Sponsors Link

19 Faktor Perubahan Sosial dan Contohnya

Sponsors Link

Setiap orang mengalami yang namanya perubahan, baik diri kita sendiri, orang tua kita, keluarga kita, tetangga, dan orang lain. Seiring berjalannya waktu perubahan itu sangat nampak terutama pada perilaku dan tingkah laku. Jika kita berbicara perubahan ini maka yang sering terjadi adalah pada masyarakat kita, berbagai alas an yang mengubah prilaku masyarakat, mulai dari keluarga, ekonomi dan lingkungan tempat tinggal. Mereka biasanya menyesuaikan  kehidupan mereka, sehingga norma dan peraturan yang ada tidak lagi di indahkan, ini juga salah satu alasan kenapa masyarakat kita mengalami perubahan. Selain itu dalam membentuk faktor perubahan sosial terkadang membentuk bentuk penyimpangan sosial.

ads

Faktor Penyebab Perubahan Sosial

1. Faktor Internal, yaitu kondisi dimana masyarakat berubah dari dirinya sendiri atau yang kita kenal dengan istilah faktor sosiogenik. Diantara contohnya adalah seperti:

  • Bertambah dan berkurangnya penduduk

Semakin bertambahnya jumlah yang dialami oleh penduduk, maka semakin banyak pula perubahan yang terjadi, sebaliknya dengan berkurangnya jumlah penduduk maka masyarakat akan semakin leluasa sehingga ini akan mengalami perubahan cara berfikir dan pola hidup.

  • Adanya penemuan baru yang dilakukan oleh seseorang.

Para ilmuan telah membuktikan tentang hasil penelitian mereka. Sehingga dengan itu masyarakt merasa mudah untuk mengerjakan atau melakukan sesuatu, berupa alat-alat elektronik, mesin, dan lain sebagainya.

  • Adanya permusuhan

Pada umumnya, didalam kita bermasyarakat membutuhkan suasana yang tenang dan damai, tidak ingin ada gangguan sedikitpun, atau yang biasa kita kenal dengan rasa aman. Rasa aman atau keamanan inilah yang memicu perubahan bermasyarakat bila dibandingkan dengan permusuhan atau peperangan.

  • Terjadinya pemberontakkan atau revolusi masyarakat.

Selain itu masyarakat harus menjalin proses interaksi sosial dan menyesuaikan diri terhadap lingkungannya dimana mereka tinggal, jika terjadi penekanan atau merasa tertekan dengan suatu peraturan tertentu, maka mereka akan memberontak, seperti demonstrasi yang sudah pernah kita lihat kemarin di Bundaran Indonesia.

2. Faktor Eksternal, yaitu kebalikan dari faktor internal. Dengan perkembangan wilayah Indonesia untuk itu Masyarakat mengalami perubahan sosial karena pengaruh dari luar, seperti keluarga dan lingkungan hidup. Ada beberapa sebab yang mempengaruhi perubahan sosial pada faktor eksternal ini, diantaranya:

ads
  • Adanya perubahan pada lingkungan alam. Alam adalah tempat hidup kita. Kita hidup dari alam maka alam faktor pertama yang mengubah perilaku sosial masyarakat.
  • Adanya peperangan dengan Negara lain. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, rasa aman menjadi sebab perubahan yang terjadi di masyarakat. Karena dengan keamanan tersebut kita bisa hidup tenang tanpa adanya peperangan.
  • Pengaruh kebudayaan. Masyarakat kita senang dengan perubahan-perubahan baru, mode terbaru yang sedang di rasakan Negara lain, seperti cara berpakaian, adat istiadat, perayaan, acara keagamaan dan lain sebagainya.

3. Faktor Pendorong, perubahan Sosial, ada beberapa sebab lain yang mengubah kehidupan sosial masyarakat. Sebab ini sebagai pendukung terjadinya perubahan sosial, antara lain:

  • System pendidikan yang maju.

Seiring berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat merasa perlu untuk menerapkan ini pada pendidikannya. Terutama pada sekolah-sekolah, sudah mulai mencicipi dan merasakan penting nya teknologi, agar para guru dan murid mendapat hasil yang lebih memuaskan dalam system maupun pengajaran.

  • Sikap menghargai hasil karya orang lain

Sikap dimana setiap orang dituntut untuk memilikinya. Karena dengan bersikap demikian seseorang akan merasa di hargai akibatnya orang tersebut akan menghargai kita. Maka bagaimana jika ini di terapkan pada lingkungan bermasyarakat, tentu akan lebih tercipta rasa toleransi ynag tinggi dan toleransi terhadap perbuatan yang menyimpang.

  • System pelapisan masyarakat yang terbuka.

Maksudnya dengan adanya keterbukaan, maka setiap orang akan tahu posisi dan kedudukannya sebagai masyarakat. Mengetahui hak dan kewajiban yang harus di tunaikan merupakan dampak dari sistem yang terbuka. Tapi ada juga yang sulit sekali untuk berubah, inilah salah satu faktor penyebab tidak terjadinya perubahan sosial didalam bermasyarakat.

  • Penduduk yang heterogen.

Dengan adanya berbagai macam lapisan masyarakat, mak akan terjalin yang namanya sikap menghargai dan toleransi. Inilah salah satu sebab perubahan sosial pada masyarakat.  Hal ini pun tidak sepenuhnya di salankan, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Ini sudah dijelaskan sebagai akibat dari saling menghargai satu sama lainnya. Semua itu dapat mempengaruhi perilaku dan tingkah laku suatu kelompok atau masyarakat tertentu.

  • Ketidakpuasan masyarakat.

Rasa yang monoton tentu terasa bosan dan hambar, maka masyarakat perlu untuk mencoba rasa yang baru dan berbeda dalam kehidupannya. Sehingga rasa tidak puas akan sesuatu yang di punya menuntutnya untuk berubah.Pentingnya ilmu dan teknologi menjadi barometer kehidupan masyarakat sekarang.

  • Orientasi masa depan.

Ada cita-cita yang masih tergantung di langit, sehingga daya dan upaya di butuhkan untuk mencapainya. Kehidupan yang enak, serba ada dan memiliki segalanya memang menjadi impian setiap orang, termasuk masyarakat kita.Yang mana hubungan bertetangga dan bermasyarakat sangat perlu untuk terjalin, demi menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti diduga teroris, menyimpan barang-barang terlarang dan lain sebagainya.

  • Adanya nilai tambah pada taraf kehidupan.

Pandangan masyarakat memang berbeda-beda. Ada yang melihat dari sisi penampilannya saja, ada juga yang melihat bukan dari sisi tersebut. Maka bagi mereka yang melihat dari sisi penampilannya, taraf kehidupan seseorang perlu dipertimbangkan, misalnya dia kaya, punya tanah yang luas dan sebagainya.

4. Faktor Penghambat Perubahan Sosial, ternyata disamping pendorong terjadinya perubahan sosial, kita juga dapat menemukan adanya penghambat, sehingga perubahan ini tidak terlalu tinggi. Antara lain sebagai berikut:

  • Kurangnya berhubungan dengan masyarakat lain. Manusia sebagai makhluk sosial, memang harus bergaul terutama dalam suatu kegiatan tertentu.
  • Kurangnya ilmu pengetahuan yang terlambat. Di zaman sekarang ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat pesat. Maka jika kita tertinggal atau istilahnya Gaptek, kita akan tersisih dari lawan saingan kita.
  • Sikap masyarakat yang cenderung tradisional. Sikap tradisional memang tidak sepenuhnya di salahkan, apalagi jika kita melihat perkembangan di zaman sekarang ini, yang cenderung merusak generasi bangsa, maka sikap tradisional ini perlu untuk di lestarikan. Tetapi bukan berarti kita tidak mau belajar untuk menjadi  lebih maju.
  • Adanya kepentingan-kepentingan yang tertanam dengan kuat. Maksudnya adalah seseorang memegang keyakinan nenek moyangnya, sehingga dia enggan untuk berkembang mengikuti perkembangan zaman.
  • Kebiasaan-kebiasaan buruk yang sulit di ubah. Kehidupan memang dinamis, banyak orang yang memiliki pandangan yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya.

Inilah beberapa penjelasan artikel terkait dengan faktor perubahan sosial yang bisa kamu ketahui berapa macam faktor dalam perubahan sosial tersebut. Faktor perubahan sosial yang banyak terkait dengan eksternal dan internal itu sendiri.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 05th, May 2017 / 00:23 Oleh :
Kategori : Pendidikan