Sponsors Link

13 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Indonesia dikenal akan keanekaragaman budayanya. Dari mulai sabang hingga merauke terdapat banyak sekali kebudayaannya, yang setiap daerahnya berbeda-beda dan tentunya setiap kebudayaannya mempunyai ciri khas. Setelah sering kali mendengar kata budaya, tahukah Anda apa itu budaya? Jika Anda belum mengetahui apa arti dari budaya, berikut ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian budaya beserta ciri-ciri dan juga unsur budaya. Simak pembahasannya dibawah ini.

ads

Arti Budaya Secara Umum

Secara umum budaya berasal dari bahasa Sanskerta yaitu Budhayah yang berakar dari kata budhi yang mempunyai arti akal ataupun budi. Budaya adalah cara atau pola hidup yang menyeluruh dan juga bersifat berkembang. Suatu budaya dimiliki oleh sekelompok orang yang hidup di suatu daerah yang merupakan warisan dari nenek moyang, yang nantinya akan di wariskan dari generasi ke generasi. Adapun budaya memiliki sifat yang kompleks, selain itu budaya juga bersifat abstrak dan luas.

Budaya memiliki banyak unsur pembentuknya yang merupakan kegiatan sosial dari manusia, berbagai unsur kebudayaan diantaranya yaitu agama, sistem politik, bahasa, adat istiadat, pakaian, karya seni, dll. Salah satu contoh budaya yaitu bahasa, bahasa merupakan budaya yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Misalnya bahasa Sunda, orang yang akan mengerti bahasa Sunda hanya orang-orang yang berasal dari suku sunda. Dengan demikian budaya yaitu berbagai hal yang berhubungan dengan cara hidup ataupun akal yang akan terus berkembang dari zaman ke zaman. (baca juga: Faktor Perubahan Sosial)

Baca juga:

Pengertian Kata Budaya Menurut Para Ahli

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, budaya yaitu sebuah pemikiran, adat istiadan, dan juga akal atau budi. Para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian budaya. Adapun dibawah ini pengertian budaya yang dikemukakan oleh para ahli.

  1. Selo Soemardjan, menurut Selo Soemardjan, budaya adalah sebuah hasil karya, rasa dan juga cipta masyarakat.
  2. Koentjaraningrat mengemukakan pendapatnya mengenai budaya, menurutnya budaya yaitu suatu gagasan dan rasa, suatu tindakan dan juga karya yang merupakan sebuah hasil yang dihasilkan oleh manusia didalam kehidupan masyarakat yang nantinya dijadikan kepunyaannya dengan belajar. (baca juga: Proses Interaksi Sosial)
  3. E.B. Taylor, sedangkan menurut E.B. Taylor budaya yaitu suatu keseluruhan yang bersifat kompleks. Keseluruhan tersebut meliputi kepercayaan, kesusilaan, adat istiadat, hukum, seni, kesanggupan dan juga semua kebiasaan yang dipelajari oleh manusia yang merupakan bagian dari suatu masyarakat.
  4. Lintonmengemukakan pendapatnya, budaya yaitu sikap pola beserta pengetahuan yang merupakan kebiasaan yang dilakukan yang didapatkan melalui diwariskan oleh suatu anggota masyarakat tersebut secara keseluruhan.  (baca juga: Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya)
  5. R. Seokmono, menurut ahli arkeolong R.Soekmono, budaya yaitu usaha ataupun hasil kerja manusia berupa benda ataupun hasil sebuah pemikiran manusia dimasa hidupnya.
  6. Ki Hajar Dewantara,  mengemukakan pendapat bahwa budaya yaitu hasul dari perjuangan masyarakat baik itu terhadap alam maupun terhadap zaman yang membuktikan suatu kemakmuran dan juga kejayaan kehidupan masyarakat ketika menghadapi suatu keadaan sulit dan rintangan dalam mencapai suatu kemakmuran, keselamatan, dan juga kebahagiaan pada kehidupan. (baca juga: Alat Komunikasi Zaman Sekarang)
  7. Parsudi Suparian, menurut Parsudi Suparian, suatu budaya dapat melandari semua perilaku manusia karena suatu budaya merupakan sebuah pengetahuan manusia yang digunakan dalam memahami lingkungan dan juga pengalaman yang terjadi padanya.
    Sponsors Link

  8. Effat Al-Syarqawi, sedangkan menurut ahli agama yaitu Effat Al-Syarqawi berpendapat bahwa budaya yaitu khazanah sejara dari suatu kelompok masyarakat yang tergambar pada sebuah kesaksian dan juga berbagai nilai yang menggambarkan suatu kehidupan harus mempunyai makna dan juga mempunyai tujuan rohani.
  9.  Kluchkhohn dan Kelly, berpendapat bahwa budaya yaitu semua konsep hidup yang tercipta baik implisit ataupun eksplisit, rasional ataupun irasional. yang berada pada suatu waktu sebagai suatu acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia. (baca juga: Perkembangan Wilayah Indonesia)
  10. Andreas Eppink, mengemukakan pendapat suatu kebudayaan mengandung seluruh pengertian norma sosial, nilai sosial, dan juga ilmu pengetahuan beserta seluruh struktur sosial, dll. Segala pernyataan yang artistik dan juga intelektual yang menjadi suatu ciri khas dalam suatu masyarakat.
  11. Menurut KBBI, budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berpikir manusia.
  12. Menurut E.B. Taylor, budaya ialah suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat. (baca juga: Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi)
  13. Menurut Linton, budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu. (baca juga: Permasalahan Hukum di Indonesia)

Baca juga:

Unsur-unsur Budaya

ads

Suatu kebudayaan memiliki unsur-unsur budaya. Menurut berbagai para ahli yang mengemukakan unsur-unsur budaya, pendapat C. Kluckhohn dan Koentjaraningrat lah yang mencakup semua kebudayaan yang ada di dunia. Unsur-unsur kebudayaan yang dikemukakan tersebut kemudian dikenal dengan unsur-unsur kebudayaan universal.

Berikut ini 7 unsur kebudayaan menurut C. Kluckhohn :

  1. Sistem Religi (Sistem Kepercayaan), sistem religi yaitu suatu keyakinan yang dipercayai benar-benar ada. Unsur sistem religi merupakan unsur yang sangat penting dalam kehidupan. Sistem religi ataupun sistem kepercayaan berfungsi mengatur kehidupan antara manusia dengan Sang Pencipta. (baca juga: Batas Wilayah Laut Di Indonesia)
  2. Sistem Pengetahuan, unsur yang kedua yaitu sistem pengetahuan. Sistem pengetahuan mempunyai fungsi untuk memenuhi keingintahuan manusia terhadap suatu ilmu. Manusia akan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan sistem pengetahuan.
  3. Sistem Teknologi (sistem peralatan dan perlengkapan hidup manusia), sistem teknologi membahas mengenai peralatan dan juga perlengkapan macam-macam kebutuhan manusia yang digunakan untuk hidup. Teknologi merupakan suatu cara ataupun teknik dalam memproduksi peralatan dan juga perlengkapan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  4. Sistem Kemasyarakatan (sistem sosial/kekerabatan),unsur yang keempat yaitu unsur kemasyarakatan. Unsur ini merupakan unsur pewarisan budaya yang sangat penting dalam suatu struktur sosial. Unsur ini menghitung suatu garis keturunan dari hubungan perkawinan dan juga hubungan darah.
  5. Sistem Ekonomi (Pencaharian Hidup), sistem ekonomi pada unsur kebudayaan ini berpacu pada mata pencaharian masyarakat tradisional. Mata pencaharian tersebut meliputi berburu dan meramu, beternak, bercocok tanam di ladang, dan juga menangkap ikan. (baca juga: Kegiatan Ekspor Impor)
  6. Bahasa, bahasa merupakan suatu unsur budaya yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan sesama manusia, baik secara lisan, tulisan, maupun secara isyarat.
  7. Kesenian, Kesenian merupakan unsur yang terakhir yang terfokus pada nilai keindahan yang tercipta dari ekspresi manusia akan keindahan yang tersirat pesan yang ingin disampaikan oleh orang tersebut. (baca juga: Kondisi Penduduk Indonesia)

Baca juga:

Ciri-ciri Budaya

Suatu budaya memiliki ciri-ciri dibawah ini :

  • Budaya bersifat selektif, yaitu budaya yang mencerimkan suatu pola perilaku dan juga pengalaman manusia secara terbatas
  • Etnosentrik, maksud dari etnosentrik yaitu menganggap budaya sebagai budaya terbaik
  • Unsur pada budaya setiap unsur saling berkesinambungan satu sama lain
  • Budaya bersifat dinamis, yaitu suatu sistem pada budaya selalu berubah dari masa ke masa
  • Budaya dapat disampaikan dari orang ke orang, atau kepada kelompok, bahkan di wariskan dari suatu generasi ke generasi, suatu budaya harus dipelajari

Sekian pembahasan lengkap mengenai pengertian budaya secara umum maupun menurut para ahli, beserta ciri-ciri dan juga unsur dari suatu budaya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan banyak informasi mengenai pengetahuan kebudayaan. Lestarikan dan terus pelajari kebudayaan milik kita, jangan sampai kebudayaan punah karena arus globalisasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 04th, July 2017 / 10:09 Oleh :
Kategori : Antropologi