Sponsors Link

10 Contoh Hidup Rukun Di Sekolah, Rumah dan Keluarga

Sponsors Link

Sedari dini tentunya anak anak harus diajarkan bagaimana untuk hidup rukun, baik dalam sekolah, rumah, dan keluarga. Untuk di sekolah, tentunya hidup rukun penting untuk diterapkan pada teman teman serta guru di sekolah. Meskipun anda dan teman teman anda berbeda satu sama lainnya, namun kerukunan juga harus ditegakkan. Anda harus saling membantu satu sama lainnya seperti saudara sendiri.

ads

Untuk di lingkungan rumah dan keluarga, tentu saja kerukunan harus dilakukan pada setiap anggota keluarga yang ada di lingkup rumah. Baik orang tua, kakak, adik, nenek, kakek, dan lainnya penting menerapkan kerukunan agar tercipta kedamaian di dalam kehidupan rumah dan keluarga. Nah kali ini akan dibahas mengenai contoh hidup rukun di sekolah, rumah, dan keluarga yang bisa anda lakukan atau anda ajarkan pada anak anak anda. (baca juga: Jenis Jenis Manusia Purba)

Contoh menjalin kehidupan yang rukun dalam lingkungan sekolah, sebagai berikut:

1. Meminjamkan Alat Tulis Pada Teman Yang Membutuhkan

Salah satu contoh hidup rukun yang bisa anda terapkan pada perkembangan awal politik pada awal kemerdekaan di dalam lingkungan sekolah adalah dengan meminjamkan alat tulis pada teman yang memang membutuhkan. Seringkali teman teman di kelas anda ada yang lupa membawa alat tulis seperti pensil, penghapus, penggaris dan lainnya. Jika anda mengetahui kondisi teman anda tersebut, alangkah lebih baiknya jika anda meminjamkan kepada teman anda alat alat tulis yang anda miliki.

2. Membantu Menjelaskan Kepada Teman Yang Tidak Mengerti

Saat guru sedang menjelaskan beberapa materi pelajaran, biasanya terdapat beberapa anak yang tidak memahami jenis jenis lembaga sosial dengan materi yang dijelaskan oleh guru tersebut. Jika anda kebetulan mengerti, mengapa anda tak mencoba untuk membantu menjelaskan kepada teman anda mengenai materi yang tidak dimengerti tersebut. Hal ini merupakan contoh kerukunan yang bisa diterapkan di sekolah.

3. Tidak Ada Pertengkaran Antara Siswa Di Sekolah

Hal ini bisa dicoba lakukan oleh guru guru yang ada di sekolah. Sebagai guru tentunya anda harus mengajari murid murid di sekolah untuk bersikap baik dengan teman temannya sendiri. Hindari pertengkaran yang bisa terjadi di sekolah dalam pengaruh letak geografis di Indonesia. Jika terdapat pertengkaran sebisa mungkin sebagai guru harus mencoba melerainya.

4. Hormat dan Patuh Pada Guru

Tak hanya pada teman teman sekolah saja, tentunya anda harus membina kerukunan dengan guru di sekolah. permasalahan lingkungan hidup yang bisa dihindari cukup dengan menghormati guru serta mematuhi semua aturan yang diterapkannya menjadi bentuk dari hidup rukun di sekolah.

5. Belajar Bersama

Hidup rukun di sekolah dapat dilakukan dengan cara belajar bersama dengan teman teman anda di sekolah. Atau anda bisa membentuk kerja kelompok untuk saling membantu satu sama lainnya untuk mempelajari materi yang diajarkan di sekolah. (baca juga: Cara Mengatasi Masalah Persebaran Penduduk)

Contoh menjalin kehidupan yang rukun dalam lingkungan rumah dan keluarga, sebagai berikut:

1. Saling Menghargai Pendapat Anggota Keluarga

Sponsors Link

Seringkali di dalam keluarga ada diskusi yang digunakan untuk menentukan sesuatu. Tentu saja setiap anggota keluarga memiliki pendapat yang berbeda satu sama lainnya. Untuk itu pentingnya saling menghargai pendapat yang dikemukakan dan tidak menyela jika orang berbicara. Hal ini sudah menjadi bentuk hidup yang rukun di dalam lingkungan keluarga dan rumah. (baca juga: Bentuk Penyimpangan Sosial)

2. Menghormati Ayah dan Ibu

Sebagai anak sudah menjadi kewajiban untuk menghormati ayah dan ibu di rumah. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menaati aturan rumah dan orang tua, tidak membantah, dan lainnya. Hormat pada ayah dan ibu sudah termasuk ke dalam bentuk hidup rukun di rumah dan keluarga. (baca juga: Perkembangan Wilayah Indonesia)

3. Makan Bersama Keluarga

Dengan makan bersama keluarga di rumah ataupun di luar rumah sudah menjadi bentuk hidup rukun yang bisa diciptakan di dalam lingkungan keluarga dan rumah. Jika perlu lakukan hal ini secara rutin agar tercipta kerukunan diantara anggota keluarga dengan anggota keluarga lainnya.

Baca juga:

4. Membantu Orang Tua Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Sebagai anak sudah menjadi kewajiban untuk membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah. Jika perlu lakukan dalam seminggu sekali untuk bergotong royong membersihkan rumah, mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan taman, menyuci piring dan lainnya. Hal ini tidak akan terasa lelah jika dilakukan dengan bersama. Selain itu aktivitas ini juga akan memupuk rasa persaudaran anda satu sama lainnya.

5. Belajar Bersama Keluarga

Sponsors Link

Bentuk kerukunan di dalam lingkungan rumah dan keluarga bisa dibentuk dengan cara belajar bersama keluarga di rumah. Seorang adik bisa meminta bantuan kakaknya untuk mengajarinya materi sekolah yang tidak dimengerti. Sebagai seorang kakak, tentunya anda harus mengajari adik anda materi yang tidak dimengerti. Hal ini juga berlaku pada anak yang bisa meminta bantuan orang tua untuk membantu dan mengajari pekerjaan dari sekolah. Sebagai orang tua pun juga harus siap dan selalu membantu anak anaknya yang kesusahan dalam belajar(baca juga: Faktor Perubahan Sosial).

Tentu saja penerapan hidup rukun akan menghasilkan manfaat dan kebaikan di depannya. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari hidup rukun dengan satu sama lainnya.

  • Menjalin komunikasi yang lebih baik. Tentu saja di lingkungan sekolah, komunikasi dengan teman teman dan guru anda menjadi lebih baik. Hal ini akan membuat sekolah akan terasa menyenangkan. Untuk lingkungan rumah tentu saja, komunikasi anda dengan anggota keluarga lainnya membaik sehingga tidak menimbulkan salah paham yang dapat menyebabkan pertengkaran.
  • Baik di kehidupan sekolah, keluarga, ataupun rumah tentu saja akan lebih harmonis dibandingkan sebelumnya. Sehingga bila terjadi masalah, anda akan tenang dalam menghadapinya.
  • Lingkungan sekolah, rumah, dan keluarga anda akan menjadi lebih tentram dan aman, hal ini karena satu sama lainnya akan membantu jika ada kesusahan.
  • Hidup rukun juga akan mempererat tali persatuan dengan teman dan keluarga anda.
  • Karena hubungan yang baik, tentu saja akan meminimalisir terjadi perselisihan dan perdebatan satu sama lainnya.

Nah itu tadi beberapa contoh hidup rukun yang ada di dalam lingkungan sekolah, keluarga dan rumah. Penerapan hidup rukun tentunya harus diterapkan sedari dini pada anak anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Tuesday 06th, June 2017 / 04:54 Oleh :
Kategori : Pendidikan