Sponsors Link

20 Manfaat Kegiatan Ekspor dan Impor Bagi Negara dan Masyarakat

Sponsors Link

Ekspor dan impor merupakan kegiatan dari perdagangan internasional untuk mencapai manfaat kegiatan ekspor dan impor. Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor antarnegara maka akan membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat setiap negara. Salah satu dampak dari kegiatan ekspor dan impor yaitu membuat stabil perekonomian suatu negara. Selain itu sangat banyak manfaat yang dapat dirasakan dari kegiatan ekspor maupun impor ini.

ads

Perdagangan antarnegara juga memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk mempelajari teknologi dari negara lain. Mengapa demikian? Dalam perdagangan biasanya terjadi pertukaran informasi. Dari saling bertukar informasi ini, Indonesia dapat belajar teknik produksi baru dan pemanfaatan teknologi modern. (Baca juga:ciri-ciri negara maju)

Pengertian Ekspor dan Impor

Sebelum ke topik utama yaitu mengenai manfaat kegiatan ekspor dan impor, mari kita bahas mengenai pengertian dari ekspor dan impor. Ekspor adalah kegiatan perdangaan Internasional dan mendapatkan beberapa manfaat perdagangan Internasional itu sendiri dengan menjual barang maupun jasa ke luar negeri, sedangkan impor yaitu kegiatan membeli barang maupun jasa dari luar negeri.

Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor makan akan menghasilkan devisa, devisa yaitu pemasukan uang asing ke dalam negeri yang digunakan sebagai alat untuk pembayaran bagi impor dari luar negeri. Biasanya barang yang di impor yaitu barang yang tidak dapat di produksi di negara kita ataupun susah didapatkan sehingga untuk memenuhinya dilakukan kegiatan impor.

Manfaat Ekspor Bagi Negara dan Masyarakat

Ada beberapa masyarakat Indonesia yang mempunyai keterbatasan pendidikan dan ekonomi, sehingga banyak yang ingin bekerja diluar sebagai TKW ataupun TKI. Jika dilihat dari sisi positifnya, dengan adanya TKI maupun TKW hal itu juga membuat devisa menjadi bertambah.

1. Menambah Devisa Negara

Kegiatan ekspor tentunya sangat berpengaruh pada devisa negara, dengan adanya ekspor maka devisa negara mengalami peningkatan. Adanya perdagangan internasional membuat eksportir Indonesia mendapatkan peluang untuk menjual produknya ke berbagai negeri yang ada dunia, dengan begitu maka yang digunakan untuk transaksi pembayaran biasanya dollar Amerika. Dengan begitu maka devisa negara bertambah dan akan berpengaruh terhadap kestabilan ekonomi Indonesia. Semakin meningkatnya ekspor makan semakin banyak pula devisa negara. Selain dengan berjualan devisa bisa diperoleh melalui jasa.

2. Mengenalkan Produk Dalam Negeri

Manfaat dari kegiatan ekspor yang kedua yaitu memperkenalkan produk dalam negeri ke berbagai belahan dunia. Jika beberapa negara sudah terkenal akan produknya seperti Jepang sudah terkenal akan otomotifnya, Indonesia belum mempunyai ciri khas dalam penjualannya sehingga dengan adanya kegiatan ekspor ini dapat memperkenalkan produk dalam negeri ke berbagai negara. Karena pada Indonesia terkenal di luar negeri hanya terkenal akan Balinya bukan karena produknya. Dengan ekspor maka produk dalam negeri akan dengan mudah dikenal di luar negeri.

3. Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Dengan adanya kegiatan ekspor dan impor maka produksi suatu barang akan meningkat, sehingga setiap perusahaan membutuhkan banyak tenaga kerja sehingga akan menciptakan lapangan kerja yang luas. Meningkatnya permintaan produk dari luar negeri membuat kita harus memperbanyak tenaga kerja, hal ini sangat berdampak baik karena dengan adanya lapangan pekerjaan yang luas sangat membantu mengurangi angka pengangguran di negara kita. Apabila kerjasama yang dilakukan hampir pada semua bidang, maka akan semakin baik perekonomian di Indonesia.

4. Menjalin Kerjasama Antar Negara

ads

Dengan adanya kegiatan ekspor maka sudah jelas akan membuat hubungan antar negara menjadi semakin baik. Dengan banyaknya pertemuan antarnegara maka akan semakin mempererat hubungan tiap negara yang bekerja sama.

Baca juga:

5. Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Dengan adanya kegiatan ekpor maka akan meningkatkan devisa negara, menciptakan lapangan pekerjaan kedua hal itu sangat membantu perekonomian Indonesia sehingga akan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Apabila kerjasama yang dilakukan hampir pada semua bidang, maka akan semakin baik perekonomian di Indonesia.

6. Memperluas Produksi

Dengan adanya kegiatan ekspor maka sudah pasti akan memperluas produksi, yang tadinya hanya di produksi ke dalam negeri dengan adanya ekspor maka akan di pasarkan ke luar negeri sehingga menyebabkan produksi yang meluas. (baca juga: Ciri-Ciri Manusia Sebagai Makhluk Ekonomi)

Manfaat Impor Bagi Negara dan Masyarakat

Ketika kita ekspor suatu produk, maka produk kita akan langsung bersaing dan apabila produk kita memiliki ciri khas berbeda dengan negara lain maka produk kita akan menjadi dikenal. Akan mudah memperkenalkan produk dalam negeri ke luar negeri apabila produk kita belum ada di negara tersebut, maka produk kita akan menjadinya satu-satunya produk di negara tersebut.

1. Memperoleh Produk ataupun Jasa Yang Tidak Ada di Indonesia

Setiap negara mempunyai kondisi alam yang berbeda, sehingga menyebabkan hasil produk setiap negara juga berbeda. Contohnya Amerika tidak bisa meghasilkan kelapa sawit tetapi Indonesia dapat menghasilkan kelapa sawit dengan banyak. Dengan adanya impor maka dapat saling melengkapi, ketika suatu negara membutuhkan barang yang tidak dapat dihasilkannya makan dapat diperoleh dengan mengimpornya. Kegiatan impor dapat mendatangkan barang yang susah didapatkan bahkan tidak ada di Indonesia.

Baca juga:

2. Memperoleh Teknologi Yang Modern

Dengan adanya kegiatan impor maka kita akan mudah mendapatkan teknologi modern. Misalkan ketika suatu perusahaan memproduksi suatu barang masih menggunakan mesin tradisional maka kita dengan mudah dapat membeli alat-alat produksi berteknologi tinggi dengan kegiatan impor. Umumnya di Indonesia teknologi yang digunakan masih bisa dibilang standar, pengembangan teknologi cukup lambat sehingga untuk meningkatkannya dilakukan kegiatan impor teknologi dari luar negeri.

3. Memperoleh Bahan Baku

Sponsors Link

Dengan adanya kegiatan ekspor maka kita dapat dengan mudah memperoleh bahan baku. Misalkan untuk memproduksi bahan otomotif dibutuhkan besi atuapun baja, untuk memproduksi alat-alat rumah tangga dari plastik dibuutuhkan plastik. Tidak semua bahan baku tersedia di dalam negeri, adapun tersedia tetapi mempunyai harga yang tinggi sehingga dengan adanya impor maka kita dapat memperolehnya dengan mudah dan harga yang lebih rendah.

4. Menjaga Kestabilan Harga

Manfaat dari kegiatan impor yang terakhir yaitu dapat menjaga kestabilan harga. Contohnya ketika harga bahan pokok mengalami peningkatan yang cukup tinggi, maka pemerintah melakukan kebijakan impor daging agar masyarakat dapat membeli daging dengan harga yang tidak begitu tinggi. Dengan adanya contoh itu, maka impor dapat menjaga kestabilan harga. Jika harga yang terus menaik tidak diatasi maka akan berpengaruh buruk terhadap  berbagai aspek dan pada akhirnya akan memicu terjadinya inflsi.

Nah itu dia manfaat mengenai manfaat kegiatan ekspor dan impor. Dengan adanya ekspor dan impor maka memberikan banyak manfaat bagi sektor perekonomian suau negara dan juga membuat perekonomian menjadi lebih stabil. Dengana adanya kegiatan ekspor dan impor maka diharapkan masyarakat lebih mudak mendapatkan barang dalam memenuhi kebutuhannya. Kegiatan ekspor dan impor harus terus berlangsung agar kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi. Oleh karena itu kegiatan ekspor dan impor banyak memberi manfaat bagi kehidupan suatu negara. Semoga artikel ini bermanfaat. (Baca juga : peran indonesia di era globalisasi )

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 07:34 Oleh :
Kategori : Ekonomi