Sponsors Link

Pengertian Perubahan Kebudayaan dan Faktornya

Sponsors Link

Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai bentuk-bentuk perubahan sosial, selain perubahan sosial kebudayaan pun akan mengalami perubahan. Adanya ketidaksesuain terhadap unsur kebudayaan yang ada menjadi faktor terjadinya suatu perubahan kebudayaan.

ads

Perubahan kebudayaan dilakukan untuk memenuhi semua kebutuhan rakyatnya. Perubahan akan terus terjadi seiring berkembangnya masyarakat. Perubahan yang terjadi biasanya mencakup unsur-unsur budaya yang ada. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai perubahan kebudayaan. Simak pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Perubahan Budaya

Perubahan kebudayaan adalah perubahan yang terjadi dikarenakan adanya ketidaksesuaian terhadap unsur-unsur budaya. Perubahan kebudayaan biasanya terjadi karena adanya ketidakserasian terhadap fungsi yang ada pada kehidupan. Seiring dengan berkembangnya zaman maka perubahan kebudayaan akan terus terjadi, hal ini dikarenakan perubahan kebudayaan terjadi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Perubahan kebudayaan merupakan cara baru dalam upaya perbaikan terhadap bagaimana masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya. Perubahan kebudayaan mencakup berbagai hal mulai dari kesenian, teknologi, ilmu pengetahuan, bahkan sistem kemasyarakatan. Para ahli mengemukakan pendapat mengenai pengertian perubahan kebudayaan. Berikut ini pengertian perubahaan kebudayaan menurut para ahli.

1. Samuel Koenig

Samuel Koenig mengemukakan pendapatnya bahwa perubahan kebudayaan yaitu suatu cara untuk memodifikasi hal yang ada pada pola-pola kehidupan manusia. Adapun terjadinya sebuah modifikasi disebabkan karena faktor internal maupun eksternal. (baca juga: Pengertian Budaya)

2. Selo Soemardjan

Selo Soemardjan mengemukakan pendapatnya bahwa perubahan kebudayaan adalah semua perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan yang dapat mempengaruhi suatu sistem sosial, baik itu sikap, nilai-nilai, maupun pola perilaku seseorang yang ada diantara kelompok dalam masyarakat.

Artikel lainnya:

3. John Lewin Gillin dan John Philip Gillin

Menurut John Lewin Gillin dan John Phillip Gillin, perubahan kebudayaan adalah cara hidup yang bervariasi yang terjadi karena disebabkan oleh perubahan kondisi geografis termasuk ideologi , komposisi penduduk. (baca juga: Pemberontakan PKI Madiun)

Itulah pengertian perubahan kebudayaan secara umum dan menurut para ahli. Perubahan kebudayaan terjadi disebabkan karena adanya beberapa faktor. Pembahasan selanjutnya faktor yang mendorong terjadinya perubahan kebudayaan.

Faktor Terjadinya Perubahan Kebudayaan

Terjadinya perubahaan kebudayaan tentunya disebabkan karena ada faktor yang mendorong terjadinya perubahan tersebut. Faktor yang mempengaruhi perubahan kebudayaan meliputi faktor internal dan juga eksternal. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai faktor internal dan juga faktor eksternal terjadinya perubahan kebudayaan.

Faktor internal terjadinya perubahan kebudayaan yaitu sebagai berikut:

Sponsors Link

  1. Terjadinya perubahan demografis. Perubahan itu mencakup perubahan ukuranm struktur, dan juga distribusi penduduk. Contoh dari perubahan demografis yaitu kelahiran, kematian, dan juga migrasi. (baca juga: Perkembangan Wilayah Indonesia)
  2. Adanya penemuan baru baik itu ide ataupun alat, atau dapat juga menyempurnakan penemuan baru tersebut dan memperbaharui ataupun mengganti yang ada.
  3. Adanya konflik sosial di dalam masyarakat. Dengan adanya konflik sosial maka dapat merubah suatu kepribadian orang yang ada pada bagian masyarakat tersebut. Contohnya seseorang yang tiba-tiba menjadi pendiam, tidak mau bersosialisasi dengan orang lain.
  4. Adanya pemberontakan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan kebudayaan pada struktur pemerintahan. (baca juga: Faktor perubahan Sosial)

Faktor eksternal terjadinya perubahan kebudayaan yaitu sebagai berikut:

  1. Terjadinya peperangan merupakan faktor eksternal terjadinya perubahan kebudayaan. Dengan adanya peperangan maka akan terjadi perubahaan unsur-unsur budaya pada suatu negara baik dalam unsur ekonomi, sistem pengetahuan, teknologi, bahasa, kesenian ataupun sistem kemasyarakatan. (baca juga: Perkembangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia)
  2. Faktor eskternal kedua yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan yaitu adanya pengaruh budaya lain. Adanya pengaruh budaya lain biasanya lebih mudah terjadi pada masyarakat yang terbuka, karena masyarakat terbuka dapat lebih mudah menerima adanya unsur budaya lain. Contoh dari adanya pengaruh budaya lain yaitu adanya hubungan antara dua bangsa yang dapat saling mempengaruhi seperti terjadinya akulturasi, difusi (penyebaran kebudayaan). dan juga proses bertemunya antar budaya yang menghasilkan suatu budaya baru akan tetapi tidak melihat budaya lama (Asimilasi).
  3. Terjadinya perubahan alam dapat mempengaruhi juga perubahan kebudayaan. Maksud dari perubahan alam yaitu perubahan lingkungan fisik yang disebabkan karena bencana alam misalkan gempa bumi, tsunami, banjir, longsor, dll. Dengan terjadinya suatu bencana alam maka akna terjadi banyak perubahan pada kehidupan seperti perpindahan tempat tinggal maka mau tidak mau mereka harus saling menyesuaikan hal tersebut memicu terjadinya perubahan kebudayaan. (baca juga: Perbedaan Kolonialisme dan Imperialisme Barat)

Artikel lainnya:

Contoh Perubahan Kebudayaan Pada Unsur-unsur Budaya

ads

Seperti yang telah dibahas pada materi sebelumnya, bahwa budaya memiliki unsur-unsur universal. Tentunya dengan adanya perubahan kebudayaan akan membuat perubahan pada unsur-unsur tersebut. Berikut ini contoh perubahan yang terjadi pada 7 unsur kebudayaan yaitu sebagai berikut.

1. Religi (Sistem Kepercayaan)

Sistem kepercayaan merupakan sistem keyakinan ataupun gagasan tentang Tuhan. Beberapa ahli mengemukakan pendapatnya bahwa sistem kepercayaanpun mengalami evolusi. Contohnya yaitu pada awalnya terdpaat keyakinan terhadap roh-roh atau animisme, namun dengan adanya evolusi maka muncullah keyakinan akan adanya banyak dewa atau politeisme. Dan pada evolusi terakhir muncul suatu keyakinan bahwa adanya satu tuhan atau monoteisme. Contohya menganut agama Islam dan menganut agama Kristen.

2. Sistem Pengetahuan

Suatu masyarakat tidak akan bisa hidup tanpa adanya pengetahuan. Pada setiap kebudayaan akan terdapat suatu pengetahuan baik itu tentang alam, zat-zat, benda, ataupun yang lainnya. Contoh perubahan kebudayaan pada unsur sistem pengetahuan yaitu adanya kepercayaan manusia zaman dahulu bahwa bumi itu datar. Namun dengan adanya evolusi maka dilakukan berbagai pengamatan dan juga penelitian yang pada akhirnya seorang nelayan berpikiran bahwa bumi itu bulat. Seiring berkembangnya zaman muncul ilmu astronomi yang bisa pergi ke luar angkasa, sehingga manusia mulai yakin bahwa bumi berbentuk bulat.

3. Sistem Kemasyarakatan

Salah satu unsur kebudayaan yang pasti akan selalu berubah adalah sistem kemasyarakatan. Di dalam kehidupan masyarakat, setiap individu akan mengatur dirinya megikuti perkembangan zaman. Oleh karena itu sistem kemasyarakatan akan sering mengalami perubahan kebudayaan. (baca juga: Macam-Macam Ras Di Indonesia)

4. Bahasa

Bahasa merupakan salah satu unsur yang akan selalu berubah sama halnya seperti sistem kemasyarakatan. Adanya perubahan dalam unsur bahasa sangat terlihat jelas. Contohnya yaitu pada masa prasejarah, manusia dapat menceritakan hal yang dialaminya hanya melalui lisan sedangkan pada masa sejarah manusia sudah mengenal tulisan sehingga dapat dilihat dari prasasti yang dimana pada prasasti itu termuat tulisan-tulisan.

5. Kesenian

Kesenian akan selalu mengalami perubahan. Hal yang mencakup kesenian yaitu seni msuik, seni rupa ataupun seni tari. Dengan berkembang zaman fungsi seni pun dapat berubah, jika zaman dahulu seni hanya digunakan untuk mengekspresikan diri ataupun untuk kegiatan spritual saat ini seni lebih banyak digunakan untuk tujuan politik ataupun untuk perdagangan.

Perubahan kebudayaan akan selalu terjadi seiring berkembangnya zaman, oleh karena itu kita selaku manusia harus bisa menyesuaikan terhadap adanya perubahan kebudayaan. Sekian pembahasan mengenai pengertian, faktor dan juga contoh perubahan kebudayaan. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 02:34 Oleh :
Kategori : Antropologi