Sponsors Link

24 Kenampakan Alam dan Buatan Di Indonesia

Sponsors Link

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang luas dari sabang sampai merauke yang memiliki hingga 17.508. Tentunya sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam wilayah mulai dari lautan hingga daratan. Tentu saja hal ini menyebabkan banyaknya kenampakan alam yang ada di Indonesia. Kenampakan alam yang dimaksud disini adalah kenampakan yang memang ada di lingkungan Indonesia, yang mana terbentuknya dikarenakan oleh batas wilayah laut Indonesia pada alam itu sendiri. Adanya tenaga endogen serta tenaga eksogen yang ada di permukaan bumi membuat adanya tonjolan dan cekungan yang nantinya mewakili dari penampakan alam yang berbeda satu sama lainnya.

ads

Selain kenampakan alam, Indonesia juga kaya akan kenampakan buatan yang sangat beragam. Kenampakan buatan disini merupakan kenampakan yang terjadi diakibatkan dari perbuatan manusia sendiri. Kenampakan buatan sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu kenampakan buatan yang bentuk penyimpangan sosial seperti kenampakan alam serta kenampakan buatan yang bentuknya tak seperti kenampakan alam. Biasanya kenampakan buatan ini dibuat dengan tujuan sebagai konservasi flora dan fauna Indonesia yang sudah hampir punah. Selain itu, tujuan dari kenampakan buatan ini juga bisa digunakan untuk menjadi tempat tampungan air hujan ataupun hal hal lainnya yang dijadikan sebagai kepentingan manusia. Nah berikut ini beberapa contoh kenampakan alam dan kenampakan buatan yang ada di Indonesia.

Berikut kenampakan alam Di Indonesia yang alami yang dibuat oleh Tuhan Yang Maha Esa:

1. Dataran Tinggi

Kenampakan alam yang ada di Indonesia adalah dataran tinggi, yang dimaksudkan dengan dataran tinggi disini adalah wilayah yang memiliki dataran luas dan datar dengan ketinggian mencapai 300-600 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi biasanya berada di daerah daerah pegunungan ataupun daerah yang berada di sekeliling perbukitan. Sehingga udara di sekitarnya terasa dingin dan segar.

Biasanya dataran tinggi ini seringkali dijadikan sebagai tempat untuk pembangunan villa villa yang digunakan sebagai tempat peristirahatan karena pemandangan yang indah serta udara yang memang sejuk. Selain itu dataran tinggi ini juga sering dijadikan sebagai perkebunan ataupun objek wisata dengan pemandangan yang menakjubkan.

2. Dataran Rendah 

Berbeda dengan dataran tinggi, dataran rendah merupakan wilayah atau area yang berada di ketinggian kurang dari 200 meter di atas permukaan air laut. Area yang datar dan luas ini biasanya memiliki hawa yang cukup panas serta banyaknya aliran sungai. Kebanyakan masyarakat menjadikan wilayah ini sebagai tempat tinggal mereka. Selain dijadikan sebagai pemukiman warga, dataran rendah juga sering dijadikan sebagai perkebunan kelapa, tebu, dan tanaman lainnya yang hidup di dataran renda. Selain itu, dataran rendah juga menjadi tempat untuk wilayah pertanian serta industri

3. Gunung

Dapat dikatakan jika gunung menjadi penampakan alam yang paling tinggi di permukaan bumi. Rata rata di Indonesia sendiri masih banyak terdapat gunung api, baik yang masih aktif atau tidak. Sehingga hal ini menyebabkan tanah tanah di sekitarnya menjadi subur. Karena kaya akan gunung api, membuat Indonesia kaya akan bebatuan yang muncul dari dampak vulkanisme gunung gunung api di Indonesia. Gunung api tersebut juga terkadang memiliki batu bara di dalamnya. Hal ini pula lah yang menyebabkan Indonesia menjadi salah satu produsen batu bara di Indonesia.

Selain itu juga terdapat beberapa jenis gunung di Indonesia yang berupa gunung kapur, sehingga menjadi tempat  alat komunikasi zaman sekarang sebagai pertambangan dari kapur di Indonesia. Sifat dari gunung kapur ini seperti spon yang menyerap air. Sehingga aktifitas pertambangan kapur membuat berkurangnya sumber mata air. Gunung tertinggi di Indonesia terletak di Papua yaitu Gunung Jaya Wijaya.

4. Pegunungan

Pegunungan merupakan kawasan yang terdiri  dari banyaknya gunung gunung yang berjejeran. Pegunungan ini biasanya terbentuk dari aktivitas vulkanisme, akibat dari lava yang muncul dari gunung api akhirnya menjalar ke sekitarnya dan membeku yang menjadikannya sebagai pegunungan.

Pegunungan juga dapat terbentuk dari patahan dan lipatan yang diakibatkan tenaga tetonisme. Kebanyakan pegunungan dijadikan tempat pariwisata ataupun perkebunan. Hal ini dikarenakan kawasan pegunungan merupakan daerah yang tidak terlalu landau seperti gunung, namun tetap memiliki hawa yang sejuk serta tanah yang subur. Salah satu contoh pegunungan yang ada di Indonesia adalah pegunungan jaya wijaya (papua) dan pegunungan gayo (aceh).

5. Danau

Danau merupakan cekungan dengan ukuran yang cukup luas dan digenangi oleh air yang berada di daratan. Berdasarkan proses terjadinya, danau terbagi menjadi dua yaitu danau tektonik dan danau vulkanik. Danau tektonik merupakan danau yang terjadi dikarenakan adanya pergeseran bumi. Sedangkan danau vulkanik merupakan permasalahan lingkungan hidup Indonesia dari danau yang terbentuk dikarenakan letusan gunung api. Selain itu ada beberapa danau di Indonesia yang merupakan danau buatan, danau ini terbentuk dengan membendung aliran sungai.

6. Laut

ads

Laut menjadi penampakan alam yang cukup luas yang ada di bumi. Di Indonesia sendiri, laut nya memiliki kedalaman yang berbeda satu sama lainnya. Ada laut yang cukup dalam serta beberapa diantaranya ada yang dangkal. Laut menjadi tempat hidup bagi beberapa biota laut seperti ikan, terumbu karang, dan lainnya. Laut di Indonesia kebanyakan dijadikan sebagai jalur transportasi. Namun beberapa diantaranya ada yang djadikan sebagai tempat wisata, olahraga air, pertambangan bahkan dimanfaatkan untuk pembuatan garam

7. Sungai

Sungai merupakan aliran air di permukaan bumi, yang dapat terbentuk akibat dari tektonisme dan vulkanisme. Namun erosi dan sedimentasi akhirnya menyebabkan bentuk sungai din Indonesia yang berbeda satu sama lainnya. Air mata sungai biasanya berasal dari puncak gunung dan kemudian berakhir di lautan. Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sungai karena memang banyaknya gunung gunung di Indonesia. Sungai memang dijadikan sebagai saluran utama dari lava, sehingga lava yang keluar dari gunung berapi tidak keluar sembarangan dari jalur yang ada. Sungai sungai yang cukup terkenal di Indonesia antara lain Sungai Bengawan Solo, Sungai Brantas, Sungai Musi, Sungai Barito, dan masih banyak lainnya.

8. Selat

Sebenarnya selat merupakan laut, hanya saja berukuran tak terlalu luas dan berada di antara kedua pulau. Rata rata kedalamannya mencapai 200-1000 meter.  Selat biasanya sering dijadikan sebagai jalur transportasi antar pulau, biasanya alat transportasi yang digunakan adalah kapal feri.

9. Pantai

Merupakan bagian daratan yang langsung berbatasan dengan laut. Indonesia sendiri memiliki banyak pantai yang tersebar di berbagai pelosok daerah di Indonesia. Pantai pantai di Indonesia seringkali dijadikan sebagai tempat wisata yang cukup populer baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan beberapa pantai di Indonesia memiliki keindahan yang cukup terkenal di kancah internasional.

10. Rawa

Sebenarnya rawa merupakan dataran rendah yang digenari dengan air. Kebanyakan rawa dijadikan sebagai tempat konservasi hutan bakau ataupun perikanan. Rawa terletak di pantai ataupun sungai. Rawa yang berada di dekat pantai biasanya memang banyak ditumbuhi pohon pohon bakau yang berfungsi untuk mencegah resiko erosi pantai serta tumbuhan air.

11. Tanjung atau Semenanjung

Tanjung atau semenanjung merupakan dataran yang letaknya lebih menjorok ke arah lautan. Berikut ini beberapa tanjung yang ada di Indonesia:

  • Tanjung Buaya, Seruyan
  • Tanjung Kait, Ogan Komering Ilir
  • Tanjung Mabo, Sorong
  • Tanjung Pidie, Pidie
  • Tanjung Awan Awan, Tuban

12. Teluk

Berbeda dengan Tanjung, Teluk merupakan wilayah lautan yang letaknya lebih menjorok ke daratan. Nah berikut ini beberapa contoh teluk di Indonesia:

  • Teluk Jakarta
  • Teluk Laboan Bajo
  • Teluk Pelabuhan Ratu
  • Teluk Bayur
  • Teluk Penyu
  • Teluk Banyu Biru

13. Delta

Delta merupakan dataran yang letaknya ada di tengah tengah sungai. Biasanya delta berada di muara sungai. Contoh delta yang cukup terkenal di Indonesia adalah Delta Sungai Bengawan Solo.

baca juga:

14. Samudera

Samudera merupakan lautan namun ukurannya lebih luas dengan kedalaman yang mencapai 1000 meter. Indonesia sendiri terletak diantara dua samudera, yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Adanya samudera ini menyebabkan iklim di Indonesia tak terlalu panas di siang hari dan tak terlalu dingin saat malam. Kenampakan buatan di Indonesia yang sering kita kenal, dan bentuk buatan itu sendiri yang dibuat dari manusia dalam menjalankan kehidupannya, sebagai berikut:

1. Waduk

Sponsors Link

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada beberapa danau di Indonesia yang merupakan buatan manusia dengan cara membendung air sungai. Danau buatan ini lah yang disebut sebagai waduk. Pembuatan waduk memang ditujukan sebagai tempat penampungan air dalam ukuran yang cukup besar. Fungsi waduk disini memang dijadikan sebagai penyedia air bagi masyarakat sekitarnya. Waduk juga digunakan untuk mengairi sawah sawah di sekitarnya. Banyak sekali waduk waduk yang ada di Indonesia, contohnya seperti Bendungan Sutami, Waduk Jatiluhur, Waduk Gajah Mungkur, dan maish banyak lainnya.

2. Pelabuhan

Pelabuhan merupakan tempat untuk bersandarnya kapal-kapal, biasanya keberadaan pelabuhan ini di tepi pantai yang kedalamannya cukup. Hal ini dikarenakan agar mempermudah kapal kapal yang berukuran besar untuk bersandar. Sehingga jika pantai tersebut tak terlalu dalam, maka dapat menyebabkan kapal menjadi tak mudah bersandar. Pelabuhan menjadi contoh bagi kenampakan buatan yang bentuknya tak seperti alam.

Pelabuhan dibangun manusia agar memudahkan transportasi antara satu pulau dengan yang lainnya. Seperti yang anda ketahui sendiri jika Indonesia merupakan negara dengan banyaknya pulau dari Sabang sampai Merauke. Contoh pelabuhan yang ada di Indonesia antara lain adalah Pelabuhan Merak, pelabuhan Tanjung Perak, Pelabuhan Benoa, dan masih banyak lainnya.

3. Bandar Udara

Jika pelabuhan menjadi tempat berkumpulnya kapal kapal, berbeda dengan bandar udara yang menjadi tempat untuk cara mengatasi masalah persebaran penduduk yang mendarat serta landasnya pesawat terbang. Terdapat dua jenis bandar udara, yaitu untuk domestik dan internasional. Contoh bandar udara yang ada di Indonesia antara lain adalah Soekarno Hatta (Jakarta), Adi Sucipto (Yogyakarta), Juanda (Surabaya), dan masih banyak lainnya.

4. Kawasan Industri

Kawasan Industri merupakan kawasan yang mana terdapat banyak pabrik pabrik di dalamnya. Pabrik pabrik ini biasanya memproduksi barang barang kebutuhan masyarakat. Dengan adanya kawasan industri ini, tentunya menyebabkan meningkatnya lowongan pekerjaan yang akhirnya menyebabkan berkurangnya angka pengangguran serta meningkatkan pendapatan. Namun kawasan industri juga memiliki kerugian tersendiri yaitu sering terjaidnya polusi serta banyak beralihnya fungsi lahan-lahan.

5. Kebun Binatang

Kebun binatang merupakan salah satu bentuk kenampakan buatan yang berbentuk seperti alam. kebun binatang dibuat dengan tujuan sebagai tempat tinggal atau konservasi bagi hewan hewan di Indonesia. Tak hanya yang masuk ke dalam kategori hampir punah saja, namun juga untuk hewan hewan yang bisa dijadikan sebagai edukasi.

Terdapat dua jenis kebun binatang, yaitu taman safari dan kebun bianatng konvensional. Taman safari merupakan jenis kebun binatang yang memang dimana hewan hewan di dalamnya dibiarkan bebas seperti semestinya di alam, tanpa adanya kandang kandang yang menjadi tempat tinggal. Sedangkan kebun binatang konvensional berbeda dengan taman safari karena menempatkan hewannya di dalam kandang kandang. Taman safari memiliki lahan yang lebih luas dibandingkan dengan kebun binatang pada umumnya karena memang membutuhkan tempat yang besar. Ada dua Taman Safari di Indonesia, yaitu Taman Safari Cisarua (Bogor) dan Taman Safari Prigen (Pasuruan).

6. Pemukiman Penduduk

Sponsors Link

Pemukiman penduduk merupakan kawasan yang dijadikan sebagai tempat tinggal dan segala macam aktivitas oleh manusia. Mulai dari bekerja hingga aktivitas lingkungan, semuanya dilakukan disini. Kawasan pemukiman penduduk menjadi salah satu kenampakan buatan yang bentuknya tidak seperti alam. Di indonesia sendiri, kawasan pemukiman penduduk sangat banyak dan tersebar di berbagai daerah di Indonesia, terutama bagi daerah perkotaan.

7. Taman dan Hutan Kota

Taman dan Hutan Kota merupakan contoh dari kenampakan buatan yang bentuknya seperti alam. Tempat ini banyak anda temukan di kota kota besar karena fungsi nya yang memang dapat mengurangi tingkat polusi serta mempercantik tampilan lingkungan kota. Beberapa masyarakat juga menjadikan taman dan hutan kota sebagai tempat untuk berkumpul di akhir pekan.

8. Saluran Air

Pembuatan saluran air ini memang ditujukan untuk mencegah banjir di kawasan tersebut. Sehingga penting bagi masyarakat setempat untuk menjaga kondisi dari saluran air agar tetap bersih dan tidka tersumbat dengan kotoran. Untuk itu penting agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air.

9. Perkebunan

Contoh lainnya dari kenampakan buatan yang bentuknya seperi alam adalah perkebunan. Perkebunan dibangun dengan tujuan untuk menanam berbagai tanaman yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, misalnya saja seperti teh, kopi, kelapa sawit, karet, cokelat, dan masih banyak lainnya.

10. Jalanan

Jalan merupakan kenampakan buatan yang digunakan sebagai penghubung antara satu tempat dengan tempat lainnya. Ada beberapa jenis jalanan yang ada di Indonesia. Jalan yang berada di pegunungan biasanya dibuat berkelok kelok karena menyesuaikan dengan kemiringan tanah. Jalanan yang berada di dataran rendah biasanya lebih lurus dan bermacam macam, seperti jalan kampung, jalan setapak, jalan raya, dan masih banyak lainnya. Di kota kota besar sendiri, terdapat jalan tol bebas hambatan yang digunakan untuk memperlancar sistem transportasi yang ada. Selain itu, terdapat pula jalan jalan protokol yang biasanya diberi nama sesuai dengan pahlawan di Indonesia, misalnya saja Jalan Jenderal Sudirman, Jalan M.H Thamrin, Jalan A. Yani, dan masih banyak lainnya. Jika didasarkan pada pengelolaannya, jalanan dibagi menjadi beberapa yaitu jalan provinsi, jalan negara, jalan kabupaten, serta jalan desa.

Nah itu tadi beberapa contoh kenampakan alam dan buatan yang ada di Indonesia. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Dan selain itu, kita dapat menjadi tahu mana sesungguhnya alam yang dibuat oleh Tuhan dan dari manusia itu sendiri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 06:48 Oleh :
Kategori : Pendidikan