. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai perbedaan antara negara maju dan negara berkembang. Simak pembahasannya, dibawah ini:

Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

Negara maju adalah sebutan untuk suatu negara yang memiliki standar hidup yang tinggi, memiliki teknologi yang canggih dan sistem perekonomian negara yang merata. Contoh negara maju yaitu Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Jepang, Australia, dll. Kebanyakan negara yang tergolong sebagai negara maju biasanya negara yang merupakan anggota Uni Eropa, akan tetapi masih banyak negara lain yang bukan merupakan anggota Uni Eropa tetapi termasuk negara maju.

Negara berkembang adalah sebutan untuk suatu negara yang memiliki standar hidup yang rata-rata bahkan bisa dibilang rendah. Negara berkembang memiliki kondisi penduduk indonesia pendapatan yang rendah selain itu memiliki infrastruktur yang terbelakang. Biasanya negara yang sudah melakukan suatu pembangunan disebut dengan negara berkembang, sedangkan negara maju mereka telah berhasil melakukan suatu pembangunan. Contoh dari negara berkembang yaitu Indonesia, India, Thailand, Filipina, Laos, dll. Tentunya negara berkembang dan negara maju memiliki perbedaannya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai perbedaan negara maju dan negara berkembang.

Baca juga :

Perbedaan Dari Negara Maju dan Negara Berkembang

Suatu negara dikatakan perbedaan negara maju ataupun negara berkembang tentunya memiliki kriteria tertentu. Kriteria antara negara maju dan negara berkembang tentunya berbeda. Selain dari aspek ekonomi, suatu negara dikatakan negara maju atau negara berkembang dilihat dari berbagai aspek. Berikut ini perbedaan antara negara maju dan negara berkembang:

1. Tingkat Pendapatan Suatu Negara

Hal pertama yang dapat membedakan antara negara maju dan negara berkembang yaitu tingkat pendapatan. Pendapatan suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu luas wilayah, jumlah penduduk, dan juga tingkat pendapatan perkapita . Dari 144 negara yang termasuk negara berkembang, 95 negara mempunyai jumlah penduduk yang sangat banyak yaitu 15.000.000 penduduk dan sisanya kurang ari 5.000.000 penduduk.

Dengan jumlah penduduk yang banyak dapat menjadi pendorong terjadinya suatu pembangunan. Semakin baik kualitas penduduk, maka akan semakin berpengaruh terhadap pembangunan begitupun sebaliknya. Negara maju memiliki pendapatan perkapita yang tinggi, sedangkan negara berkembang cenderung memiliki pendapatan perkapita yang rendah. Pendapatan perkapita untuk negara maju menurut Bank Dunia diatas $10.726 sedangkan negara berkembang antara $876 hingga $3.465, dan untuk negara berkembang yang menengah yaitu $3.466 sampai $10,275. (baca juga: Kegiatan Ekonomi di Indonesia)

2. Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia

Sponsors Link

Sumber daya alam dan juga sumber daya manusia yang dimiliki suatu negara tentunya dapat mempengaruhi terhadap negara tersebut. Ekonomi suatu negara dipengaruhi oleh kedua hal tersebut. Negara yang memiliki potensi alam yang sangat kaya maka perekonomiannya cenderung akan tumbuh. Akan tetapi tidak hanya sumber daya alam saja, kualitas dari manusia tersebut tentunya harus berkualitas baik juga. (baca juga: Bentuk Hubungan Sosial)

3. Latar Belakang Sejarah

Adanya latar belakang sejarah merupakan hal yang membedakan antara negara maju dan negara berkembang. Sebagian besar negara berkembang seperti negara-negara di Asia ataupun di Afrika pernah dijajah oleh negara kolonial Eropa Barat. Struktur perekonomian, lembaga sosial, pendidika, semuanya mengikuti bentuk yang sesusai berdasarkan jajahan para penjajah. (baca juga: Disintegrasi Sosial)

4. Tingkat Pendidikan

ads

Tinggi rendahnya suatu tingkat pendidikan sangat mempengaruhi suatu negara. Negara maju memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, hampir seluruh warga dari negara maju dapat bisa membaca dan juga menulis. Pemerintah pada negara maju memberikan jaminan pendidikan dasar dengan gratis ke seluruh rakyatnya.

Sedangkan pada negara berkembang tingkat pendidikannya masih rendah. Fasilitas yang tidak memadai merupakan faktor terjadinya tingkat pendidikan yang rendah. Selain itu pemerintah belum mampu menyediakan pendidikan mendasar yang gratis dan merata. (baca juga: Prinsip-Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam)

Artikel lainnya:

5. Laju Pertumbuhan

Negara maju memiliki laju pertumbuhan yang rendah. Hal itu dapat dilihat dari angka kelahiran dan kematian pada negara maju. Masyarakat negara maju memiliki kesadaran yang tinggi terhadap perencanaan keluarga. Sedangkan pada negara berkembang laju pertumbuhan sangat tinggi. Karena masyarakat negara berkembang kurang memiliki kesadaran akan perencanaan keluarga, dan masih ada kepercayaan bahwa banyak anak banyak rezeki.

6. Kegiatan Perekonomian

Kegiatan perekonomian pada negara maju yaitu pada bidang industri ataupun jasa. Sedangkan masyarakat negara berkembang masih di dominasi sektor pertanian, kehutanan, perikanan ataupun pertambangan. Kegiatan perekonomian pada bidang industri dan jasa di negara berkembang masih kurang, karena adanya keterbatasan teknologi. (baca juga: Pengaruh Letak Geografis)

7. Tingkat Pengangguran

Negara maju memiliki tingkat pengangguran yang sangat rendah. Adapun pengangguran yang terjadi di negara maju yaitu pengangguran yang disebabkan peralihan tenaga kerja. Sedangkan pada negara berkembang tingkat pengangguran masih cukup tinggi. (baca juga: Cara Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk)

8. Tingkat kesehatan

Sebagian penduduk negara berkembang mempunyai penghasilan yang rendah, sehingga tingkat kesehatan pada negara berkembangpun rendah. Sedangkan pada negara maju memiliki pendapatan yang tinggi sehingga memiliki standa kesehatang yang baik. Selain karena pendapatan, harapan hidup negara maju dan berkembangpun berbeda. Jika negara berkembang memiliki harapan hidup 52 tahun, negara maju rata-rata mempunyai harapan hidup diatas 70 tahun.

9. Pemerataan Pendapatan

Pemerataan pendapatan di negara maju diimbangi dengan pemerataan distribusti pendapatan. Oleh karena itu, pada negara maju tidak terlihat jelas jika terjadi sebuah kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin. Sedangkan pada negara berkembang tingkat pemerataan pendapat tidak sama maka terlihat jelas kesenjangan pendapatan antara golongan kaya dan golongan miskin.

Artikel lainnya:

10. Tingkat Kemiskinan

Sponsors Link

Tingkat kemiskinan suatu negara sangat dipengaruhi oleh tingkat pendapatan nasional dan juga tingkat kesenjangan pada distribusi pendapatan. Distribusi pendapatan yang merata dapat membuat negara tersebut memiliki tingkat kemiskinan yang rendah, begitupun sebaliknya distribusi pendapatan yang tidak merata akan menyebabkan tingkat kemiskinan yang tinggi.

Selain 10 perbedaan diatas masih ada beberapa perbedaan antara negara maju dan juga negara berkembang. Berikut ini hal lain yang membedakan negara maju dan negara berkembang:

  1. Pertanian pada negara maju dijual dan diekspor, sedangkan negara berkembang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  2. Ketergantungan pada alam.
  3. Intensitas mobilitas.
  4. Sifat kemandirian pada penduduknya.
  5. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  6. Beban tanggungan setiap penduduk.
  7. Kesadaran akan menjaga kebersugan.
  8. Tingkat kriminalitas.
  9. Angka kelahiran dan kematian.
  10. Harapan hidup.

Itulah perbedaan antara negara maju dan negara berkembang. Untuk itu kita harus menjadi generasi muda yang mempunyai pendidikan yang tinggi agar pembangunan di Indonesia terlaksana dan berhasil. Karena pembangunan yang berhasil bersumber pada orang yang terlibat pada pembangunan tersebut. Sekian pembahasan dari perbedaan negara maju dan berkembang, semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 31st, July 2017 / 03:52 Oleh :
Kategori : Pendidikan